WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Kerupuk Wortel Sendiri


Bagi sebagian orang, kerupuk merupakan makanan pendamping yang wajib ada ketika mereka sedang menikmati makanan. Apalagi kalau makan nasi goreng, belum lengkap rasanya kalau tidak ditemani oleh yang namanya kerupuk. Tapi harus hati-hati juga saat memilih kerupuk yang tersedia. Jangan asal main sikat saja, karena bisa jadi kerupuk yang akan kita konsumsi itu mengandung zat dan bahan berbahaya yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Contohnya adalah bleng atau boraks. Dahulu, bahan tersebut selalu digunakan dalam pembuatan kerupuk untuk membantu mengenyalkan adonan, mengembangkan dan membuat kerupuk menjadi sangat renyah. Namun, efeknya sangat tidak baik untik tubuh kita. Karena itu penggunaan bleng atau boraks sekarang tidak diperbolehkan lagi, khususnya dalam pembuatan makanan. Jika ingin memastikan apakah makanan yang akan kita makan mengandung boraks atau tidak, kita bisa membuat alat detektor boraks sederhana sendiri.

Dari sini saya berpikiran untuk membuat kerupuk sendiri, kerupuk yang tidak menggunakan boraks dan bahan berbahaya lainnya, karena saya dan keluarga termasuk orang yang gemar makan ditemani kerupuk, termasuk juga anak saya.

Akhirnya saya menemukan sebuah resep yang cukup menarik perhatian saya, yaitu resep membuat kerupuk dari wortel. Kelihatannya unik karena bahan dasarnya dari sayuran. Setelah saya coba ternyata 100% berhasil.


Bagi anda yang ingin membuatnya juga di rumah, silahkan catat resep berikut ini, dan ikuti cara membuat kerupuk wortelnya baik-baik agar tidak mengalami kegagalan.

Bahan dan bumbu:
500 gr Wortel
1 kg Tepung tapioka
250 gr Tepung beras
10 siung Bawang putih
3 sdm Garam (Secukupnya)
1 sdm Ketumbar (haluskan)
2 sdm Gula Pasir
0,5 ltr Air bersih

Cara membuat kerupuk wortel :
Wortel yang sudah dikupas kemudian dipotong kecil-kecil lalu haluskan bersama bawang putih, garam, gula pasir, ketumbar, tambahkan air.
Setelah itu, masukkan bahan yang telah dihaluskan di atas ke dalam panci, lalu tambahkan tepung beras ke dalamnya. Aduk hingga rata.
Masak dengan api sedang hingga kadar air berkurang, dan teksturnya menyerupai bubur.
Siapkan tepung tapioka di dalam wadah. Bisa menggunakan baskom.
Angkat panci dari kompor, lalu masukkan bubur ke dalam wadah yang sudah ada tepung tapioka di dalamnya, aduk selagi bubur masih panas sampai mendapati adonan yang dapat dibentuk atau adonan yang kalis.
Ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bulat panjang (seperti lontong). Ukuran dan bentuk terserah menurut selera.

Cara Membuat Kerupuk Wortel Sendiri

Didihkan air untuk merebus adonan yang sudah dibentuk. Setelah air mendidih, tambahkan sedikit minyak sayur. Masukkan adonan ke dalam air yang sudah mendidih hingga adonan benar-benar matang. Tanda adonan sudah matang adalah ketika adonan mengapung di permukaan air. Tunggu beberapa saat sebelum diangkat untuk memastikan adonan matang sempurna sampai ke bagian tengah.
Minyak tidak bisa menyatu dengan air, tapi minyak akan melapisi adonan yang dapat mencegah mereka saling menempel.
Setelah dirasa cukup, angkat lalu tiriskan.

Cara Membuat Kerupuk Wortel Sendiri

Setelah adonan dingin dan uapnya sudah hilang, bisa ditaruh ke dalam kulkas kurang lebih satu hari untuk membuat teksturnya menjadi padat sehingga mudah untuk dipotong. Kalau tidak ada kulkas, bisa diangin-anginkan atau jemur sebentar di bawah terik matahari.

Setelah lontong mengeras, potong tipis-tipis kemudian jemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Lama penjemuran tergantung dengan banyaknya sinar matahari. Kalau cuaca sedang panas mungkin penjemuran hanya membutuhkan waktu satu hari saja.

Cara Membuat Kerupuk Wortel Sendiri

Yang terakhir adalah menggoreng kerupuk. Untuk mendapatkan kerupuk wortel yang mekar dan renyah, kita bisa menggunakan cara dua kali penggorengan. Yaitu menggunakan minyak tidak terlalu panas sebentar, kemudian baru dimasukkan ke dalam minyak yang panas.


Nah, setelah melaui proses yang lumayan panjang, akhirnya kerupuk wortel siap untuk dinikmati bersama keluarga. Karena membuat sendiri, tentu kualitas kerupuk dapat terjaga dengan baik.

Resep membuat kerupuk wortel ini saya dapatkan dari dapuralba15.com, dan telah saya buktikan sendiri.
Apakah anda berminat untuk membuktikannya juga ?


 
Back To Top