WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop


Sebuah foto akan terlihat menarik kalau foto itu dikasih bingkai atau frame. Sudah banyak aplikasi yang menyediakan banyak pilihan frame untuk digunakan, baik itu dilakukan di PC atau lewat smartphone. Tapi, jika kamu ingin membuat frame sendiri untuk membingkai foto kenangan kamu juga tidak ada salahnya. Yang pasti, frame yang kamu buat jadi terlihat unik dan cuma kamu sendiri yang memiliki.

Bagi kamu yang ingin belajar membuat frame sendiri, silahkan simak cara membuat frame menggunakan photoshop berikut ini. Caranya sangatlah mudah, karena kali ini kita akan membuat frame dari gambar yang sudah ada. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita mulai membuatnya.

Pertama buka Adope Photoshop-nya, kemudian buka sebuah gambar yang akan dijadikan frame File > Open. Silahkan kamu tentukan sendiri gambar yang diinginkan. Sebagai contoh saya menggunakan gambar daun yang saya ambil dari hasil pencarian gambar di google.

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Setelah gambar terbuka, lalu jadikan gambar yang tadinya merupakan Background menjadi sebuah Layer dengan cara klik pada menu bar Layer > New > Layer From Background... lalu namai layer tersebut sesuka kamu, atau biarkan saja secara default dengan nama Layer 0. Setelah background diubah menjadi layer, kemudian copy layer tersebut (Layer 0) dengan meng-klik tombol Ctrl+J pada keyboard, sehingga akan muncul layer baru yaitu Layer 0 copy.

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Aktifkan Layer 0 sembunyikan Layer 0 copy dengan cara menghilangkan tanda mata yang ada di sebelah kiri layer. Kemudian tekan 'M' pada keyboard untuk mengaktifkan Rectangular Marquee Tool yang terdapat pada Toolbox (ditunjukkan dengan no.2), lalu drag di dalam area gambar. Perhatikan gambar di bawah ini.

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Jika sudah dirasa pas pada posisi yang diinginkan, lalu tekan tombol 'Delete' untuk menghapus area pada gambar yang diseleksi. Dan hasilnya akan terlihat seperti ini.

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Setelah itu, aktifkan Layer 0 copy dan munculkan juga tanda mata untuk membuat layer jadi terlihat.
Pilih Pen Tool pada Toolbox atau bisa juga dengan menekan tombol 'P' pada keyboard. Pastikan yang aktif adalah Paths (ditunjukkan oleh panah no.2). Lanjutkan dengan membuat garis dari satu sisi mengikuti tepian daun dan kembali pada titik awal garis dibuat. Di sini saya mulai dari kanan ke kiri, lalu ke bawah, ke kanan, dan ke atas kembali pada titik dimana garis mulai dibuat.

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Setelah garis selesai dibuat, kemudian klik kanan mouse di area garis tadi lalu pilih Make Selection...

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Kemudian akan muncul kotak dialog, pada kolom Feather Radius isi 2 pixels. Klik OK.

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Dan garis yang dibuat tadi akan menjadi sebuah seleksi. Lalu tekan tombol 'Delete' pada keyboard dan hasilnya jadi seperti ini.

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Sampai pada tahap ini terdapat dua layer yang saling menumpuk. Untuk menggabungkan layer menjadi satu tekan Ctrl+Shift+E pada keyboard.
Sekarang hanya ada satu layer berupa frame yang nanti bisa disisipi dengan foto koleksi kamu. Tapi sebelum itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit efek bayangan pada frame dengan cara klik pada menu bar, Layer > Layer Style > Drop Shadow... kemudian atur Angle menjadi 120 atau terserah kamu mau atur pada angka berapa. Begitu juga dengan setelan lainnya seperti warna bayangan, size, spread, dll.


Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop


Jika sudah lalu klik OK dan kira-kira beginilah hasil akhir dari frame yang kita buat.

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Selamat, kamu sudah bisa membuat frame sendiri dengan photoshop. Sekarang coba sisipkan foto atau gambar yang ingin kamu beri bingkai. Caranya pasti sudah tahu dong..... Tinggal klik Open kemudian pilih gambar atau foto yang ingin dibingkai, setelah itu drag ke dalam frame. Apabila gambar lebih kecil daripada framenya, sesuaikan dulu dengan menekan tombol Ctrl+T, lalu atur lebarnya. Jangan lupa, saat nge-drag gambar atau fotonya sambil menekan tombol Shift, biar gambar atau foto bentuknya tetap presisi.

Di bawah ini saya sertakan contoh frame yang sudah saya sisipkan di dalamnya sebuah gambar.

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Dan yang perlu diingat adalah penempatan frame harus selau berada paling atas. Jangan sampai lupakan hal sepele seperti ini :)

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Tuntas sudah perjumpaan kita kali ini, semoga tutorial yang sangat sangat sederhana ini dapat menginspirasi kamu untuk membuat frame yang lebih keren lagi. Saya yakin kamu pasti bisa :)

Bagi kamu yang ingin mengunduh file membuat frame sebagai latihan, bisa langsung dengan meng-klik link berikut ini. File Mentah (4,76 MB) atau Frame File (Frame yang sudah jadi, 5,51 MB).

Membuat Frame Sendiri Dengan Photoshop

Sampai jumpa lagi............


Komentar Anda :

 
Back To Top