WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tanaman Hias Khas Indonesia : Kadaka


Kadaka merupakan salah satu tanaman hias dari keluarga pakis dan saat ini cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias sebagai salah satu tanaman penyegar ruang tamu. Keindahan tanaman ini terletak pada bentuk daunnya yang unik, menyebar ke segala penjuru, berumbai tak beraturan secara alami seperti sebuah rangkaian bunga.

Seperti halnya tanaman hias jenis lain, tanaman Kadaka sangat tepat dijadikan sebagai tanaman indoor yang berfungsi membuat interior di dalam rumah anda terasa lebih segar dengan ciri khas yang paling menonjol adalah warna hijau bersih dan terang, keindahan fisik yang alami, serta keragaman bentuk daunnya membuat pecinta tanaman hias gemar mengkoleksi tanaman hias yang juga dikenal dengan nama latin Aspienium Scorpio.

Tanaman Hias Khas Indonesia : Kadaka

Asplenium Scorpio atau Kadaka (pakis sarang burung) memiliki panjang daun yang melengkung kira-kira 25 - 35 cm, seperti bulu-bulu ayam yang bergerigi dan halus. Biasanya daun-daun tersebut tumbuh secara merentang dan perkembangan pucuk batang baru ada pada bagian ujung batang tua berupa tunas baru seperti bulu-bulu halus. Tanaman ini mempunyai daya toleransi tinggi terhadap lingkungan tempat mereka dirawat. Cara memelihara tanaman hias ini sangat mudah, yang terpenting adalah penjelasan kami di bawah ini :

  • Kebutuhan suhu yang memadai. Kadaka memerlukan suhu lingkungan siang hari sekitar 20 - 22 derajat celsius dan pada malam hari tanaman hias ini membutuhkan suhu hangat sekitar 10 - 13 derajat celsius. Jadi anda harus rajin memindahkan tanaman Kadaka ketika siang dan malam hari ke tempat yang tepat.
  • Kebutuhan cahaya yang tepat. Kadaka tumbuh subur jika ditempatkan secara tepat di tempat-tempat yang teduh atau mendapat cahaya matahari yang cukup dan tidak secara langsung. Apabila memakai cahaya buatan, maka pastikan Kadaka mendapat cahaya cukup.
  • Pemeliharaan tanaman hias pada umumnya dengan memperhatikan cara penyiraman dan pemupukan. Tanaman Kadaka menyerupai tanaman pakis, harus berada pada lingkungan dengan udara lembab dan kondisi tanah yang basah. Pastikan tanaman ini berada dalam pot dengan media tanam selalu basah (tapi tidak terendam atau jangan terlalu becek). Artinya, anda harus menyiraminya setiap hari dengan sedikit air, jangan terlalu banyań∑. Beri pupuk tanaman sekali dalam sebulan. Semprotkan pupuk ke seluruh tanaman Kadaka untuk menambah nutrisi yang tidak ada dalam campuran media tanam seperti tanah. Untuk melakukan pemupukan yang tepat, tunggulah selama enam bulan setelah tanaman Kadaka berkembang subur dalam pot atau media tanam lainnya. 
  • Buang bagian tanaman yang mati atau terserang penyakit. Tanaman hias jenis pakis dalam ruang cenderung mudah terserang beragam penyakit. Apabila tanaman hias anda terkena penyakit, potonglah bagian yang layu atau rusak. Bila lalai, tanaman pakis secara keseluruhan akan mati, bila ternyata penyakit telah menyerang pada seluruh bagian tanaman, anda harus memusnahkan tanaman tersebut hingga ke akar-akarnya, daripada terlanjur menyebar dan menulari tanaman hias lain di pekarangan rumah anda.
  • Lakukan penataan ulang setelah pakis berumur setahun atau lebih. Dalam usia seperti ini, biasanya tanaman hias jenis pakis sudah berkembang pesat memenuhi media tanam terutama di dalam pot. Waktu penanaman ulang berbeda - beda tergantung dengan kondisi kesehatan dari tanaman hias tersebut. Bila perlu lakukan pengepotan ulang (dengan memakai pot yang berukuran lebih besar), waktu yang tepat adalah enam bulan setelah setahun usia tanaman hias.
Varietas Kadaka yang banyak dijual di toko-toko tanaman hias adalah Kadaka aspenium bulbiferum, asplenium nidus, asplenium osaka, dan asplenium viviparum. Untuk perbanyakan tanaman Kadaka pada umumnya adalah dengan cara memisahkan tunas-tunas baru dari tanaman yang berusia sangat muda dari rumpun induknya. Cara lain yang kerap dilakukan tapi membutuhkan waktu yang cukup lama adalah melalui spora atau partikel reproduksi, bentuknya menyerupai gumpalan debu yang menempel pada permukaan daun Kadaka dibagian bawah. Secara umum, tanaman pakis jenis Kadaka adalah minim pemeliharaan namun kuat terhadap kondisi paling buruk di sekitar tempat penanaman, tapi anda harus tetap melakukan perawatan seperti tersebut di atas secara rutin sehingga tanaman tumbuh bagus dan sempurna.


2 komentar

Cup blognya unik dan menyejukan

mungkin karena banyak tanamannya jadi sejuk ya mas :)

Komentar Anda :

 
Back To Top