WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Membuat Bibit Pare Sendiri


Pare mamang rasanya pahit. Tapi saya suka sekali dengan sayuran ini. Bahkan sebelum saya tahu manfaat pare yang lain, yang ternyata sangat baik untuk kesehatan. Karena itu, saya jadi semakin cinta dengan pare.

Agar dapat menikmati pare setiap saat, berarti saya harus menanamnya sendiri dengan memanfaatkan lahan yang ada. Dan yang pertama kali saya lakukan adalah membuat bibit pare terlebih dahulu. Dalam membuat bibit pare ini saya hanya berbekal pengetahuan seadanya yang saya dapatkan dari membaca di internet. Sampai sejauh ini percobaan yang saya lakukan berjalan dengan mulus. Bagi yang mau mencobanya juga di rumah, silahkan lanjutkan membaca.

Bibit pare yang saya buat berasal dari biji yang saya beli dari toko pertanian untuk mendapatkan kualitas bibit yang bagus. Satu bungkus berisi kurang lebih 70 biji pare yang sudah siap tanam. Harganya sekitar 20 ribuan saja. Jangan lupa periksa tanggal kadaluarsa yang ada pada kemasannya.

Membuat Bibit Pare Sendiri

Setelah biji pare sudah ada, siapkan juga media tanamnya. Di sini saya menggunakan tanah yang saya ambil dari bawah pohon bambu, dan kemudian saya campur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Tanah yang ada di sekitar pohon bambu biasanya lebih gembur dan lebih subur sehingga saya lebih memilihnya. Dan juga kebetulan banyak rumpun bambu yang tumbuh di sekitar tempat tinggal saya. Bagi yang tinggal di perkotaan, supaya lebih mudah bisa beli media tanam yang sudah jadi. Di tempat yang jual tanaman hias biasanya ada.

Media tanam berupa tanah + pupuk kandang lalu saya masukkan ke dalam kantong plastik ukuran 10 x 17 cm. Plastik ini sebenarnya untuk membungkus kerupuk wortel, tapi karena alasan pengiritan dan pemanfaatan barang yang sudah ada, akhirnya saya pakai juga sebagai tempat membuat bibit pare, hehe...

Membuat Bibit Pare Sendiri

Siram campuran tanah dan pupuk kandang di dalam plastik dengan air, kemudian benamkan biji pare dalam keadaan berdiri kurang lebih 1 cm ke dalam tanah. Usahakan tempat tumbuhnya akar berada di bawah. Siram satu kali sehari tiap sore saja. Perhatikan gambar di bawah ini.

Membuat Bibit Pare Sendiri

Setelah 6 hari, pare sudah mulai tumbuh. Dari 73 biji yang saya tanam, hanya sekitar 45 saja yang berhasil tumbuh.

Membuat Bibit Pare Sendiri

Berikut adalah gambar ketika bibit pare berusia 10 hari. Daun sudah mulai terbentuk.

Membuat Bibit Pare Sendiri

Dan setelah 14 hari, bibit pare sudah dapat dipindahkan untuk ditanam. Penanaman pare bisa menggunakan polybag yang lebih besar, atau ditanam langsung di kebun.

Membuat Bibit Pare Sendiri

Semoga bermanfaat....


 
Back To Top