WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Merangkai Bunga Mawar Pelangi


Mawar Pelangi atau sering disebut dengan nama Rainbow Rose adalah bunga mawar dari hasil perkawinan silang beberapa jenis mawar pilihan. Mawar ini masih jarang dikenal oleh masyarakat biasa karena sulit membudidayakan. Saat ini mawar yang cantik ini belum tersedia di Indonesia.

Pada tahun 2004, dua perusahaan Belanda bernama River Flowers dan FJ. Zandbergen, melakukan penelitian tentang bunga mawar dan berhasil menemukan jenis baru yang disebut Mawar Pelangi karena memiliki kelopak bunga warna-warni.

Merangkai Bunga Mawar Pelangi

Seperti halnya bunga mawar biasa, mereka mendapat asupan makanan melalui batang, secara sederhana bisa digambarkan sebagai berikut : Di dalam batang bunga mawar terbagi ke dalam beberapa saluran yang memiliki air berwarna beda. Semua warna akan ditarik oleh batang utama menuju ke kelopak bunga sehingga resultan meningkat dan akan berpengaruh terhadap warna yang dihasilkan yaitu lebih dari satu warna tergantung berapa batang yang dicoba. Metode yang sama bisa diterapkan terhadap bunga-bunga yang lain terutama untuk Krisan dan Hydrangea.

Di bawah ini akan diberikan penjelasan singkat tentang cara membuat bunga Mawar Pelangi :

Metode 1 : sebelum mengerjakan rangkaian dari bunga mawar biasa hingga menjadi Mawar Pelangi, perhatikan hal-hal kecil seperti sediakan bahan yang dibutuhkan yaitu bunga mawar segar berwarna putih, pewarna makanan, air bersih, wadah kecil seperti pencetak es lilin, gelas biasa, vas bunga kecil atau wadah-wadah serupa, gunting yang tajam, pisau atau silet. Perhatikan cara atau teknik mengaplikasikan pewarnaan pada bunga mawar atau jenis bunga lainnya. Pada umumnya teknik ini akan berhasil apalagi memakai bunga-bunga yang berwarna muda. Bunga-bunga lain yang bisa dijadikan bunga pelangi adalah bunga anyelir, bunga krisan, dan bunga hidrangea.

