WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat Jerami Untuk Kesuburan Tanah


Jerami merupakan hasil samping usaha pertanian yaitu berupa sekumpulan tangkai dan batang tanaman serealia yang sudah kering, setelah biji - bijiannya dipisahkan. Massa jerami sama dengan massa biji - bijian yang dipanen. Jerami bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar, pakan ternak, alas atau lantai kandang, pengemas bahan pertanian (misal telur), bahan bangunan (atap, dinding, lantai), mulsa, dan kerajinan tangan. Jerami dikumpulkan dalam bentuk gulungan, diikat, maupun ditekan. Dengan bantuan mesin baler, jerami bisa dibentuk menjadi gulungan atau kotak.

Saat ini pemakaian pupuk kimia yang dilakukan secara intensif oleh petani justru menyebabkan para petani sangat tergantung kepada pupuk berbahan kimia. Di sisi lain, pupuk kimia bisa menyuburkan tanah dan menurunkan kandungan bahan organik tanah. Sebagai alternatif, petani justru melupakan salah satu sumber daya alam yang bisa mempertahankan kesuburan dan bahan organik tanah yaitu jerami.

Manfaat Jerami Untuk Kesuburan Tanah

Pemanfaatan jerami sisa panen padi untuk kompos bisa mengembalikan kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas tanaman. Kompos harus ditambahkan dalam jumlah yang memadai hingga kandungan bahan organik mencapai angka ideal. Secara garis besar, manfaat jerami untuk kesuburan tanah jika tidak dibakar dan dikembalikan lagi ke lahan sawah, kebun, ladang atau pekarangan rumah dapat dijelaskan di bawah ini :

1). Unsur hara yang terkandung dalam jerami jika dibakar akan hilang, oleh karena itu unsur hara harus dipertahankan agar fungsinya untuk kesuburan tanah tetap terjaga.

2). Secara fisika, batang dan daun padi bisa menyuburkan tanah tetapi jika membusuk akan menjadi humus, bahan organik atau C-organik, jika terbakar akan menjadi karbon atau arang yang tak berguna lagi.

3). Jerami yang dibenamkan atau dibiarkan menumpuk pada lahan sawah akan bermanfaat sebagai makanan mikroorganisme tanah.

4). Perlahan-lahan tapi pasti, bila jerami yang sudah tak terpakai lagi dibakar, maka akan berpengaruh besar terhadap produktivitas dari panen yaitu bisa menurun, karena unsur hara di dalam tanah berkurang.

5). Pemakaian jerami mampu menekan biaya pembelian pupuk, karena jerami mudah diperoleh dan banyak mengandung pupuk organik yang bermanfaat untuk kesuburan tanah dan tanaman.

6). Jerami bisa menekan bahkan mencegah serangan hama dan penyakit, karena di dalam jerami mengandung unsur K (kalium)yaitu unsur yang bisa membantu agar akar tanaman menjadi kuat dan mengeras pada bagian bawah tanaman sehingga ketahanan tanaman menjadi lebih kuat.

7). Pembenaman jerami ke dalam lapisan olahan tanah paling dasar di sawah mampu mendorong kegiatan bakteri pengikat N (nitrogen) bekerja dengan rajin dan cepat sehingga mampu menyuburkan tanaman.

Itulah tentang informasi pertanian mengenai 7 manfaat jerami untuk kesuburan tanah, semoga bermanfaat untuk anda sekalian karena tidak hanya berguna bagi para petani besar saja juga seluruh masyarakat awam yang gemar berkebun harus mengetahuinya.


Komentar Anda :

 
Back To Top