WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Inilah 5 Tanaman Hias Pereda Stress


Saat ini beberapa pengoleksi tanaman hias sedang berlomba untuk mengumpulkan beberapa jenis tanaman hias yang bisa berfungsi ganda, yaitu fungsi sebagai tanaman hias pada umumnya dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti bahan tambahan aneka masakan yang sekaligus berfungsi sebagai obat-obatan herbal penangkal stress.

Tanaman hias pereda stress memiliki ciri khusus yaitu berbentuk semak-semak. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah. Mereka memiliki bentuk daun yang cantik dan unik serta warna-warna cerah. Beberapa jenis yang cukup populer di Indonesia adalah sebagai berikut : 

Inilah 5 Tanaman Hias Pereda Stress

1). Bunga Rosemary.
Tanaman ini populer dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam masakan Eropa dan Amerika. Aroma tanaman yang khas berguna untuk mengurangi tekanan-tekanan karena stress karena bunga Rosemary ampuh untuk melemaskan otot-otot tubuh yang kaku. Khasiat Rosemary untuk menangkal stress pertama kali diaplikasikan oleh bangsa Yunani sejak bertahun-tahun yang lalu. Orang Yunani senang menggunakan rangkaian Rosemary pada kepala mereka karena dianggap mempunyai daya efek relaksasi tinggi terhadap sistem kerja otak.

2). Sage atau Salvia Officinalis.
Tanaman berdaun cantik ini dikenal sebagai bumbu masakan Eropa. Tanaman yang bersifat perennial ini bersahabat dengan para koki profesional mancanegara, mereka sering menambahkan beberapa lembar daun sage pada masakan dari daging dan unggas. Daun sage beraroma harum dan berasa sedikit pahit. Jika anda jalan-jalan ke Yunani, anda akan banyak menjumpai cottage cheese adalah keju khas Yunani yang terbuat dari bahan-bahan keju pada umumnya tetapi dicampur dengan bubuk daun sage sehingga berasa unik dan beraroma segar.

3). Bunga Lavender.
Tanaman hias bunga Lavender berkhasiat sebagai ramuan tradisional yang bermanfaat buat menghilangkan stress. Aroma Lavender ini mampu merangsang sistem kerja kekebalan tubuh sekaligus menenangkan kulit sehingga selain anda merasa rileks juga kulit terlihat sehat. Anda dapat mengaplikasikan bunga ini sebagai minyak esensial untuk memijat tubuh, atau mengonsumsi teh beraroma Lavender. Jika anda tidak suka pijat refleksologi dengan minyak esensial Lavender karena menimbulkan rasa sakit, anda bisa mendapatkan keharuman dan kesegaran bunga Lavender dari parfum, penyegar ruangan, dan lain-lain. Mencium aromanya, bisa membantu anda melepaskan ketegangan sehingga terhindar dari stress.

4). Teh Hijau.
Teh hijau sejak jaman dahulu kala sudah diketahui memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Teh hijau bermanfaat untuk membantu meringankan stress karena di dalamnya terkandung zat asam amino yang disebut Tiamin. Tiamin bermanfaat untuk mengurangi semua hormon stress. Untuk menghindari stress, paling tidak anda harus menikmati sekitar 3 - 4 cangkir teh hijau panas setiap hari.

5). Chamomile.
Chamomile merupakan salah satu ramuan yang ampuh buat menyembuhkan sakit demam. Di samping itu, Chamomile juga dapat membantu membuat kulit anda lebih bersinar dan pastinya ampuh buat menghilangkan stress. Aroma Chamomile dapat anda aplikasikan dengan cara menyeduhnya seperti membuat teh panas, secangkir teh Chamomile ampuh buat menenangkan pikiran.

Stress kerap dialami oleh banyak orang setiap hari. Sayangnya, mereka sering mencoba meredakan stress dengan banyak makan yang akhirnya justru membuat tubuh mereka menjadi semakin membesar atau gemuk. Padahal seharusnya ada cara-cara mudah untuk mengatasi stress, seperti menghirup wewangian dari beberapa jenis tanaman yang berfungsi untuk meredakan stress. Aroma tanaman-tanaman ini membantu pikiran anda menjadi lebih rileks dan tenang. Anda dapat membeli salah satu tanaman hias pereda stress pada toko tanaman hias untuk diletakkan pada halaman rumah meskipun harganya lumayan mahal. 



Komentar Anda :

 
Back To Top