WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Menanam Melon Di Pekarangan Rumah


Melon adalah tanaman yang tumbuh dengan cara menjalar tapi tidak merambat ke atas, sehingga kebanyakan penanamannya dilakukan di area persawahan atau di kebun yang luas. Namun, melon juga dapat di tanam di pekarangan rumah kok. Seperti yang sedang saya lakukan sekarang ini, dengan memanfaatkan sebidang tanah yang luasnya hanya 2x2 meter yang berada di sebelah kandang burung puyuh milik kakak saya. Dengan luas tanah yang hanya 4 meter persegi itu saya bisa menanam 20 pohon melon dengan polybag. Tidak terlalu banyak sih, tapi setidaknya kami dapat menikmati buah melon yang masih segar hasil memetik sendiri, dan juga gratis...

Menanam Melon Di Pekarangan Rumah

Cara yang saya gunakan dalam menanam melon sangatlah sederhana dan bisa anda lakukan juga untuk pekarangan rumah anda.

Pertama-tama, siapkan media tanam berupa tanah, pupuk kandang, dan sekam padi yang sudah dibakar menjadi arang dengan perbandingan 1:1:2.
Siapkan juga ;
Polybag ukuran 40x40 cm, Bambu, Tali rafiah, Bibit melon siap tanam.

Potong bambu dengan panjang 2 meter, lalu belah menjadi empat atau enam bagian, tergantung dari diameter bambu. Bilah bambu ini selanjutnya akan dijadikan anjir sebagai tempat pohon melon nanti dirambatkan, dan biarkan sebagian bambu yang lain dalam keadaan bulat. Untuk bambu yang tidak dibelah lebih baik menggunakan bambu dengan diameter kecil saja.

************************

Campurkan bahan-bahan berupa tanah, pupuk kandang, dan sekam padi hingga semua bahan-bahan tersebut tercampur rata. Pupuk kandang bisa diganti dengan pupuk kompos. Atau kalau ingin lebih praktis lagi dapat membeli media tanam yang sudah jadi dan siap untuk digunakan.
Isikan ke dalam polybag tapi jangan terlalu penuh. Beri jarak sekitar 3 cm dari bibir polybag.
Pindahkan atau masukkan bibit melon yang sudah berusia 10-14 hari, atau bibit melon yang sudah siap tanam. Pembibitan bisa dilakukan sendiri karena caranya sangat mudah. Caranya sama seperti membuat bibit pare. Benih melon dalam bentuk biji dalam kemasan dapat dibeli di toko-toko pertanian.
Setelah semua bibit melon ditanam, lalu susun polybag berjejer dengan jarak antar polybag 5-10 cm.
Tancapkan bilah bambu ke dalam polybag tepat di samping bibit melon ditanam hingga menyentuh dasar polybag tapi tidak sampai menembusnya.
Kemudian buat bentuk seperti gawang dari bambu yang tidak dibelah, lalu tancapkan di samping polybag yang berada paling ujung dalam satu barisan. Untuk lebih jelasnya saya ilustrasikan dengan gambar di bawah ini.

Menanam Melon Di Pekarangan Rumah

Pertumbuhan pohon melon cukup cepat, karena itu setiap pohon bertambah panjang, ikat dengan tali rafiah pada anjir/ bilah bambu supaya arah tumbuh pohon melon terus menuju ke atas.

Lakukan penyiraman dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Pemupukan berikutnya dapat diberikan setelah 14 hari, bisa menggunakan pupuk kandang/ kompos, atau pupuk buatan pabrik seperti NPK 16 16 16+. Untuk mengatasi hama pengganggu seperti ulat dan kumbang pemakan daun, bisa menggunakan pestisida alami dari daun pepaya atau bisa juga dengan daun bintoro.


 
Back To Top