WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan


Pada umumnya tanaman hias pembersih udara dalam ruang dikenal sebagai tanaman hias yang mempunyai ciri khas yaitu daun yang keras, tegak dan ujungnya meruncing, warna daun hijau segar dengan bentuk-bentuk unik, memiliki aroma tertentu serta bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir serta kanker ganas.

Di samping itu, tanaman hias ini ampuh buat menyerap polusi dan racun, sehingga tepat diletakkan di dalam pot-pot cantik untuk disimpan dalam ruangan tertutup.

Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan

Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan mudah sekali ditemukan di sekeliling anda, mereka bisa tumbuh liar, atau dijual oleh pada gerai-gerai tanaman hias dengan harga bervariasi. Di bawah ini akan kami bantu beberapa jenis tanaman hias pembersih udara dalam ruangan yang bisa anda koleksi :

1). Lidah Buaya (Aloe Vera) di Indonesia dikenal sebagai tumbuhan yang dimanfaatkan untuk keperluan kecantikan rambut, penyembuh luka dan saat ini mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan kecantikan sebagai bahan dasar industri kosmetik, farmasi, dan makanan - minuman kesehatan. Ternyata setelah dilakukan beberapa penelitian, diketahui bahwa tanaman hias ini mempunyai kemampuan untuk menyerap polutan. Aloe Vera bisa menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya di dalam ruangan.

2). Spider Plant (Chlorophytum Comosum) merupakan tumbuhan hias yang berasal dari Afrika dan saat ini sudah tersebar luas ke seluruh dunia dan memiliki ketinggian pohon mencapai 60 cm. Sebagai tanaman hias, Spider Plant bisa ditanam dalam pot lalu letakkan pada ruangan yang dimaksud. Tanaman ini berfungsi bagus sebagai pembersih udara karena mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, bahan kimia pada industri kulit, karet dan percetakan.

3). Gerber Daisy (Gerbera Jamesonii). Tanaman Gerber Daisy di Indonesia terkenal dengan nama bunga Herbras. Tumbuhan ini berasal dari Afrika Selatan dan mempunyai bunga warna - warni sehingga kerap dijadikan sebagai bunga potong seperti mawar, anyelir, seruni, dan tulip. Bisa dikembangbiakkan dalam pot dan ditaruh dalam ruangan yang anda maksud seperti di dapur dekat jendela. Tanaman ini efektif buat mengusir zat berbahaya seperti trichloroethylene, sehingga tepat diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci atau kamar tidur anda.

4). Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata). Lidah Mertua atau Snake Plant merupakan tanaman penyerap racun yang mempunyai bentuk khas, unik, cantik dan mudah dikenali. Berbagai jenis racun yang ada dalam ruangan mampu diserap oleh Sansevieria seperti karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan dioksin. Menurut penelitian kesehatan, dijelaskan bahwa hanya dengan 5 helai daun Sansevieria usia dewasa sudah mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari beragam jenis polutan.

5). Dragon Tree (Dracaena Marginata). Dragon tree atau Red - Edged Dracaena adalah tumbuhan dari famili Asparagaceae. Tanaman hias ini berasal dari Madagaskar dan Mauritius, termasuk ke dalam tumbuhan semak. Cocok diletakkan dalam ruangan karena tanaman ini ampuh untuk menyerap  xylene, trichloroethylene dan formaldehida jahat yang banyak betebaran di udara akibat lak, pernis dan bensin.

6). Bunga Krisan atau Seruni. Bunga Krisan atau Seruni merupakan bunga warna –warni yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Florist’s Daisy atau Hardy Garden Mum. Bunga ini biasa ditanam dalam pot atau tumbuh di taman-taman bunga pekarangan depan rumah, bisa mencapai ketinggian hingga 90 cm. Dari dekat, bunga ini tercium aroma wangi dan mampu untuk menghilangkan benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia berbahaya lainnya yang banyak betebaran di udara bebas dalam ruangan rumah.

7). Rhododendron (Rhododendron Simsii) atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama cantik bunga Azalea (Rhododendron Simsii) merupakan salah satu jenis tanaman semak yang ampuh digunakan buat menyerap polutan formaldehida seperti plywood atau insulasi busa. Di Indonesia, bunga ini mempunyai beberapa spesies asli Rhododendron, namun anda perlu lebih teliti memperhatikan apakah jenis tersebut mempunyai kemampuan untuk menyerap polutan atau hanya dikenal sebagai tanaman hias biasa.

8). English Ivy (Hedera Helix). English Ivy dikenal juga sebagai bunga European Ivy merupakan tanaman hias dari famili Araliaceae berasal dari Eropa dan Asia Barat. NASA adalah lembaga pertama kali mendapati tanaman ini di tengah hutan, ternyata mampu membersihkan udara kotor dan bersifat jahat dalam ruangan karena pengaruh partikel-partikel pengotor udara. Daun-daunnya mampu menyaring formaldehida yang banyak ditemukan dalam beberapa produk pembersih rumah tangga.

Beberapa jenis tanaman hias tersebut di atas ternyata memiliki multifungsi, tidak hanya cantik dipandang karena mempunyai bentuk dan bunga menarik tetapi mereka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia dengan cara membersihkan udara kotor di dalam ruangan sehingga udara menjadi sehat dan segar untuk dihirup oleh seluruh penghuni rumah. 


2 komentar

Hanya lidah buaya yang terbayang bentuk bunganya. Coba seandainya semua jenis bunga itu di tampilkan bentuknya.

terima kasih masukannya mas :)

Komentar Anda :

 
Back To Top