WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Budidaya Tanaman Anggrek Cattleya


Anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang cukup banyak memiliki peminat meskipun nilai jualnya mahal karena keunikan pohonnya dan keindahan bunganya. Bagi anda para pecinta bunga dan tanaman hias, pastilah mempunyai koleksi tanaman anggrek dalam berbagai jenis di pekarangan rumah anda. Namun bila anda baru memulai membudidayakan tanaman bunga anggrek, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu tentang seluk-beluk tanaman ini supaya tanaman yang anda koleksi bisa membuahkan hasil secara maksimal.

Hal paling penting yang diperhatikan adalah cara budidaya tanaman anggrek itu sendiri. Karena teknik budidaya tanaman anggrek sangat mudah untuk diterapkan. Bahkan, tidak membutuhkan benda-benda lain sebagai pendukung seperti pot karena anggrek bisa anda tempelkan dengan pakis pada pohon lain. Namun bila ingin koleksi tanaman bunga anggrek anda terlihat tertata rapi dan lebih indah, anda tetap bisa memakai pot sebagai tempatnya.

Budidaya Tanaman Anggrek Cattleya

Tanaman anggrek Cattleya membutuhkan perawatan khusus yang dilakukan secara rutin sehingga mudah tumbuh tunas baru dengan tangkai-tangkai calon bunga yang banyak dan dalam jangka waktu cukup sering. Perlu anda ingat bahwa kebutuhan utama tanaman anggrek seperti tanaman hias lainnya adalah pemenuhan unsur-unsur tersebut di bawah ini : 
  • Cuaca. Tanaman anggrek Cattleya bisa dengan cepat menyesuaikan diri terhadap perubahan cuaca atau iklim. Mereka bisa hidup dan berbunga pada wilayah panas maupun sejuk. 
  • Sinar atau cahaya matahari. Apabila tanaman anggrek anda kekurangan sinar matahari, maka tanaman Cattleya sulit berbunga. Kelebihan sinar matahari terutama di siang hari juga membuat daun tanaman mudah layu karena terbakar lalu rontok. Tanaman anggrek Cattleya hanya membutuhkan sekitar 30%  -  50% sinar matahari. Sehingga anda perlu memperhatikan kondisi di sekitar tempat tanaman disimpan, bisa anda letakkan di bawah naungan pohon, teras rumah, atau beri atap paranet di atas rumah anggrek anda.
  • Air, atau penyiraman. Pada umumnya semua jenis tanaman  anggrek  tidak menyukai kondisi yang terlalu basah. Pada wilayah panas dan berangin, tanaman anggrek Cattleya hanya perlu disiram setiap hari yaitu 2x sehari.  Di tempat-tempat lembab, penyiraman bisa dikurangi hanya 1x sehari yaitu pada waktu sore hari.
  • Jaga kelembapan udara di sekitar tanaman anggrek. Tanaman anggrek Cattleya menyukai kelembapan sehingga bisa tumbuh subur. Jika suasana terlalu kering, anda harus membasahi daerah di sekitar rumah anggrek, misalnya dengan menyiram lantai dan pohon-pohon di sekelilingnya. 
  • Pemupukan. Sebagaimana tanaman lain, anggrek perlu pemupukan secara teratur. Seminggu  2 kali sudah cukup, atau setiap minggu dengan memakai larutan yang lebih encer. Beberapa pupuk tanaman anggrek bisa dengan mudah anda peroleh di pasar atau toko-toko tanaman. Gunakan jenis pupuk mejemuk (NPK) yang diencerkan dengan air secukupnya, dapat disiram atau disemprotkan ke seluruh bagian tanaman. Perhatikan cairan pupuk sesuai dengan aturan pada kemasan. Jangan terlalu kental karena justru bisa membuat tanaman terbakar. Tanaman bunga anggrek muda memerlukan jenis pupuk majemuk dengan komposisi  N lebih tinggi dari P dan K.
  • Setiap hari lakukan perawatan kecil seperti bersihkan tanaman anggrek dari daun-daun yang layu atau tangkai-tangkai yang sudah kering dan mati. Media tanam juga harus bersih, buang sampah dari daun pohon lain dan jaga jangan sampai serangga-serangga kecil bersarang seperti semut atau jamur.  
Sebelum memutuskan untuk bercocok tanam anggrek, anda harus teliti memilih bibit anggrek yang bagus. Bibit yang baik dan siap untuk dibudidayakan adalah bibit anggrek berusia 1 tahun karena pada usia ini mereka sudah memiliki daun dan akar. Tanamlah bibit ini dalam plastik polybag dan rawat sampai mencapai usia 3 bulan. Setelah 3 bulan, pindahkan anggrek ke tempat lain seperti pot-pot kecil dengan diameter 8 cm - 10 cm. Dalam proses pembibitan sehingga memperoleh hasil maksimal, berilah pupuk organik agar pertumbuhan anggrek menjadi subur. Sekitar 3 bulan kemudian, pindahkan ke pot yang berukuran lebih besar. Pemilihan bibit yang tepat merupakan langkah awal sukses anda menjadi kolektor bunga anggrek karena bibit yang sehat adalah cikal bakal bunga anggrek mudah berbunga. 



2 komentar

nah ini mah keluar nih kolomkomentarnya, jadinya saya bisa nyampein betapa budidaya anggrek jenis cattleya sangat menguntungkan dan bisa dijadiin lahan tambahan uang dapur loch kang...nih buktinya saya nih.

iya nih Kang, saya juga lagi belajar menanam Anggrek jenis Cattleya ini

Komentar Anda :

 
Back To Top