WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Printer 3D Super Canggih Yang Dapat Membangun Rumah Dalam Waktu Singkat


Perkembangan teknologi sekarang ini melaju dengan sangat cepat. Mereka para ilmuwan dan peneliti tengah berlomba menemukan inovasi-inovasi terbaru untuk membantu pekerjaan manusia diberbagai sektor agar lebih mudah dilakukan. Termasuk di dalamnya adalah masalah membangun sebuah rumah. Pada masa yang akan datang, membangun rumah semudah mencetak gambar di atas kertas. Ya, karena semua bisa dilakukan dengan bantuan sebuah printer raksasa 3D yang super canggih, yang sanggup membuat bangunan dalam waktu beberapa jam saja.

Di Cina, sebuah perusahaan bernama WinSun telah berhasil mencetak 10 bangunan rumah hanya dalam waktu 24 jam saja. Menggunakan printer 3D berukuran 10x6,6 meter yang dapat menyemprotkan lapis demi lapis bahan campuran semen dan limbah bangunan sampai berdiri sebuah rumah yang diinginkan. Begitu yang saya baca di situs berita bbc.co.uk

Printer 3D Super Canggih Yang Dapat Membangun Rumah Dalam Waktu Singkat

Sedangkan di Amsterdam, para arsitek Belanda menggunakan bahan campuran bio plastik yang mengandung 75% minyak nabati dan diperkuat dengan mikrofiber yang dapat didaur ulang, sehingga mampu menekan biaya pengeluaran, dan yang terpenting adalah ramah lingkungan, karena membangun rumah menggunakan printer 3D ini  tidak meninggalkan limbah.
Sumber : theguardian.com.

Printer 3D Super Canggih Yang Dapat Membangun Rumah Dalam Waktu Singkat
Sumber gambar
Lain lagi di Italia. Sebuah perusahaan bernama WASP (World’s Advanced Saving Project), telah mengembangkan printer 3D untuk membangun rumah dengan material lumpur. Massimo Moreti (Direktur WASP) terinspirasi oleh lebah yang membuat sarangnya dengan bahan lumpur, sehingga muncul ide untuk menciptakan printer 3D ini.

Printer 3D Super Canggih Yang Dapat Membangun Rumah Dalam Waktu Singkat

Printer 3D Super Canggih Yang Dapat Membangun Rumah Dalam Waktu Singkat
Sumber gambar: Youtube
Tahun ini, WASP berencana membuat rumah berukuran sesungguhnya di Sardinia, dengan menggunakan lumpur dan serat wool sebagai bahan pengikatnya.
Sumber: threehugger.com.

Itulah kilasan mengenai printer 3D yang sekarang sudah dapat digunakan untuk membangun sebuah rumah sungguhan. Untuk mengetahui info lebih jelasnya, silahkan menuju ke halaman sumbernya langsung.


5 komentar

Memang syuper canggih deh :D

keren sekali, indonesia kapan y?

Njirrr teknologi sekarang memang sudah sangat canggih sekali sampai ada printer 3d yang bisa membangun rumah :3

muantab....memang teknologi jaman sekarang sudah berkembang jauh...sampai mau membangun rumah bisa pake printer...walau dalam bentuk 3d tapi menarik juga gan. ok makasih infonya

Penasaran sama bentuk printernya min, di artikel di atas gambarnya output dari printernya, kalo printer 3D nya bentuknya gimana min?
Terimakasih

Komentar Anda :

 
Back To Top