WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

5 Tanaman Hias Gantung Favorit


Tanaman hias adalah semua jenis tanaman mencakup tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu atau pun pohon, yang berbunga atau berdaun cantik, yang sengaja ditanam orang sebagai salah satu komponen taman, kebun, rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/ busana, atau sebagai komponen karangan bunga. 

Beberapa jenis bunga potong bisa diklasifikasikan sebagai tanaman hias. Dalam konteks umum, tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman dari pengelompokan berdasarkan atas fungsi dari tanaman hortikultura. Bagian yang dimanfaatkan orang adalah bunga, daun, batang dan buah yang memberikan kesan keindahan. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan dari tanaman hias bisa dijadikan sebagai komponen yang dimanfaatkan untuk hiasan. Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar dan memiliki bentuk-bentuk unik serta warna-warna menarik dapat diletakkan dalam ruangan untuk fungsi memperindah ruangan bisa dijadikan sebagai tanaman hias.

Indonesia adalah salah satu negara beruntung karena memiliki beragam jenis bunga, baik itu berupa tanaman hias di dalam ruangan maupun bunga-bunga di luar ruangan. Beberapa spesies bunga introduksi (bukan asli dari Indonesia) dengan mudah dapat ditanam atau dikembangkan di Indonesia. Tetapi masing-masing memiliki karakteristik tanaman tersendiri. Ada bunga yang mudah perawatannya namun tak jarang ditemukan beberapa jenis bunga yang membutuhkan perawatan khusus.

5 Tanaman Hias Gantung Favorit

Di bawah ini akan kami berikan 5 daftar tanaman hias gantung favorit yang paling mudah perawatannya dan tidak terlalu membutuhkan perhatian ekstra dalam hal menanam, memelihara, dan merawatnya, simak ulasan kami : 

1). Tanaman hias gantung Bawang Rambat atau Bowie Volubilis.
Meskipun tanaman hias gantung ini termasuk ke dalam kelompok tanaman hias gantung keturunan bawang - bawangan, tanaman ini terlihat cantik untuk menghias tempat tinggal anda, serta berbentuk fleksibel tergantung pada tempat penanamannya, bisa di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

2). Tanaman hias Petunia Ungu. Type tanaman hias gantung ini adalah tumbuh lebih cepat pada dataran tinggi serta sangat memerlukan cahaya matahari dalam jumlah cukup memadai yang membantu proses pertumbuhan tanaman hias gantung. Tanaman khas karena memiliki warna-warna ungu yang mencolok ini hanya membutuhkan perawatan sederhana saja yaitu disiram sebanyak 1x sehari, bisa dilakukan pagi hari atau sore hari.

3). Tanaman hias gantung Portulaka. Tanaman hias gantung ini adalah salah satu jenis tanaman hias yang paling rajin berbunga dan harus mendapat cahaya matahari yang cukup banyak saat mereka masih berupa bibit. Portulaka tumbuh dengan cara menyebar dan memiliki rangkaian bunga dalam jumlah banyak sehingga saat musim bunga mekar, teras rumah anda bakal tampak sangat indah dengan warna-warna menarik dari tanaman hias gantung ini.

4). Tanaman hias gantung Zygocactus. Tanaman hias gantung jenis ini harus mendapatkan cahaya matahari dalam jumlah besar dan memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Walaupun pertumbuhannya termasuk lambat dan rewel jika tidak mendapat perawatan khusus, tetapi ketika musim berbunga tiba, kuncup-kuncup cantik calon bunga akan bermunculan di sela-sela batang dalam jumlah banyak dan akan bermekaran secara bersamaan.

5). Tanaman hias gantung Kantong Semar. Tidak seperti jenis tanaman hias gantung yang lain, tanaman ini tidak boleh terkena sinar matahari yang berlebihan. Untuk mengakalinya, anda harus meletakkannya di bagian dalam teras rumah agar lebih teduh serta terlindung dari cahaya matahari langsung pada waktu siang hari.

Meskipun beberapa orang menganggap bahwa tanaman hias gantung adalah salah satu jenis tanaman hias yang berkesan kuno, namun pada kenyataannya, saat ini, pemakaian tanaman hias gantung kembali marak dibicarakan pengkoleksi tanaman hias sehingga banyak diburu untuk menghiasi taman di rumah masing-masing. Sebelum anda memutuskan ikut-ikutan untuk mengkoleksi salah satu dari lima tanaman hias gantung favorit tersebut di atas, kenali terlebih dahulu jenis-jenis tanaman hias gantung yang anda sukai dan mudah dalam perawatan jika anda adalah pekerja kantor yang tidak mempunyai banyak waktu luang. 


2 komentar

hmmmm .. tanaman hias gantung memang sangat bagus sekali jika digunakan untuk mempercantik ruangan ataupun taman yah mas :)

betul mas, membuat lingkungan menjadi indah yang dapat menentramkan hati :)

Komentar Anda :

 
Back To Top