WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur


Untuk memulai usaha beternak burung puyuh, yang pertama kali harus disiapkan salah satunya adalah pengadaan kandang untuk menampung burung-burung puyuh tersebut. Ketika burung puyuh betina sudah mencapai usia kurang lebih 21 hari atau lebih, maka sebaiknya mereka dipisahkan dan ditempatkan pada kandang khusus sehingga burung-burung puyuh tidak berbaur dalam kelompok yang terlalu padat. Burung puyuh akan dipisahkan menjadi beberapa kelompok di dalam sebuah kandang untuk memudahkan dalam pemberian makan, minum, dan memanen telurnya. Selain itu dapat memudahkan peternak dalam mengontrol keadaan burung-burung tersebut. Setiap kandang dapat diisi oleh 50 ekor burung puyuh petelur.
Gambar bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya dengan judul: Kandang Untuk Burung Puyuh Betina.

Berikut adalah perkiraan biaya untuk membuat satu buah kandang puyuh petelur. Karena harga bahan baku di tiap wilayah akan berbeda, dan harga tiap tahun pasti akan mengalami perubahan, maka rincian ini sifatnya adalah hanya sebagai gambaran saja.

Untuk membuat satu buah kandang di butuhkan:

Nama Bahan Jumlah Harga
Kayu Reng (3x4 cm)
5 x 4 meter
Rp. 25.000
Kawat Ram
1,5 meter
Rp. 24.000
Paku Reng & Paku Tripleks
2 ons
Rp. 4.000
Bambu
2 meter
Rp. 4.000
Karung (Untuk atap kandang)
2 buah
Rp. 6.000
Tripleks (Untuk tempat pakan)
-
-

Kalau dijumlahkan total anggaran yang dibutuhkan adalah Rp. 63.000. Itu kalau tripleksnya tidak beli, dan juga belum termasuk ongkos tenaga. Belum lagi kalau kandang pesen dari luar kota, sudah pasti akan tambah lagi dengan biaya pengiriman.

Demikian perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu buah kandang untuk burung puyuh petelur. Jadi, dengan rincian biaya di atas anda sudah dapat mengetahui berapa anggaran yang harus anda siapkan untuk pengadaan kandang.

Apabila anda berniat membuat kandang burung puyuh petelur sendiri, di sini akan saya sampaikan cara pembuatannya secara singkat.

Berikut cara membuat kandang burung puyuh petelur secara singkat.

Potong-potong reng kayu menjadi beberapa bagian dengan ukuran;

  1. 16 cm -> 3 buah,
  2. 40 cm -> 4 buah
  3. 60 cm -> 2 buah
  4. 62 cm -> 4 buah
  5. 78 cm -> 2 buah
  6. 120 cm -> 5 buah
  7. 13,2 cm -> 1 buah
Setelah kayu reng terpotong semua, rangka menggunakan paku reng (paku dengan ukuran panjang 5 cm) . Sisakan 1 buah kayu reng berukuran 120 cm dan 2 buah kayu reng berukuran 16 cm, sehingga membentuk kerangka kandang seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini. Nomor yang tercantum pada gambar mewakili ukuran yang saya sebutkan di atas.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Setelah kerangka jadi, selanjutnya potong kawat ram dengan lebar mengikuti lebar alas pada kandang. Dan seperti ini kira-kira jadinya.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Pasang kawat ram tadi menjadi alas kandang. Paku tepi kawat ram supaya tidak kendur menggunakan paku tripleks. Mulai dari salah satu sisi, kemudian lanjutkan pada sisi yang lain dengan sedikit ditarik agar kuat. Lanjutkan pada sisi bagian belakang dan bagian depan. Nantinya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Kemudian pasang sisa kayu reng yang belum terpasang tadi yang berfungsi sebagai tempat keluar telur dan sekalian tempat pintu kandang. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak gambar berikut ini.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Untuk merapikan alas kandang, pada bagian tepi kawat ram, bisa anda beri bilah bambu. Selain membuat rapi, bilah bambu ini juga berfungsi menambah kekuatan kawat ram sehingga tidak mudah kendur karena terinjak-injak burung puyuh.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Selanjutnya tutup bagian belakang kandang dengan kawat ram dan beri juga bilah bambu bila perlu.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Begitu juga pada bagian depan kandang. Tapi pada bagian depan beri lubang dengan ukuran lebar 22 cm dan tinggi 4 cm. Lubang ini akan menjadi tempat minum burung puyuh petelur.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Lanjutkan dengan membuat pintu. Dalam membuat pintu kali ini saya tidak menggunakan engsel, sistemnya hanya menyelipkan sebuah tripleks yang merupakan daun pintu di antara bi;ah bambu yang ditumpuk sehingga menyisakan rongga tempat triplek(daun pintu diselipkan). Perhatikan gambar di bawah ini.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Setelah bagian depan sudah selesai, sekarang giliran membuat tempat untuk menaruh pakan yang berada di samping kanan dan kiri kandang, dengan menggunakan tripleks dan papan. Perhatikan gambar di bawah ini. Tempat kandang nantinya berbentuk seperti ini. Pada salah satu sisi dibuat lebih panjang. Tujuannya untuk memudahkan menempelkan pada kandang menggunakan paku.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Pasang tempat pakan tersebut kemudian tutup bagian yang berlubang pada bagian samping kandang dengan kawat ram. Beri jarak kurang lebih 3 cm dari tempat pakan untuk tempat keluarnya kepala burung puyuh saat mau makan.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Yang terakhir pasang atap. Caranya hampir sama seperti memasang alas pada kandang, dengan menggunakan paku tripleks dan kemudian tutup tepiannya menggunakan bilah bambu.

