WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Fungsi dan Manfaat Cacing Tanah Bagi Manusia


Panjang, warnanya agak merah kecokelatan, kenyal dan agak basah, begitulah kira-kira gambaran dari seekor cacing tanah. Melihat bentuknya saja sudah cukup membuat orang geli, apalagi untuk menyentuh bahkan memegangnya. Karena itu, banyak orang yang jijik terhadap hewan melata yang tidak mempunyai tulang ini. Padahal, manfaat dari cacing cukup besar dan mempunyai peranan yang penting baik itu dibidang pertanian, kesehatan dan juga perekonomian.

Fungsi dan Manfaat Cacing Tanah Bagi Manusia

Fungsi dan Manfaat Cacing di Bidang Pertanian.
Manfaat yang paling banyak diketahui oleh masyarakat dari cacing tanah adalah peranannya dalam membantu menyuburkan tanah. Secara tidak langsung, cacing tanah sudah membantu petani mengolah lahan. Cacing tanah akan meninggalkan banyak lubang pada tanah yang telah dilaluinya, sehingga terjadi sirkulasi udara yang baik di dalam tanah yang menjadikan tanah menjadi gembur. Lubang-lubang yang dihasilkan juga membuat air meresap lebih banyak di dalam tanah yang menyebabkan air tertampung lebih banyak. Cacing akan memakan daun-daun kering dan juga tanah, serta bahan organik lain yang ditemuinya. Setelah melalui proses pencernaan, cacing akan mengeluarkan sisa berupa kotoran yang banyak mengandung unsur hara. Kotoran dan urine cacing yang dihasilkan merupakan pupuk alami yang menjadikan tanah menjadi subur. 

Fungsi dan Manfaat Cacing di Bidang Kesehatan.
Selain membuat tanah menjadi subur, ternyata cacing tanah juga dipercaya mampu mengobati suatu penyakit, diantaranya adalah penyakit Tifus. Ada 2 cara menggunakan cacing tanah sebagai obat Tifus.
Yang pertama dengan cara meminum air rebusan cacing.
Cara mengolahnya:

  • Siapkan 10 ekor cacing tanah
  • Keluarkan isi perutnya lalu cuci untuk membersihkan kotorannya
  • Rebus ke dalam 500cc air bersih sampai tersisa 1/2 nya
  • Minum air rebusan 3x1 hari. Untuk menghilangkan bau amisnya bisa ditambahkan dengan madu.

Yang kedua dengan mengubah cacing menjadi kapsul.
Cara mengolahnya:

  • Ambil 100gr Cacing tanah
  • Buang isi perutnya kemudian cuci hingga bersih
  • Jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering (bisa disangrai kalau musim hujan)
  • Hancurkan cacing yang sudah kering dengan cara ditumbuk atau bisa juga dengan memakai blender, lalu diayak. Serbuk yang tertinggal kemudian dihaluskan lagi.
  • Masukkan serbuk yang sudah halus ke dalam selongsong kapsul.
Tidak semua jenis dari cacing tanah dapat dijadikan obat, hanya spesies tertentu saja yang sebaiknya digunakan. Sebagai contoh adalah Cacing Tanah Kalung, disebut cacing tanah kalung karena cacing ini mempunyai garis melingkar di dekat kepalnya sehingga menyerupai cacing yang sedang memakai kalung. Juga cacing tanah dari spesies Lumbricus rubellus atau juga dikenal dengan nama Red Worm. Cacing ini berasal dari negara tetangga yaitu Thailand, dan sekarang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Fungsi dan Manfaat Cacing di Bidang Perekonomian.
Permintaan pasar akan cacing yang cukup tinggi membuat sebagian orang menjadikannya sebagai peluang usaha. Kebutuhan cacing tanah bukan sekedar untuk obat tradisional saja, tapi juga merambah dalam bidang kosmetik atau kecantikan. Tidak ketinggalan para hobiis burung berkicau, menggunakan cacing sebagai penambah nutrisi bagi burung piaraannya. Selain itu, cacing juga dipilih sebagai umpan untuk memancing.
Banyak orang telah membudidayakan cacing tanah sehingga perekonomian mereka semakin membaik. Karena selain menjual produk utama berupa cacing, mereka juga menjual pupuk organik dari kotoran cacing yang telah dikeringkan atau lebih dikenal dengan sebutan Kascing.


 
Back To Top