WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Daun Kemangi, Lalapan Yang Penuh Khasiat


Daun kemangi merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai lalapan. Aroma dan rasanya yang khas, menimbulkan efek sedap pada makanan yang kita santap. Lalap dengan daun kemangi akan terasa lebih nikmat jika ditemani dengan ikan yang digoreng dan juga sambal. Yang akan menjadikan waktu makan jadi terasa singkat.

Selain dapat menambah selera makan, ternyata daun kemangi juga memiliki beberapa manfaat lain yang berhubungan dengan kesehatan. Jadi, apabila anda orang yang suka dengan daun kemangi, artinya anda termasuk orang yang beruntung.

Daun Kemangi, Lalapan Yang Penuh Khasiat

Berikut ini beberapa manfaat dari daun kemangi untuk kesehatan:
  • Daun kemangi mempunyai efek menyegarkan seperti halnya daun mint. Karena itu, makan dengan daun kemangi akan membuat mulut tetap segar dan dapat mengatasi bau mulut juga.
  • Kemangi adalah sumber niacin, karoten, thiamine dan zat besi yang dapat membuat ibu tidak mudah sakit yang dapat diturunkan kepada bayinya lewat ASI.
  • Selain daun katuk, daun kemangi juga terbukti dapat membantu melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.
  • Daun kemangi dapat mencegah terjadinya tulang keropos atau osteoporosis. Kemangi dapat memelihara kepadatan massa tulang jika dikonsumsi secara rutin karena di dalamnya terkandung kalsium. Daun kemangi bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dibuat ramuan dengan cara : Siapkan 20-25 lembar daun kemangi segar. Cuci bersih, lalu rebus dalam 1 liter air selama kurang lebih 15 menit. Pisahkan daun kemangi yang telah direbus, gunakan air rebusannya saja untuk diminum dua kali sehari secara teratur.
  • Zat triptofan pada daun kemangi dapat menunda menopause. Karena itu, banyak-banyaklah mengkonsumsi kemangi jika anda ingin menunda masa menopause.
  • Kemangi dapat disajikan dengan cara diseduh seperti teh. Cara seperti ini sangat cocok dilakukan pada saat pergantian musim untuk mencegah batuk, pilek, atau demam. Untuk meredakan demam pada anak, bisa juga dengan cara menggunakan beberapa lembar daun kemangi, remas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, serta punggung.
  • Kandungan eugenol yang terdapat di dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan.
  • Zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan anti radang.
  • Dari hasil penelitian, daun kemangi turut berperan memelihara kesehatan jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium di dalamnya. Keduanya merupakan mineral yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Selain itu, daun kemangi juga baik untuk penderita stroke karena kandungan isoflavon yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah artery.
Demikian beberapa contoh khasiat dari daun kemangi untuk kesehatan. Mungkin masih ada khasiat atau manfaat lain dari daun kemangi yang belum kita ketahui. Yang pasti, kita harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur jika ingin selalu sehat.

Salam.


 
Back To Top