WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tanaman Hias Merambat, Mahal dan Minimalis


Taman yang diberi hiasan berupa tanaman hias merambat akan memberikan manfaat keindahan bagi si penikmatnya. Tanaman ini paling sering diburu oleh para pecinta tanaman hias karena memiliki warna dan bentuk yang cantik serta mudah ditanam dan perawatannya juga tidak sulit.

Supaya taman di rumah anda terlihat semakin memikat meskipun tidak begitu luas, anda dapat menanam beberapa jenis jenis tanaman hias merambat sesuai dengan selera. Tanaman rambat memiliki harga mahal namun seimbang dengan bentuknya yang unik dan cantik serta tepat untuk dekorasi minimalis dan cocok menghiasi taman-taman dalam sebuah kompleks rumah hunian, sekolah, kantor atau taman kota. Jenis tanaman merambat mempunyai karakter yang tahan terhadap sinar matahari langsung sehingga pada umumnya memiliki bunga dengan warna-warna cemerlang. Jenis tanaman rambat pada taman dimanfaatkan sebagai pergola yang dirambatkan  pada reling pagar pembatas atau rangka kawat, bambu dan kayu yang dibentuk sesuai dengan selera pemilik rumah.

Nah, di bawah ini kami akan berikan 5 jenis tanaman hias merambat yang dapat anda pilih untuk mempercantik tampilan taman di rumah anda :
  • Petrea Volubilis. Tanaman hias merambat ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini bisa berbunga lebat pada tempat yang ternaungi oleh kerindangan daun-daun pohon lainnya atau tempat yang terkena sinar matahari langsung dan bebas dari naungan pohon-pohon lainnya. Suhu yang cocok adalah kisaran suhu 25° - 35° C. Sangat bagus diaplikasikan sebagai tanaman peneduh sekaligus tanaman merambat di alas pergola. Bunganya berbentuk bergerombol dalam tandan. Masing-masing tandan memiliki panjang antara 30 - 40 cm, berisi ratusan kuntum bunga berwarna ungu.
Tanaman Hias Merambat, Mahal dan Minimalis
Sumber gambar : http://toptropicals.com/pics/garden/05/8/8382.jpg
  • Antigonon Leptopus. Tanaman ini berasal dari Meksiko yang mempunyai usia pertumbuhan sangat cepat. Tempat penanaman yang tepat adalah terkena sinar matahari secara penuh/langsung. Media tanam berupa campuran tanah, sekam kompos, dan sekam bakar. Perbandingannya adalah 2 : 1 : 1. Kisaran suhu yang baik untuk pertumbuhan adalah 21° - 32° C. Dapat dikembangbiakkan melalui stek atau secara generatif dengan biji. Memiliki bunga berwarna pink. 
Tanaman Hias Merambat, Mahal dan Minimalis
Sumber Gambar : pixabay.com
  • Strophanthus Gratus. Tanaman hias rambat ini sering dijuluki sebagai Oleander merambat. Batangnya bergetah, memiliki bunga bergerombol dalam 1 tangkai, berwarna putih. Suhu udara yang tepat untuk menanam pohon ini adalah kisaran 16° - 31° C. Jenis tanaman hias merambat ini tahan hidup dalam naungan pohon lain atau tahan terpapar sinar matahari langsung. Rajin dan mudah berbunga serta bisa diperbanyak dengan stek batang atau stek pucuk. Bermanfaat diaplikasikan sebagai tanaman peneduh atau penghias pagar rumah anda. 
Tanaman Hias Merambat, Mahal dan Minimalis
Sumber Gambar :
https://en.wikipedia.org/wiki/Strophanthus_gratus#/media/File:Strophanthus_gratus_(3).JPG

  • Quisqualis Indica. Tanaman hias merambat ini juga disebut sebagai tanaman ceguk. Bunganya unik berwarna berubah-ubah yaitu bunga muda berwarna putih dan seiring dengan bertambahnya usia bunga maka warnanya akan berubah menjadi merah jambu atau merah tua. Tumbuh subur pada dataran tinggi atau dataran rendah. Menghendaki tempat tumbuh yang subur pada udara lembab yaitu . kisaran temperatur antara 28 – 32 derajat celcius.
Tanaman Hias Merambat, Mahal dan Minimalis
Sumber Gambar : https://toptropicals.com/catalog/uid/QUISQUALIS_INDICA.htm

  • Alamanda Cokelat. Pada umumnya tanaman hias merambat jenis Alamanda adalah berbunga kuning, tetapi saat ini sudah banyak dikembangkan jenis Allamanda Cathartica yang memiliki bunga cokelat. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan India Barat. Tergolong ke dalam jenis tanaman berbatang yang memiliki getah banyak. Alamanda cokelat rajin dan mudah berbunga serta tahan terkena sinar matahari ataupun berada pada naungan pohon lain. Dapat diperbanyak dengan cara stek batang, cangkok atau biji. Tepat diaplikasikan sebagai tanaman peneduh.
Tanaman Hias Merambat, Mahal dan Minimalis
Sumber Gambar : pixabay.com

Selamat memilih salah satu tanaman hias merambat untuk dekorasi pagar rumah atau menghias taman pada sudut kota, kantor atau sekolah di sekitar anda tinggal.


 
Back To Top