WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mengusir Semut Pengganggu Tanaman Dengan Kulit Telur


Semut yang bersarang di bagian bawah tanaman dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Karena mereka akan memakan akar tanaman sekaligus membuat sarang di sana. Kebanyakan terjadi pada tumbuhan yang ditanam di dalam pot atau polybag, seperti tanaman cabai dan tomat. Selain itu, semut juga dapat mendatangkan hama lain yaitu kutu putih. Karena antara semut dan kutu putih terjalin sebuah hubungan yang saling menguntungkan, namun merugikan bagi tanaman, sehingga sesegera mungkin semut harus diusir sepaya pertumbuhan tanaman tidak lagi terganggu, dan tumbuh dengan sehat. Untuk mengusir semut, dapat digunakan insektisida, asal sesuai dosis yang dianjurkan. Karena penggunaan insektisida yang melebihi dosis atau tanpa aturan, akan menimbulkan dampak negatif pada lingkungan. Agar terhindar dari resiko tercemarnya lingkungan yang disebabkan oleh bahan kimia berbahaya, alternatif lain yang lebih aman untuk mengusir semut adalah menggunakan bahan alami. Dan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir semut adalah kulit atau cangkang telur sisa dari dapur.


Kulit telur dapat dimanfaatkan sebagai pestisida alami. Cara menggunakannya cukup mudah tanpa proses yang panjang. Yaitu, kulit telur disangrai hingga berwarna kehitaman. Kemudian hancurkan hingga menjadi bubuk dengan cara ditumbuk sampai mendapatkan hasil yang agak halus. Lalu bubuk kulit telur tinggal ditaburkan saja pada tanaman yang didiami koloni semut. Setelah itu, semut akan segera angkat kaki dan tidak akan kembali lagi.

Selain mampu mengusir semut yang mengganggu tanaman, bubuk kulit telur tersebut sekaligus menjadi pupuk organik bagi tanaman, karena di dalam kulit telur terkandung kalsium yang dapat merangsang pembentukan bulu akar pada tanaman, mengeraskan batang, dan merangsang pembentukan biji. Pemupukan dengan kulit telur pada tanaman tomat mampu meningkatnya jumlah dan bobot buah, serta dapat mencegah buah tomat dari keretakan.

Demikian tips ringan dan sederhana yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini.
Semoga bermanfaat.



 
Back To Top