WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Rajin Berbunga


Cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Anggrek adalah tanaman mahal sehingga para pengoleksi tanaman hias menyebutnya sebagai tanaman kelas atas. Anggrek memiliki bunga yang berbentuk sangat indah, berwarna-warni, dan memiliki jenis beragam. Menjaga anggrek agar tumbuh sehat dibutuhkan pengetahuan, pengalaman dan kedisiplinan. Juga dianjurkan melakukannya berdasarkan unsur kasih sayang dari si pemelihara.

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Rajin Berbunga

Aspek-aspek yang bisa diperhatikan agar tanaman anggrek rajin berbunga yaitu seperti tersebut di bawah ini :

1). Penyediaan tempat.
Buatlah rumah lindung yang nyaman dan sehat. Anggrek harus ditempatkan dalam rumah lindung dengan intensitas cahaya mencapai sekitar 50% - 70%, caranya adalah atap dari rumah lindung itu harus terbuat dari paranet. Jangan lupa jaga kebersihannya. Sesekali buang daun-daun anggrek yang sudah layu.

2). Media tanam.
Media tanam yang ideal untuk membuat koleksi tanaman anggrek anda sehat sehingga rajin berbunga adalah tersusun 2 sisi. 1/3 sisi bawah media tanam berisi potongan batu bata dan 2/3 bekasnya memakai pakis.
Konstruksi pot yang tepat juga bisa mempengaruhi tumbuhan anggrek menjadi subur, tumbuh tunas baru yang banyak dan rajin berbunga. Idealnya, pot yang dipakai adalah pot yang terbuat dari tanah liat dan memiliki banyak lubang.

3). Penyiraman.
Perhatikan permasalahan kandungan air dari media tanam pohon anggrek. Apabila cuaca panas, diperlukan penyiraman 2 kali yaitu pagi dan sore hari, jika cuaca hujan, anda tak perlu melakukan penyiraman. Saat penyiraman yang tepat adalah jam 07.00 - 09.00, pagi hari dan jam 03.00 - 05.00 pada sore hari.

4). Pemupukan.  
Kunci paling utama pemupukan tanaman anggrek supaya tumbuh tunas baru dan rajin berbunga adalah lakukan pemberian pupuk dengan kandungan unsur hara P cukup tinggi. Pemupukan bisa diberikan lewat penyemprotan atau penyiraman, dapat pula menggunakan pupuk slow launching yang ditaburkan pada media tanam. Pemupukan dilakukan dengan rutin 3 kali dalam seminggu pada waktu pagi hari atau sore hari.

5). Pemberian ZPT/Hormon.
Terkadang bunga anggrek rajin berbunga karena pengaruh zat ZPT/Hormon. ZPT/Hormon Giberelin pada umumnya digunakan untuk meningkatkan pembungaan anggrek. Bisa juga dengan cara tradisional yaitu dengan memakai air kelapa dengan konsentrasi 15% (150 ml air kelapa yang disemprotkan ke seluruh tubuh anggrek dan akar-akarnya). Lakukan dengan rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu, pada waktu pagi atau sore hari.

6). Pemberian obat.
Seperti tumbuhan lain, bunga anggrek mudah terserang hama dan penyakit. Perhatikan kondisi tanaman setiap hari merupakan langkah paling tepat untuk menghindarkan tanaman dari serangan hama dan penyakit tumbuhan anggrek. Untuk membuat anggrek rajin berbunga, anggrek dan media tanamnya haruslah bersih dari kotoran, gulma, dan sampah dedaunan. Misalnya, sekali dalam satu minggu anda bisa mencoba memakai pestisida pada tumbuhan anggrek yakni pemakaian insektisida untuk anggrek yang sudah terserang oleh serangan hama serangga, semut, atau pemakaian fungisida untuk anggrek yang terserang serangan jamur, dan pemakaian bakterisida untuk anggrek yang sudah terserang serangan bakteri.

7). Pengaturan bunga
Supaya anggrek rajin berbunga, perhatikan pengaturan tanamannya. Tatalah rak-rak anggrek pada tempat datar dengan ketinggian sekitar 1 meter. Janganlah ditempatkan berjenjang karena akan mengganggu aliran udara di sekitar pohon-pohon anggrek. Jaga kelembaban hawa. Agar anggrek rajin dan mudah berbunga, dibutuhkan kelembapan udara pada tingkat 60% - 80%. Kelembaban udara diperoleh dengan cara membuat kolam ikan pada bagian bawah rak-rak bunga anggrek, atau bikin kabut di dalam rumah lindung dengan cara cara memasang sprinkle.

Selain memperhatikan tujuh faktor tersebut di atas, faktor lain yang paling penting difokuskan adalah sejak awal anda memutuskan untuk mengoleksi tanaman anggrek, pilih anggrek dari bibit unggul. Beberapa sifat unggul dari anggrek adalah anggrek mudah berbunga banyak terlihat dari calon tunas bermunculan banyak atau bisa diraba pada batang kayu, memiliki mahkota bunga dalam ukuran besar, bunga berwarna cerah dan tahan lama. 


Komentar Anda :

 
Back To Top