WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat Dari Sayuran Pahit Bernama Pare Bagi Wanita


Pare atau Peria berasal dari wilayah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Pare (Momordica Charantina) masuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis termasuk juga di Indonesia. Tumbuhan merambat ini biasa dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran dan sering dijumpai sebagai pelengkap pada Siomay. Meskipun rasanya pahit, namun Pare cukup banyak yang suka. Pare juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Bahkan untuk wanita, sayuran yang berbentuk mirip mentimun ini mempunyai segudang manfaat. Berikut beberapa manfaat yang saya kutip dari bidanku.com.

Manfaat Dari Sayuran Pahit Bernama Pare Bagi Wanita

Menjauhkan Dari Diabetes
Dalam Pare, terkandung semacam zat antidiabetes yang dipercaya mampu menekan resiko terkena diabetes. Kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji Pare juga dapat mencegah terjadinya peningkatan gula darah setelah makan.

Menangkal Sel Kanker
Wanita sangat rentan terhadap beberapa kanker yang dapat mengancam kesehatannya. Diantara kanker yang sering mengintai setiap saat adalah kanker serviks yang merupakan pembunuh nomer satu disusul kemudian dengan kanker payudara yang ada diperingkat berikutnya. Pare memiliki kemampuan untuk menangkal sel kanker karena di dalamnya terkandung zat lesichin yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan
Masalah berat badan sangat diperhatikan oleh kaum hawa. Bertambah sedikit saja angka yang tertera di timbangan mampu membuat mereka panik, dan akhirnya dietpun diperketat. Padahal, salah melakukan diet justru berdampak buruk bagi kesehatan.
Pare bisa menjadi pilihan alternatif bagi anda (para wanita) yang sangat ingin menjaga berat badannya sesuai dengan yang diinginkan. Caranya adalah dengan mengkonsumsi jus Pare. Dalam secangkir pare terdapat 16 kalori yang mampu mengontrol nafsu makan dan membuat cepat kenyang. Sehingga menjauhkan anda dari kegemukan serta membuat berat badan menjadi ideal.

Membersihkan Darah
Selain mampu mengendalikan nafsu makan, mengkonsumsi jus Pare dua kali dalam sehari pada pagi dan malam hari juga dapat membersihkan darah. Karena dalam keadaan cair, zat yang terkandung di dalam buah Pare yang dapat membersihkan darah  dapat diserap dengan maksimal.

Memerangi HIV/AIDS
Kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang terdapat di dalam Pare ternyata mampu membatasi perkembangan virus HIV. Pernyataan ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan pada beberapa pasien yang mengidap AIDS yang diberikan ekstrak pare. Hasilnya menunjukkan kekebalan tubuh pada pasien tersebut meningkat.

Melancarkan Pencernaan
Pare banyak mengandung serat, Vitamin C, Kalium dan Karoten. Rasa pahit yang terdapat pada Pare ternyata sangat baik dalam membantu mengatasi masalah pencernaan.

Mengatasi Asma
Sebuah studi membuktikan dengan mengkonsumsi Pare ternyata mampu merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan turut aktif yang menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas yang akan membuat masukknya udara menjadi lancar. Karena itu Pare sangat baik dikonsumsi bagi penderita asma.

Kecantikan kulit
Vitamin C yang dihasilkan oleh Pare dapat membantu memelihara kecantikan kulit wanita. Dengan mengkonsumsi Pare, paparan sinar Ultraviolet dari Matahari yang dapat menimbulkan efek buruk pada kulit dapat dihalau, sehingga membuat kulit tetap sehat dan cantik.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, mengkonsumsi Pare juga dapat menurunkan demam, mengobati bisul, Disentri amuba, Wasir , Bronkhitis obat Malaria dan penyakit kuning.

Begitu besar manfaat dari tanaman berasa pahit ini. Mulai sekarang, tidak ada salahnya mencoba menyukai Pare :)


 
Back To Top