WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk


Salah satu hewan yang paling menjengkelkan adalah nyamuk. Mereka tidak bosan-bosannya mengganggu kapanpun dan dimanapun anda berada. Serangga ini berkembang biak dengan cepat pada lingkungan yang banyak terdapat genangan air. Bukan hanya mengganggu, nyamuk juga dapat membawa penyakit lewat gigitannya. Penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk yang dapat menyebabkan kematian diantaranya adalah Demam Berdarah dan Malaria.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah nyamuk bersarang dan berkembang biak, yaitu dengan membersihkan rumah secara teratur serta tempat lain seperti selokan, kamar mandi, kamar tidur, dapur dan tempat-tempat strategis lainnya.

Pemakaian obat nyamuk terbukti mampu mengusir nyamuk secara efektif. Namun, pemakaian dalam jangka waktu yang lama, terutama jenis obat nyamuk bakar dapat meyebabkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Cara lain yang aman untuk mengusir nyamuk adalah dengan menanam beberapa jenis tanaman hias di rumah anda. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk :  


Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

1). Zodia (Evodia Sauveolens).
Tanaman hias ini adalah asli dari Indonesia, pertama kali ditemukan di Papua. Kerap digunakan oleh warga Papua asli ketika mereka akan berburu hewan-hewan liar ke tengah hutan belantara yang banyak bersarang nyamuk-nyamuk paling berbahaya. Khasiatnya sebagai pengusir nyamuk dengan aroma sangat menyengat sehingga membuat serangga mabuk dan tidak menyukainya. Tanaman ini mulai dibudidayakan pada berbagai tempat seperti area perkebunan di beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan beberapa pengusaha tanaman hias mulai membuat bonsai Zodia dalam pot-pot kecil yang mereka jual dengan harga mahal per pot adalah 15 - 45 ribu rupiah tergantung besar kecilnya pot yang dipakai.
Lihat gambar Zodia.

2). Rosemary (Rosmarinus Officinalis).
Tanaman hias ini memiliki bunga yang mengeluarkan aroma khas seperti minyak telon sehingga nyamuk tidak begitu suka. Selain berfungsi sebagai pengusir nyamuk, bunga ini bermanfaat untuk mencegah penyakit flu dan rematik. Tumbuh subur pada lahan yang terkena sinar matahari, dan saat ini mulai dibudidayakan sebagai tanaman hias dalam pot asalkan jangan diletakkan di ruangan tertutup atau letakkan pada ruang dekat jendela.
Lihat gambar Rosemary.

3). Bunga Lavender (Lavandula Sp).
Tanamn hias ini adalah paling mahal yang identik dengan warna ungu. Dipercaya sejak jaman dulu bagus buat mengusir nyamuk. Tanaman ini berasal dari luar negeri (Eropa) namun saat ini beberapa petani bunga di Indonesia sudah mulai membudidayakan ladang bunga Lavender. Harga per pot tanaman hias Lavender adalah 5 - 7 ribu per kantong plastik kecil yang berisi beberapa bibit tanaman.
Lihat gambar Lavender.

4). Geranium (Pelargonium Dissectum).
Masyarakat umum di Indonesia menyebut bunga ini dengan nama bunga Tapak Dara. Tanaman ini sangat mudah hidup di pekarangan rumah atau dalam pot-pot kecil. Bunga Geranium mempunyai aroma khas yang menyengat dikeluarkan dari daun-daun muda. Tanaman hias ini memiliki banyak spesies dan masing-masing spesies mempunyai warna bunga dan bentuk yang berlainan. Per pot, tanaman hias ini dijual sekitar 25 ribu rupiah.
Lihat gambar Geranium.

5). Marigold (bunga Tai Kotok).
Tumbuhan ini memiliki bunga dengan warna-warna cerah seperti kuning, merah, dan jingga, banyak ditemukan di Indonesia dan lebih terkenal dengan nama bunga Tai Kotok. Secara umum, bunga Marigold memiliki dua jenis yaitu jenis Tagetes Erecta dan Tagetes Patula.
Bau bunganya tidak enak dan pahit, ternyata bagus buat mengusir nyamuk. Dengan bunga-bunganya yang indah, tak ada salahnya apabila anda mengoleksi tanaman hias ini disalah satu sudut ruangan rumah.
Lihat gambar Marigold.

6). Akar Wangi.
Akar wangi mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai bahkan mampu membunuh nyamuk berbahaya jenis Aedes Aegypti. Ekstrak akar wangi sudah teruji mampu mengendalikan nyamuk Aedes Aegypti dan Anopheles Aconitus. Untuk mengusir nyamuk sekaligus memanfaatkannya sebagai tanaman hias di rumah, anda bisa menanam tanaman ini di pekarangan rumah dengan menatanya serapi mungkin atau letakkan dalam pot ukuran besar.
Lihat gambar akar wangi.

Mengusir nyamuk dengan obat anti nyamuk berbahan kimia sangat riskan terhadap kesehatan. Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan beberapa tanaman hias tersebut di atas untuk manfaat kesehatan yaitu kemampuan mengusir nyamuk disamping bagus buat keindahan taman dan lingkungan tempat tinggal, ternyata tumbuhan ini adalah multifungsi yang memiliki nilai jual tidak terlalu mahal sehingga anda dengan mudah bisa membelinya. 


2 komentar

Tanaman-tanaman di atas berguna sekali ya buat mengusir nyamuk, bahkan penggunaan tanaman di atas juga sering dipakai pada beberapa produk pengusir nyamuk seperti bunga lavender dan geranium, terima kasih sudah menulis artikel yang bermanfaat ini min. :)

benar mas, sayang beberapa tanaman hanya terdapat pada daerah tertentu saja

Komentar Anda :

 
Back To Top