WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara membuat Pupuk Cair Sederhana Dari Pohon Pisang


Pupuk dan tanaman merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Seperti halnya makanan bagi tubuh kita, tanaman juga memerlukan pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tanpa pupuk mungkin tanaman dapat tumbuh. Namun, tidak akan seperti yang kita harapkan. Tanaman akan terlihat kurang sehat, berdaun kecil, terlihat layu dan akhirnya akan mati. Apalagi kalau tanaman itu ditanam di dalam pot, pemberian pupuk sangat perlu untuk dilakukan.

Untuk mendapatkan pupuk, kita tidak harus membelinya karena kita dapat membuatnya sendiri. Banyak sekali bahan yang ada di sekitar kita yang dapat diolah menjadi pupuk untuk menyuburkan tanaman. Misalnya menggunakan sampah daun, kotoran ternak, dan bahan sisa dari dapur.

Menurut jenisnya pupuk dibedakan menjadi dua, yaitu pupuk padat dan pupuk cair. Nah, kali ini saya akan berbagi kepada anda cara membuat pupuk cair sendiri dari pohon pisang. Prosesnya sederhana dan mudah untuk diikuti. Baiklah, langsung saja ya .... :)

Cara membuat Pupuk Cair Sederhana Dari Gedebog Pisang

Siapkan bahan-bahan berupa :

1 Kg Pohon Pisang (Gedebog)
150 gram Gula jawa
1 ltr Air (usahakan tidak menggunakan air PAM)

Alat :

Pisau atau Gunting
Wadah untuk tampungan (dapat menggunakan ember cat bekas atau toples plastik)
Plastik lembaran sebagai penutup ember
Tali rafia atau karet secukupnya

Cara membuat :

Potong-potong pohon pisang (gedebog) menjadi kotak-kotak kecil.
Larutkan gula jawa dengan air, kemudian masukkan ke dalam wadah bersama potongan tadi.
Tutup wadah dengan plastik bening dan ikat dengan tali rafia atau karet.
Diamkan selama 2 minggu untuk proses fermentasi.
Setelah dua minggu, buka plastik penutup, peras untuk mengambil airnya, dan pupuk cair dari pohon pisang siap untuk digunakan.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara membuat pupuk cairnya?
Demikian artikel singkat mengenai cara membuat pupuk cair sederhana dari pohon pisang ini saya persembahkan khusus untuk anda semua.
Bahan yang merupakan sampah, jadi bermanfaat kembali sebagai pupuk tanaman. Dengan pemberian pupuk yang cukup, tanaman akan tumbuh subur sehingga dapat berkembang dengan baik, berbunga dan memberikan buah untuk kita nikmati. Selain itu, udara juga menjadi bersih dan menyegarkan.

Selamat mencoba.

Special Thank's to FamiLa Bikhiin.


 
Back To Top