WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mengenal Tanaman Rempah Indonesia


Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Yang dimaksud dengan rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang memiliki aroma atau berasa kuat dan tajam yang digunakan dalam jumlah kecil pada beberapa jenis makanan dan minuman sebagai bahan pengawet atau penambah cita rasa dari makanan atau minuman tersebut. Rempah-rempah biasanya berbeda dari jenis tanaman lain yang digunakan untuk tujuan sama seperti tanaman obat, sayuran beraroma dan buah kering. 

Rempah-rempah merupakan barang dagangan yang bernilai ekonomis tinggi sejak zaman prakolonial hingga saat ini. Banyak dimanfaatkan dalam terapi pengobatan tradisional, tetapi saat ini sudah berkembang menjadi terapi perawatan kecantikan tradisional. Tak kenal maka tak sayang, begitulah kata pepatah, karena banyak dari kita kurang mengetahui bahwa di sekitar kita terdapat tanaman yang bermanfaat buat kesehatan dan kecantikan tubuh atau wajah, oleh karenanya mulai sekarang mari kita mengenal beberapa jenis tanaman rempah yang berguna sebagai obat di Indonesia. 

Mengenal Tanaman Rempah Indonesia

1). Cengkeh.
Pada umumnya digunakan sebagai terapi kesehatan. Cengkeh berkhasiat untuk mengobati kolera, campak, sakit gigi, pegal linu, kanker, menjaga kesehatan jantung dan menghangatkan badan karena flu atau ketika musim dingin tiba. Kandungan senyawa dalam biji-biji cengkeh bisa dipakai sebagai minyak asiri, eugenol, asam oleanolat, fenilin, karyofilin, resin dan gom. Kandungan utama yang berguna untuk terapi kesehatan adalah minyak cengkeh dengan komposisi bahan utama : eugenol, caryophyllene, eugenol acetate, dan alpha-humelene. Bagian tanaman yang dimanfaatkan untuk pengobatan adalah bunga, tangkai bunga dan daun cengkeh.

2). Pala.
Pala merupakan jenis rempah yang cukup populer dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk ampuh untuk menghilangkan rasa sakit, menenangkan pencernaan, memperkuat fungsi kognitif, mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, meringankan kondisi oral, mengurangi insomnia, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan mencegah leukemia serta meningkatkan sirkulasi darah. Pala kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan senyawa organik seperti minyak esensial, serat, mangan, thiamin, vitamin B6, folat, magnesium, dan tembaga. Pala dihargai karena minyak esensial yang didapat dari daun dan buah pala.

3). Kayu manis.
Kulit kayu manis merupakan sejenis rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam beberapa spesies pohon dari genus cinnamomum yang dipakai sebagai penyedap rasa jenis masakan manis. Meskipun kayu manis sering dianggap sebagai kayu manis yang sesungguhnya, namun kebanyakan kulit kayu manis yang beredar di perdagangan internasional termasuk Indonesia adalah dari spesies lain yang berdekatan dengan istilah kasia atau yang membedakannya dari kulit kayu manis yang sesungguhnya. Manfaat untuk kesehatan adalah mengurangi flu, mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh, mencegah penyakit kanker, sebagai bahan pasta gigi yang berfungsi mencegah kerusakan gusi dan gigi serta dijadikan permen untuk menyegarkan napas dan mulut. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah kulit bagian dalam dari kayu dan akar tua.

4). Lada.
Lada dikenal mempunyai berbagai manfaat buat kesehatan tubuh selain dijadikan sebagai salah satu bumbu penyedap masakan.  Lada memiliki khasiat yaitu bagus untuk mengobati beberapa penyakit seperti sakit kepala, asma atau sesak nafas, menurunkan resiko kanker dan tumor payudara.  Lada juga bermanfaat sebagai penghangat tubuh ketika suhu dingin atau musim dingin tiba dan mampu meningkatkan gairah seksual untuk pasangan suami istri. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah biji lada, bunga dan daun lada.

5). Adas.
Adas manis atau anis (pimpinella anisum) merupakan tumbuhan berbunga dari famili apiaceae berasal dari kawasan Laut Tengah bagian timur dan Asia barat daya. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semusim berupa terna. Mengandung komponen yang menyerupai akar manis, adas manis berasa manis dan wangi yang khas, sering dipakai untuk membuat camilan berjenis kue yang menggunakan gula banyak seperti  cake aniseed ball (Britania Raya), cake aniseed wheels (Selandia Baru), pizza (Italia), cake pfeffernusse (Jerman) dan cake Knott (Norwegia). Adas manis juga dipakai untuk membuat minuman kesehatan seperti teh atau cokelat panas, minuman beralkohol (Turki, Yunani, Italia dan Arab), beberapa jenis root beer seperti virgil’s root beer (Amerika Serikat). Juga bagus untuk membuat adonan roti. Sebagai terapi pengobatan, adas manis mengandung anethole dan dikenal sebagai zat phytoestrogen yang berfungsi sebagai antiparasit ringan dan daunnya bisa dimanfaatkan untuk merawat gangguan pencernaan, meredakan sakit gigi dan minyak atsirinya dapat dipakai untuk menyembuhkan penyakit kudis. Bagian yang banyak dimanfaatkan adalah bunga, buah, daun hingga akar. 

Itulah lima jenis rempah Indonesia disamping kapulaga dan jinten. Banyak memiliki manfaat buat kesehatan dan perawatan kecantikan sehingga tepat untuk anda gunakan sebagai media pertolongan pertama untuk mencegah atau mengobati beberapa jenis penyakit sebelum konsultasi ke dokter. 


Komentar Anda :

 
Back To Top