WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Ayam Kampung Menjadi Rajin Bertelur


Pada umumnya ayam kampung hanya bertelur pada saat-saat tertentu saja, dan jumlahnya pun tidak begitu banyak. Namun ada cara supaya induk ayam kampung ini menjadi rajin bertelur setiap hari dengan jumlah yang tak seperti biasanya. Kalau normalnya induk ayam kampung hanya menghasilkan telur maksimal 12 butir telur saja, sekarang induk ayam kampung anda akan bertelur dengan jumlah lebih banyak dari itu.

Cara Membuat Ayam Kampung Menjadi Rajin Bertelur

Baiklah, langsung saja pada cara membuat ayam kampung menjadi rajin bertelur. Catat baik-baik ya...
  1. Siapkan induk ayam kampung (betina) yang sudah cukup umur, kira-kira usia 4-6 bulan dan siapkan juga ayam jantan usia kira-kira 8-10 bulan. Usahakan antara ayam jantan dan ayam betina tidak berasal dari induk yang sama.
  2. Peliharaan ayam dapat dilakukan di kandang, atau bisa juga diumbar di luar kandang.
  3. Berikan kedua ayam tersebut makanan berprotein tinggi setiap hari, contohnya daging siput atau keong sawah.
  4. Apabila ayam betina sudah menunjukkan tanda-tanda mau bertelur, segera buatkan sebuah kotak dari papan dan tambahkan juga jerami kering.
  5. Pada hari pertama induk ayam bertelur, biarkan saja telurnya tetap di sarangnya.
  6. Hari berikutnya, saat si ayam betina bertelur lagi, ambil satu telur yang kemarin.
  7. Hari ketiga, induk ayam akan bertelur lagi. Seperti hari sebelumnya, ambil satu telur yang keluar kemarin dan sisakan satu telur yang baru. Begitu seterusnya sampai induk ayam berhenti bertelur setelah kurang lebih 30 hari dengan kemampuan bertelur satu butir setiap hari. Telur telur yang dikumpulkan bisa dikonsumsi sendiri atau dijual ke depot jamu. Atau bisa juga ditetaskan menggunakan bantuan  mesin penetasan telur.

Jangan lupa untuk selalu memberikan pakan untuk ayam berupa makanan yang bergizi seperti jagung, agar kesehatan ayam dapat terjaga dengan baik, dan sediakan juga minuman yang dicampur dengan daun sirih. Daun sirih berguna untuk menekan jumlah bakteri dalam tubuh ayam dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada ayam. Selain daun sirih, juga dapat menggunakan daun binahong.

Semoga tips kali ini dapat membantu anda agar induk ayam kampung anda menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak.


 
Back To Top