WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Kotak Untuk Kelinci Melahirkan


Di alam bebas, kelinci membuat sarang di dalam tanah dengan cara menggali hingga kedalaman beberapa meter sebagai tempat tinggal sekaligus tempat perlindungan dari para predatornya. Di dalam lubang itu juga mereka melahirkan. Di dalam kandang, kelinci harus dibuatkan semacam kotak sebagai tempat untuk induk kelinci melahirkan nanti. Kotak dibuat agar induk kelinci merasa nyaman yang akan menghindarkannya dari ancaman stres. Karena jika induk kelinci sampai stres, mereka tidak segan untuk memakan anak-anaknya sendiri.

Mungkin anda tertarik untuk membaca tips mengawinkan kelinci 100% bunting.

Ukuran kotak untuk kelinci melahirkan disesuaikan menurut jenis dari kelinci yang kita pelihara. Contoh di bawah ini untuk jenis keinci kecil seperti Rex dan Netherland Dwarf.

Kotak Untuk Kelinci Melahirkan

Kotak untuk melahirkan dapat kita buat menggunakan bahan papan kayu. Lubang pada kotak dibuat di bagian atas. Jarak lubang dari lantai dasar kurang lebih 15 cm. Lubang dibuat seperti itu bertujuan agar anak-anak kelinci tidak keluar sebelum mereka siap untuk keluar dari sarang.

Sebelum melahirkan biasanya induk kelinci akan mencabuti bulu yang ada di tubuhnya, kemudian meletakkannya di dalam kotak sebagai persiapan untuk menghangatkan anak-anaknya nanti. Kita juga bisa membantu induk kelinci dengan meletakkan rumput kering di dalam kotak sebelum induk kelinci melakukan pencabutan bulu pada dirinya.

Kotak untuk kelinci melahirkan ini dapat di letakkan di dalam kandang kelinci seperti yang pernah saya bagikan pada beberapa waktu yang lalu. Silahkan menuju artikel saya sebelumnya dengan judul membuat kandang kelinci sistem battery kreasi sendiri.

Saya sudahi sampai di sini saja postingan hari ini. Bila ada kesempatan, saya akan berbagi dengan informasi yang lain.

Semoga bermanfaat;


 
Back To Top