WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat Pupuk Organik


Pupuk organik merupakan pupuk yang terbuat dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa - sisa tanaman, hewan, dan manusia. Pupuk organik bisa berupa benda padat atau cair yang dimanfaatkan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi dari media tanah yang akan ditanami. Pupuk organik mengandung bahan - bahan organik lebih besar dibandingkan kadar haranya. Sumber bahan organik berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah dapur, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian, dan limbah kota (sampah).

Manfaat Pupuk Organik

Adapun manfaat dari pupuk organik adalah :
  • Meningkatkan produktivitas dari lahan pertanian. Karena kandungan bahan organik dan unsur hara yang ada dalam tanah mampu memperbaiki sifat, kimia dan biologi dari tanah atau lahan pertanian.
  • Manfaat lain yang dirasakan adalah semakin mudahnya melakukan pengolahan lahan karena kondisi tanah semakin membaik. 
  • Harga pupuk organik lebih murah dan mudah didapat dari alam.
  • Pupuk organik kaya akan kandungan unsur mikro paling lengkap dibandingkan dengan pupuk kimia.
  • Kelebihan lain dari pupuk organik yaitu memiliki kemampuan dalam me-mobilisasi atau menjembatani hara yang ada di tanah sehingga mudah membentuk partikel ion yang diserap oleh tanaman sebagai makanannya.
  • Memiliki kemampuan untuk melepas hara tanah dengan pelan dan secara terus - menerus, sehingga akan membantu mencegah kelebihan suplai hara yang menyebabkan tanaman terkena racun.
  • Menjaga kelembaban tanah sehingga bisa mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada tanaman.
  • Membantu mencegah erosi lapisan atas tanah dan menjaga serta merawat tingkat kesuburan tanah serta memberikan manfaat  untuk kesehatan manusia, karena banyak mengandung nutrisi paling lengkap.
Itulah delapan manfaat pupuk organik yang patut untuk anda ketahui sebelum bercocok tanam, semoga bermanfaat. 


 
Back To Top