WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mengenal Bibit Bibit Bunga Musim Panas


Musim panas merupakan salah satu musim di negara berhawa sedang. Udaranya tergantung dari letak sebuah negara, dimana musim panas bisa terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Di belahan utara bumi, musim panas dimulai pada tanggal 21 Juni hingga 23 September, sementara di belahan selatan bumi, musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret. Di beberapa negara, musim panas adalah musim liburan sekolah dan beberapa kantor. Pada musim ini orang-orang di negara tersebut menggunakan kesempatan bagus buat jalan-jalan ke pantai untuk berjemur. Di samping itu, pada musim panas adalah surga buah-buahan, sayur-sayuran, dan tanaman hias serta bunga-bunga musim panas. Pada masa ini mereka sedang mengalami musim pertumbuhan. 

Pada musim panas tahun 1973 untuk pertama kalinya ditemukan tanaman bunga musim panas yang sangat menarik dimana belakangan hari bunga itu diberi nama bunga Matahari. Bibitnya tumbuh dari lahan kosong diantara tanaman kacang, paprika, bayam, dan sayuran lain di ladang kemudian berkembang sangat subur. Bunga yang dikenal juga dengan nama Sunflowers ini didefinisikan sebagai bunga musim panas berwarna kuning cerah dan berukuran besar. 

Beberapa jenis bibit (bulb) bunga musim panas yang lainnya dan cukup banyak memiliki peminat terutama dari kalangan ibu-ibu rumah tangga adalah : 

Mengenal Bibit Bibit Bunga Musim Panas

1). Calla (Zantedeschia).
Umbi dari bunga Calla Aka Zantedeschia terdiri dari 2 jenis yaitu sebelah kiri umbi bunga yang berwarna kuning, dan pada bagian kanan adalah umbi bunga yang berwarna merah. Calla sendiri mempunyai 3 macam tumbuhan yaitu : Calla Merah, pengembangan dengan umbi ditanam dengan cara sebagai berikut umbi yang sudah berupa bibit terlebih dahulu direndam dalam air untuk merangsang pertumbuhan akar-akarnya. Seperti namanya, Calla Merah memiliki bunga berwarna merah. Yang kedua adalah Calla Kuning. Dan terakhir adalah Calla Kuning dan Pink. Bulb berukuran sekitar 14 cm. Jika anda membelinya di toko-toko tanaman hias, satu kemasan berisi dua bulb yaitu berwarna kuning dan yang lain berwarna pink. Jika ditanam akan memunculkan bunga berwarna kuning dan pink.

2). Bunga Dahlia.
Kita mengenal beberapa jenis bunga Dahlia yang cantik dengan warna bermacam-macam. Seperti Dahlia Park Princess dapat dikembangbiakkan dengan cara menanam umbi dan rimpangnya yang masih basah. Caranya sederhana, umbi dicelupkan sebentar ke air bersih lalu langsung ditanam pada media yang sudah disiapkan. Schmuck Dahlia adalah jenis bunga musim panas yang mempunyai bunga berwarna kuning. Dan terakhir adalah bunga Dahlia liar. Bunga Dahlia memerlukan sinar matahari dalam jumlah cukup, jadi kalau anda salah menanam pada lokasi yang kurang kena sinar matahari langsung, maka pertumbuhannya tidak optimal alias tidak subur. Sebaiknya tanaman bunga Dahlia dalam pot atau di pekarangan diberikan pagar penyangga agar bisa berdiri tegak.

3). Bunga Lili (Asiatic Lilien).
Umbinya direndam terlebih dahulu sebelum penanaman. Jika belum memperlihatkan kondisi tanaman mulai tumbuh, siramlah umbi seminggu sekali, atau jika anda melihat tanahnya benar-benar kering. Penyiraman yang dilakukan secara berlebihan akan membuat umbi mudah busuk. Pertumbuhan bunga Lili sangat cepat, dalam waktu sebulan sudah terlihat bakal bunganya dalam ukuran besar. Bunga Lili memiliki ragam warna bervariasi dan rata-rata cerah semua.

4). Gladiol
Merupakan bunga hias yang terkenal karena keindahannya, jadi tak salah jika banyak yang tertarik untuk mengembangbiakkan bunga Gladiol karena sering mendatangkan keuntungan. Pilihlah bibit bunga Gladiol yang sehat dan tidak cacat. Untuk mendapatkannya  tidaklah sulit, pusat bibit bunga Gladiol ada di daerah Bandung. Bunga  Gladiol adalah salah satu bunga musim panas yang cocok ditanam pada daerah tropis seperti beberapa daerah di Indonesia adalah tempat yang pas untuk menanam bunga Gladiol, hal ini disebabkan Indonesia memiliki iklim yang hangat dan banyak sinar matahari. Perhatikan kondisi tanah harus lembab. Siram lebih banyak saat cuaca panas. Tanamlah pada tempat yang tidak terlalu kering.

5). Bunga Prairie Aster.
Bunga Prairie Aster mekar pada setiap musim panas, seperti halnya jenis bunga Aster Ungu lainnya. Dikenal juga dengan nama cantik yaitu Tahoka Daisy, berupa tanaman hias menarik yang memiliki daun tersusun rapi dalam ukuran kecil dan berwarna hijau cerah serta mahkota bunga dalam ukuran kecil bertumpuk-tumpuk dalam warna-warna menarik, tanaman ini beradaptasi dengan berbagai kondisi tumbuhan lain yang ada di taman.  Aster Prairie merupakan tanaman hias yang paling sempurna untuk dikembangbiakkan pada tanah kering atau lanskap xeric. Tanaman berkembang dengan cara reseed di sepanjang tahun-tahun berikutnya. Jika anda membeli biji di toko bunga, masing-masing paket berisi 10 biji. Cara tanam adalah disemai pada media lembab/ kapas terlebih dahulu, jika sudah berkecambah dan kuat, pindahkan ke tanah atau pot-pot ukuran besar.

6). Bunga Blue Pimpernel.
Bunga ini disebut juga dengan nama Groundcover, memiliki mahkota bunga warna-warni dengan membentuk gundukan 9 inci berbentuk piring, dan berwarna biru dengan batang bunga rata-rata panjang. Tanaman hias ini memiliki usia relatif pendek, dan biasanya tumbuh subur pada taman-taman batu. Tanah yang cocok adalah kondisi kering dan mendapat sinar matahari penuh. Perbanyakan dapat dilakukan dengan cara stek pada batang usia dewasa, lakukan pada waktu awal musim panas atau musim semi. Namun anda harus rajin merawatnya karena bunga ini rentan terhadap penyakit kutu daun.

Bibit bunga musim panas dapat dengan mudah diperoleh pada jasa penjualan bibit bunga atau salah satu toko online yang memang menawarkan dan menyediakan bermacam-macam jenis bibit tumbuhan atau tanaman hias dan aneka bunga musim panas yang berkualitas tinggi seperti bibit bunga mawar, bunga sakura, bunga matahari, bunga krisan, bunga sedap malam, bunga lotus, bunga adenium  dan bunga-bunga tersebut di atas. Semua tanaman tersebut bisa membantu anda dalam mempersiapkan sebuah kebun bunga ideal yang anda idam-idamkan dengan mengisinya dengan beberapa jenis tanaman hias dan bunga musim panas yang disediakan pada jasa jual bibit bunga. 

Jika ada pertanyaan tentang benih-benih bunga atau yang erat kaitannya dengan bibit, anda dapat menghubungi langsung costumer service mereka yang siap untuk membantu anda dalam pengarahan sehingga tidak salah pilih.


Komentar Anda :

 
Back To Top