WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Pengenalan Dan Perawatan Tanaman Hias Gantung


Tanaman hias gantung berfungsi membuat penampilan rumah mungil anda terlihat asri, apalagi jika didukung oleh pot-pot gantung yang unik dapat memperindah halaman rumah anda yang sempit.

Hobi berkebun bisa anda salurkan meskipun hanya di lahan sempit di pekarangan rumah saja, tanamilah dengan beragam tanaman hias kesukaan anda seperti tanaman hias gantung. Tanaman gantung memberikan dimensi baru bagi taman-taman di dalam ruang atau pada halaman rumah yang tidak begitu luas. Dengan menggantung tanaman hias di area teras, taman dalam ruang, balkon atau serambi mungil akan menciptakan atmosfer baru dan bisa memberikan suasana santai bagi keluarga ketika sedang beristirahat pada ruang terbuka atau memberi kesan lain ketika anda melihat dinding-dinding kosong dihiasi oleh tanaman gantung yang menarik perhatian.

Pengenalan Dan Perawatan Tanaman Hias Gantung

Selain membuat udara terasa lebih sejuk, tanaman hias bisa dimanfaatkan untuk memberikan kesan teduh dan asri di teras rumah anda. Untuk mendapatkan tanaman hias gantung yang indah, perhatikan cara menanam dan perawatannya sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dan biaya namun mendapatkan hasil yang memuaskan, seperti tersebut di bawah ini :
  • Ketahui jenis tanaman. Pada dasarnya, tanaman hias apa saja bisa digantung. Namun yang umum adalah bunga Ivy, Sirih Gading, Sirih Putih, Tapak Dara Putih atau Merah, bunga Lipstik, Anggrek, Kaktus, dan Pakis. Yang paling cocok digantung pada teras rumah mungil anda adalah tanaman merambat seperti Geranium dan Petunia karena kedua tanaman ini memiliki ranting menjalar dan melingkar pot serta daun-daun rimbun dan sangat indah menutupi sekelilingnya yang juga berbunga menarik. 
  • Sesuaikan sinar matahari. Kaktus dan bunga Lipstik adalah tanaman yang memerlukan sinar matahari langsung dan tidak bisa tumbuh maksimal apabila diletakkan pada tempat teduh dan dinaungi tanaman lain. Namun tidak semua tanaman gantung membutuhkan sinar matahari langsung, ada jenis-jenis tertentu yang mudah kering dan layu jika terlalu banyak kena sinar matahari secara langsung, segera pindahkan tanaman hias tersebut ke tempat teduh atau terlindungi.
  • Pilihlah pot yang sesuai. Pot plastik merupakan jenis yang paling menarik untuk dipilih karena ringan dan praktis. Pilihan lain adalah menggunakan pot tanah liat yang bagus buat menjaga kelembaban tanah tempat anda akan menanam tanaman hias. Tetapi pot tanah liat lebih berat, mudah pecah dan berlumut sehingga anda harus rajin membersihkannya agar tetap terlihat bersih dan menarik.
  • Pemilihan tali gantung. Tali gantung untuk tanaman hias mudah diperoleh di pasar-pasar tradisional atau toko-toko bunga. Belilah tali yang kuat dan mampu menahan berat dari tanaman hias beserta potnya, hindari menggantung pot dengan tali atau kawat yang dibuat sendiri, disamping kurang bagus dipandang juga pada waktu-waktu tertentu, kedua benda ini tidak kuat lagi menahan beban. 
  • Penyiraman yang tepat. Tanaman hias gantung dianggap merepotkan karena dapat meneteskan air dan mengotori lantai setelah disiram. Untuk menghindarinya, pilih pot yang mempunyai piring penadah pada bagian bawahnya, juga siram tanaman hias gantung dengan memakai selang panjang atau semprotan perlahan-lahan, atau turunkan dari gantungan.
  • Pemupukan secara rutin dan teratur. Agar tanaman hias anda tumbuh subur dengan memberikan daun dan bunga-bunga dalam warna cerah dan cantik, berilah pupuk setiap dua bulan sekali secara rutin. Perhatikan daun-daun yang layu atau mengering, jika ada beberapa segera hilangkan. Pangkaslah tanaman hias jika sudah tak berbentuk seperti terlalu besar dan tidak seimbang serta tak beraturan.
Ketika memasang tanaman hias gantung di balkon atau teras rumah anda, pastikanlah paku-paku yang akan dipakai cukup kuat tertancap sehingga tidak mudah lepas saat harus menahan beban dan menjatuhkan pot bunga. Hindari meletakkan tanaman hias gantung pada lokasi yang sering dilewati oleh manusia atau hewan kesayangan anda seperti kucing dan anjing, hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan tanaman hias gantung anda tersenggol atau terkena angin lalu jatuh. 

 
Back To Top