WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Mudah Mencangkok Sawo


Tanaman sawo tumbuh subur di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tanaman ini mampu tumbuh tinggi mencapai 20 hingga 39 meter, dengan batang pohon yang cukup besar dan memiliki warna kulit batang berwarna cokelat tua, memiliki kepadatan yang cukup dan sering dimanfaatkan untuk pembuatan perabotan, ukir-ukiran serta patung karena batang dari tanaman ini tahan terhadap jamur ataupun serangga. Tanaman sawo berasal dari Amerika Tropis seperti Guatemala atau Meksiko.

Buah sawo atau nama lainnya Achras Sapota memiliki banyak nama yang berbeda seperti di negara lain buah sawo disebut dengan nama tsiko (Filipina), ciku (Malaysia), chikoo atau sapota (India), sofeda (Bangladesh), xa pô chê atau hồng xiêm (Vietnam), dan masih banyak nama lainnya dari buah ini tergantung asal negara. Bentuk buahnya seperti telur ayam berwarna cokelat tua dengan kulit tipis dan permukaan kulit terlihat bersisik dan kasar, memiliki biji berwarna hitam mengkilap dimana dalam satu buah sawo dapat mempunyai 5 hingga 12 butir biji di dalamnya, namun di Indonesia rata-rata hanya mempunyai 6 butir biji saja sehingga banyak dibudidayakan seperti buah sawo Thailand.

Cara Mudah Mencangkok Sawo

Cara budidaya tanaman ini cukup mudah, para petani buah pada umumnya memakai cara cangkok atau menanam biji. Buahnya memiliki banyak khasiat kesehatan selain getah buah yang dimanfaatkan untuk bahan dasar membuat permen karet alami. Seperti halnya buah-buahan yang lain yaitu jambu, jambu air, mangga, dan lain-lainnya, mencangkok tanaman buah sawo adalah salah satu cara atau teknik dalam memperbanyak tanaman buah di dalam pot atau lahan pekarangan rumah, karena diketahui cara ini memiliki kualitas buah yang sama bagusnya dengan pohon induk dan memiliki pohon baru yang tidak terlalu tinggi menyerupai bonsai buah. Cara termudah untuk melakukan pencangkokan tanaman buah adalah tersebut di bawah ini :

1). Alat-alat yang digunakan adalah pisau yang tajam, serabut kelapa atau plastik, tali pengikat atau memakai tali rafia, paku untuk menusuk bagian bawah plastik, penampung air, dan campuran tanah subur : pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1

2). Cara mencangkok adalah memilih cabang atau ranting yang tidak terlalu muda atau tua dan dalam kondisi sehat. Kupas cabang hingga bersih sepanjang 4 - 9 cm. Olesi dengan perangsang akar kemudian tutup dengan campuran pupuk kandang dan tanah lalu bungkus dengan plastik atau serabut kelapa, ikat kedua ujungnya dengan rapi dan kuat. Jika memakai plastik, lubangi bagian bawah dengan menggunakan paku.

3). Siramlah setiap pagi dan sore secara rutin dan jaga kelembabannya.

4). Setelah tumbuh akar yang banyak, potong cabang dari induknya, dipisahkan dan tanaman buah sawo baru ini dapat ditanam pada tempat yang telah ditentukan, contohnya di dalam pot yang akan memperindah halaman rumah anda.

Selamat mencoba, semoga berhasil !


4 komentar

MANIS BUAH NI KALA ELOK MATANG...DI MSIA SELAIN CIKU DISEBUT BUAH SAWA..

sawo termasuk buahan vaforit saya nih hehe.

Caranya praktis sekali, mudah untuk dipraktekan.

cocok buat temen yg hobby menanam buah nih kang.
saya suka makan hasilnya saja nih :D

Komentar Anda :

 
Back To Top