Perkiraan Biaya Pembuatan Satu Buah Kandang Puyuh Petelur

Demikianlah sekilas tentang perkiraan biaya pembuatan satu buah kandang puyuh petelur dan cara pembuatannya. Untuk model kandang sendiri sebenarnya banyak bentuknya, namun di sini saya share bentuk kandang yang pernah kami buat dan gunakan.

Semoga bermanfaat.


76 komentar

Temen saya sekarang sukses berkat usaha menjual telor puyuh.

mw buat kandang tapi puyuhnya blm ada ...hehehe

ternyata lumayan mahal juga ya kang untuk berwirausaha ternak burung puyuh ini, harus siapin modal dulu ;)

Usaha yang menjanjika ini :)
banyak orang yang sudah sukses

saya suka telurnya..
klo ada lahan boleh juga dikembangin neh

saya baru punya telornya doang :D

wah mantep banget kang, penjelasannya lengkap yang disertai gambar pembuatan kandangnya...cocok banget nie buat yang minat usaha ternak burung puyuh, dan sudah banyak juga lho yang sukses dari usaha ini :)

Lengkap sekali perkiraan Kang Ucup membuat kandang Puyuh Petelur ini. saya bisa niru kapan waktu saya memerlukanya makasih ya Kang atas perkiraanya :-bd

Kakak saya juga peternah Puyuh petelur dan usahany maju tuh,, saya sering bantu buat kandangnya..makasih Kan ucup atas post nya :)

lengkap dan sangat detai sekali Kang penjelasannya, dengan bermodalkan 63000 bisa menghasilkan 50xlipat ni kang dari usaha telur puyuh ini.

Niat banget kasih tipsnya, saya itu itung dulu kang. saya sempat mendengar bisnis semut rang rang apa itu prospectnya bagus kang maaf OOT

Kang Ucup emang bener-bener kreatif, kalo save gambarnya boleh nggak yah? Hhehehe

boleh mas, kalau berminat nanti saya kasih yang ukuran besar. atau yang dalam bentuk .skp juga boleh :)

prospek banget mas. asal dilakukan dengan sungguh-sungguh. karena mencari kroto di alam bebas sekarang ini semakin sulit dan harganya juga makin mahal.

ibarat beli rumah bisa ditempati oleh 3-4 generasi mas :)

iya mas sama-sama. tapi kira-kira apa mas Saud ada waktu :)

mantap kang ucup.. dan terima kasih telah berbagi tentang artikel Kandang Untuk Burung Puyuh

semoga ya mas, supaya perekonomian rakyat bisa membaik :)

Mantap kang, ini perlu modal sedikit namun bisa menghasilka aset yang banyak nih... sharing bisnis bagus. :D

modal gak banyak tapi untuk kayaknya lumayan....boleh dicoba nih....makasih gan

rinciannya sangat jelas dan gamblang kang.
setiap yg membaca pasti akan faham apalagi yg mempunyai bisnis puyuh pasti akan sangat bermanfaat

iyatuh
lawong manggung mulu kerjaannya

Pingin buat gambar yg kayak di postingannya itu, gimana ya mas :)

oh...itu saya pake Google SketchUp mbak

harapannya seperti itu mas, terutama bagi mereka yang ingin memulai usaha burung puyuh

kalau untuk modal awal memang lumayan mbak, tapi nanti kalau sudah jalan tinggal menikmati hasilnya :)

semoga makin banyak lagi orang yang akan sukses karena usaha ternak puyuh ya mas :)

bisa-bisa, jadi tiap hari bisa makan telur gratis :)

oke mbah, sama-sama. tapi hati-hati, nanti nge-blognya jadi terganggau. seperti saya ini mbah

begitulah mas. pengelolaan dan penjualan hasil prduknya juga tergolong mudah

iya mas, semoga dapat sedikit membantu mereka yang sedang mencari informasi tentang pembuatan kandang puyuh petelur

kalau mas yanto mau juga boleh kok mas :D

ini yang di sebut usaha modal sekecil-kecilnya mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, prinsip ekonomi tingkat mahasiswa tingkat skripsi banget ternyata sudah di terapkan dalam pembuatan kandang puyuh petelur, sementara telur puyuh kan brojoknya setiap malam dan pada pagi harinya dapat dikumpulkan dan menjelang siang berubah jadi rupiah....bapakku almarhum pernah punya beberapa kandang puyuh, seru banget setiap pagi kita anak beranak berebutan ngumpulin telor puyuh siapa yang dapet dialah yang dapet duitnya...lumayan buat jajan.

