WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mengenal Bunga Seroja Atau Bunga Lotus


Saat ini beberapa jenis tanaman hias sangat popular di kalangan masyarakat, hampir setiap pekarangan rumah memiliki salah satu jenis tanaman hias seperti pohon Kamboja Bali, bonsai, Anthurium dan lain sebagainya untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah penghijauan dan penghias taman.

Budidaya tanaman hias semakin berkembang pesat dan cukup banyak diminati, terlihat hampir di sepanjang jalan raya berjejer rapi beberapa toko bunga di kota-kota besar, mereka menjual tanaman hias seperti salah satunya adalah  bibit bunga Seroja atau bunga Lotus. Oleh karena itu, bisnis tanaman hias merupakan peluang besar bagi anda yang sedang mencari peluang usaha baru untuk ditekuni.

Para kolektor tanaman hias memilih jenis tanaman hias bunga untuk ditanam di taman mereka, namun tak jarang yang lainnya melengkapi taman bunga dengan beberapa jenis tanaman hias pohon, sehingga suasana rumah anda menjadi sejuk, nyaman dan eksotis. Teratai adalah pilihan tepat untuk mereka dimana bunga ini terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis hingga ke daerah  subtropis di seluruh dunia, namun pertama kali bunga  Teratai dibudidayakan secara komersil di Mesir. 

Mengenal Bunga Seroja Atau Bunga Lotus

Berikut ini kami berikan cara menanam bunga Lotus atau Teratai, simak ulasannya bersama-sama : 

1). Teknik penanaman Teratai. Si cantik multiguna ini sangat mudah untuk dipelihara, asalkan anda tahu cara yang benar. Teratai menyukai tempat yang bersuhu antara 20° - 30°C, cukup mendapat asupan air dan sinar matahari, namun tidak perlu banyak  angin. Sebagai tanaman hias di kolam, sebaiknya bunga Teratai anda tanam di kolam yang berair tenang dan tidak mengalir.

2). Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan cara menanam biji, umbi, atau dengan memisahkan anaknya menjadi satu individu atau bibit tanaman baru. Jika penanaman tidak hanya bertujuan sebagai tanaman hias saja melainkan juga dimaksudkan untuk memanen hasilnya sebagai sayuran dan bahan obat-obatan tradisional, maka sebaiknya bibit biji dan umbi tersebut langsung ditanam pada dasar kolam atau disemaikan terlebih dulu pada tempat basah menyerupai kolam yang sudah anda sediakan sebelumnya.

3). Sebelum penanaman dimulai, persiapkan lahan atau kolam yang akan anda gunakan. Bersihkan lahan dari rumput dan kotoran, lalu dipupuk dengan kotoran ayam, kapur dan kalium, setelah itu bibit dapat langsung ditancapkan satu per satu. 

4). Agar tanaman hias ini tumbuh subur dan terlihat cantik, lakukan pemupukan rutin setiap 15 hari dengan pupuk Sulfur Radon Hidrogen (SRnH2) dan kalium. Untuk menghindari pengerutan daun, keropos, bintil kulit daun, dan hama penyakit lainnya, sebaiknya tanaman ini disemprot dengan pestisida sistematik 3x dalam sebulan atau jika sakitnya sangat parah, lakukan penyemprotan sebanyak 1x seminggu.

Semua bagian tanaman Teratai dapat digunakan sebagai bahan pangan. Daun Teratai dipakai dalam pengobatan tradisional Cina yaitu bermanfaat untuk menurunkan panas, sakit kepala hingga diare. Jika daunnya dibakar (abunya) dapat menghentikan pendarahan pada paru-paru, hidung dan rahim karena efek homeostatic yang dimiliki sangat ampuh untuk mengobati penyakit tersebut. Selain manfaat di atas, daun Teratai juga bersifat diuretic dan dapat menobati diare. Dalam kuliner Cina, daun ini sering dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan  atau nasi agar beraroma harum dan tahan lama.

Umbi tanaman teratai yang dikembangbiakkan di dalam lumpur juga sarat manfaat yaitu umbi Teratai yang menyerupai ubi jalar, tetapi memiliki lubang-lubang kecil dalam jumlah yang sangat banyak ini mengandung protein, vitamin C, B1, B2, dan asam dasar NH3, yang bisa menghangatkan tubuh serta menghilangkan memar karena luka. Umbi teratai dapat diolah menjadi acar, tumisan, keripik, dodol atau aneka dessert lainnya. Jika anda rajin mengkonsumsinya dalam porsi yang tepat maka anda bisa terbebas dari demam, batuk berdarah, tekanan darah tinggi dan wasir, karena umbi tanaman hias bunag Lotus banyak mengandung mucilage (lendir) yang menyehatkan badan. 


1 komentar:

bunga yang cantik.. ada nyanyiannya

Komentar Anda :

 
Back To Top