Metode 2 : menggunakan bunga mawar sungguhan, diawali dengan memilih bunga mawar yang berkualitas sempurna. 
  • Pilihlah bunga mawar yang berwarna putih dan baru dipetik dari pohonnya. Bisa juga anda memilih bunga mawar dalam warna-warna muda lainnya untuk menghasilkan bunga mawar berwarna pelangi. Supaya mendapat warna-warna terbaik, bunga mawar berwarna putih adalah dasar warna pilihan yang paling bagus. 
  • Pilihan lain adalah bunga mawar warna salem, kuning pucat, atau merah jambu muda. Hindari memilih bunga mawar yang berwarna merah atau merah gelap, karena warna-warna gelap tidak bisa diwarnai, warna gelap akan menutupi hasil pewarnaan yang akan direncanakan.
  • Perhatikan : tingkat perkembangan dari bunga mawar yang anda pilih, karena akan mempengaruhi waktu pewarnaan. Bunga mawar harus baru berkembang sempurna atau yang berkembang setengah, mereka akan lebih mudah menerima pewarnaan. Hindari memakai bunga mawar yang masih kuncup karena akan memperlambat proses menerima warna-warna yang akan diberikan.
Metode 3 : mempersiapkan bunga mawar. Pilih beberapa tangkai yang memiliki mahkota atau kelopak bunga segar dan baru berkembang sempurna.
  • Pangkaslah batang bunga. Potong batang bunga mawar sesuai dengan tinggi yang anda maksudkan. Gunakan gunting yang tajam atau pisau yang tajam untuk memotong pada bagian bawah dari batang bunga mawar pilihan sehingga mereka mempunyai ujung yang miring. Tinggi yang tepat ditentukan berdasarkan pada tinggi wadah/ ember yang akan anda pakai untuk pewarnaan, biasanya berdasarkan tinggi dari vas yang akan digunakan untuk menata bunga-bunga mawar setelah selesai diwarnai. Tapi sebaiknya batang dari bunga mawar harus lebih tinggi sedikit dari vas yang akan dipilih untuk menaruh bunga-bunga tersebut. Jangan terlalu tinggi hingga melebihi tinggi wadah/ ember yang anda pakai untuk mewarnai, hal ini hanya akan membuat bunga mawar anda menjadi sulit berdiri dengan seimbang ketika pewarnaan dimulai dalam wadah.
  • Belah batang bunga mawar menjadi beberapa bagian sama besar. Pakailah silet yang sangat tajam untuk membelah ujung batang menjadi beberapa bagian atau gunakan gunting atau pisau yang sangat tajam. Potongan pada batang yang akan anda buat haruslah dimulai dari ujung batang sampai berjarak sekitar 2,5 cm dari dasar kuntum bunga.
  • Membelah batang yang ideal adalah menjadi dua hingga empat bagian. Jika dibelah terlalu banyak, dikhawatirkan akan membuat batang bunga menjadi hancur dan lemah. Perhatikan bahwa banyaknya bagian dari belahan batang bunga mawar yang anda buat akan menentukan cerah atau kusamnya warna pada mahkota bunga Mawar Pelangi yang akan anda buat.
  • Menambah pewarna. Campurkan beberapa warna pilihan dari pewarna makanan/ kue ke dalam wadah yang berisi air bersih. Isilah beberapa wadah dengan air secukupnya lalu campurkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalamnya dan diaduk rata. Satu warna untuk satu wadah. Seperti dijelaskan sebelumnya, banyaknya warna yang akan digunakan harus sesuai dengan banyaknya bagian dari batang yang anda belah. Semakin banyak pewarna makanan yang dipakai, semakin cerah warna yang akan dihasilkan pada mahkota bunga Mawar Pelangi. Wadah yang terbaik untuk digunakan adalah kuat, tidak lebar dan bersih. Hindari memakai wadah yang memiliki mulut lebar karena bagian - bagian dari batang yang sudah dibelah akan dicelupkan ke dalam masing - masing wadah, dan mulut wadah yang terlalu lebar menyebabkan penempatan bagian batang menjadi sulit. Contoh wadah yang tepat adalah wadah pencetak es loli, atau gelas wadah lilin dekorasi.
  • Tempatkan wadah-wadah yang telah berisi pewarna secara berdekatan antara satu sama lainnya untuk menjaga keutuhan batang bunga ketika akan dicelupkan ke dalamnya dengan cara meregangkan belahan-belahan tangkai tersebut. 
  • Celupkan setiap bagian batang yang dibelah ke dalam wadah yang berbeda tersebut. Masukkan setiap bagian dengan hati-hati ke dalam wadah-wadah yang telah diberi pewarna, dan pastikan ujung-ujung batang telah terendam sepenuhnya dengan sempurna. Hati-hatilah ketika menempatkan bagian-bagian batang ke dalam wadah. Batang yang telah dibelah mudah menjadi lemah, dan jika anda kurang berhati-hati maka batang mudah patah.
  • Biarkan bunga mawar terendam selama beberapa hari. Perubahan warna akan terjadi pada 30 menit pertama, tetapi untuk memperoleh bunga mawar dengan warna yang jelas, anda harus merendam bunga lebih lama yaitu beberapa hari. Diperlukan waktu satu minggu sampai terlihat warna-warna pada kelopak bunga mawar terlihat jelas dan cerah secara keseluruhan, namun pada umumnya hanya memerlukan waktu satu hari saja, masing-masing helai kelopak bunga akan menunjukkan semburat warna yang diinginkan. Air yang telah diberi pewarna makanan akan mudah diserap melalui batang bunga mawar seperti halnya air biasa. Ketika air berwarna ini disedot melalui bagian-bagian batang bunga dan mengalir ke kelopak bunga, pewarna akan disimpan pada kelopak bunga. Karena pada dasarnya kelopak-kelopak bunga berwarna putih, maka pewarna sangat mudah melekat. 
Selain bunga mawar, daun seledri muda juga bisa anda olah menjadi daun seledri yang berwarna-warni dengan menerapkan teknik pewarnaan yang sama digunakan kepada bunga mawar seperti tersebut di atas. Hanya saja yang berbeda adalah batangnya jangan dibelah, langsung celupkan ke dalam wadah yang berisi cairan pewarna untuk menjadikan daun-daun seledri berwarna-warni. 

Jika anda berminat, bisa dicoba di rumah !


Komentar Anda :

 
Back To Top