WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Mengusir Tikus Menggunakan Buah Bintaro


Meskipun namanya buah bintaro, tapi buah ini bukanlah berasal dari sebuah kelurahan di Jakarta Selatan sana. Buah bintaro atau Cerbera manghas merupakan tanaman yang banyak dijumpai di daerah pesisir pantai yang dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh. Karena itu buah bintaro disebut juga dengan Mangga laut, karena jika diperhatikan buahnya mirip seperti buah mangga.

Ciri fisik dari pohon bintaro adalah mempunyai daun berbentuk bulat lonjong, kaku dan cenderung berwarna hijau tua. Buahnya berbentuk bulat telur dengan warna hijau saat masih muda, dan berwarna cokelat kemerahan ketika sudah tua (matang). Ukuran buahnya tidak terlalu besar, hanya sekitar 10 - 15 cm. Walau terlihat mulus dari luar, buah bintaro tidak mempunyai daging buah. Setelah kulit terluar kita akan menjumpai lapisan berikutnya yang berupa serat mirip seperti sabut kelapa dan kemudian biji. Untuk rasanya jangan ditanya dan jangan pernah mencoba, karena tanaman ini mengandung racun. Bukan hanya di dalam buahnya, tapi juga terdapat pada daun dan getahnya.

Cara Mengusir Tikus Menggunakan Buah Bintaro

Racun yang terdapat pada buah bintaro cukup kuat karena dapat mengakibatkan terganggunya detak jantung manusia sehingga dapat menyebabkan kematian. Saking kuatnya racun yang terdapat pada buah bintaro, bahkan tikuspun takut untuk mendekati buah ini.

Tikus adalah binatang pengerat yang sangat rakus. Mereka makan apa saja yang ditemuinya. Bahkan kabel, sabun mandi, lem kertas dan sendal tak luput dari daftar menu mereka. Memasang perangkap tikus tidak mengurangi jumlah mereka secara signifikan. Akan tetapi, tikus dijamin akan lari tunggang langgang dan tidak akan kembali lagi apabila bertemu dengan buah bintaro. Bagaimana cara mengusir tikus dengan buah bintaro? Mari kita simak bersama-sama.

Cara I
Menggunakan buah bintaro untuk menakut-nakuti tikus dan mengusir mereka sangatlah mudah dilakukan, karena memang dalam penerapannya tidak memerlukan perlakuan khusus pada buah beracun ini. Cukup letakkan buah bintaro yang masih muda dan baru dipetik di sudut ruangan atau tempat yang biasa didatangi tikus. Selama buah bintaro belum layu, tikus tidak akan berani menginjakkan kaki kotornya di sekitar area itu.

Cara II
Jika dengan mengusir saja belum puas, kita bisa membasmi mereka dengan racun yang terkandung di dalam buah bintaro. Caranya, belah buah bintaro menjadi empat bagian kemudian keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, bakar buah bintaro di tempat yang dicurigai sebagai tempat persembunyian tikus. Tapi jangan lupa untuk memakai masker pelindung karena asap dari hasil pembakaran dapat menyebabkan keracunan. Hanya saja cara ini beresiko apabila tikus mati di tempat yang sulit dijangkau, apabila di dalam rumah pasti akan menimbulkan bau yang tidak sedap.


Komentar Anda :

 
Back To Top