say ngga tahan pengen peluk kang Saud disini ah

jangan lupa kecupannya Kang :D

komentarnya tingkat suhu nih :)
ternyata Kang Lembu sudah lebih dulu kenal dengan dunia puyuh, bagi pengalamannya dong Kang :hehe

biar burung puyuhnya betah mas :)

Maap inih Kang U.. tadinya mau komentari bagaiman perkiraan biaya pembuatan satu buah kandang puyuh.. eee.. malah lebih tertarik dengan penjelasan pembuatan melalui gambar yang Kang U.. buat,. begitu kreatif dan imajinatif Kang U..!,. itu dibuatnya pake apa ya..?.. yang pastinya tidak dibuat dari kayu reng dan paku reng kan? hehehe

jadi ingat juga dgn cerita sahabat saya.. kalo malam senangnya cari burung puyuh.. yaa sekadar hobi saja katanya.. padahal pernah hampir mati loh Kang U.. dipatok ular hitam, pengaruh bisa ular..yg sahabat liat .. orang2 seperti setan semua.. mana suara kalo org bicara seperti robot..hehehe..:) ..

tp sahabat sy inih nda ada kapok2nya..!
katanya malah tambah seru cari burung puyuhnya..!:)

komentar yang mana saja boleh mas Aldi,
untuk membuat gambar saya pake Google SketchUp mas.
Kalau burung puyuh liar di tempat saya namanya gemak mas, bentuknya lebih kecil dibanding dengan burung puyuh. tapi dagingnya lebih gurih ya mas, karena makannya berasal dari alam.
tapi kalau resiko mencari puyuh liar digigit ular hitam, mending coba diternak saja mas. lebih aman

ini cocok buat pebisnis yang cuma punya modal kecil ya mas, dan pembuatan kandangnya relatif murah mas, terima kasih atas infonya mas, semoga sukses dengan usahanya hhee :D

Apa kabar Kang Ucup?? Saya harap sehat selalu. Pembuatan kandangnya cukup sederhana ya Kang Ucup??

bagaimana dengan pemasarannya menurut pengalaman mas, apa dijual sendiri langsung atau ke pengepul ya

mas yanto mau puyuhnya aja bagaimana mas hehe...

dulu pernah punya kandang dan burung puyuhnya tapi lama2 mati semua krena penyakit kandangnya sekarang udh nggak difungsikan lagi :)

keren infonya, saya klik tombol google plusnya :)

Dilihat dari anggarannya, sepertinya cukup sepadan ya gan dengan hasil yang diperoleh jika benar benar sungguh sungguh,, soalnya kerabat saya banyak yang pelihara unggas ginian,, dan sekarang pada sukses semua :D

Aku juga uda pernah melihari burung puyuh. Tapi blum sempat bertelur, uda di goreng duluan..

nah lo, bener juga tu Kang, satu atap sampai ke anak cucu :D

nggk mahal ya mas biaya 63 rb utk 1 kandang puyuh

Salam sore Kang Ucup simak dan baca lagi artikelnya.perkiraan membuat Kandang puyuh nya.. saya sudah buat 2 kandang bantu Kakak saya. Kang Ucup ini belum kelar apa sudah Kang? kemana saja ya saya kangen gak lihat Kang Ucup beberapa minggu ini :)

Dan saya tunggu dengan setia kecupan baliknya ya Kang tetap semangat ngeblognya Kang kaya dulu tuh? :-bd

ijin save caranya ya mas, soalnya adik saya mau memelihara burung tu, terima kasih atas sharingnya yang benar-benar kreatif :D

kang ucup, kreatif sekali bisa membuat desain kandang dengan google sketchup, saya jadi heran bagaimana untuk membuatnya, kalau boleh, saya ingin meminta softfilenya, hehe untuk tugas kuliah juga, terima kasih :)

coba nanti saya carikan filenya mas, soalnya ada di hd saya yang lain

Kang Ucup, dengan kandang ukuran itu bisa muat berapa ekor burung puyuh ya?
mohon infonya mas, soalnya saya ada rencana mau buka usaha ternak puyuh petelur.

tks infonya Kang.

Ukuran di atas untuk kapasitas 50 ekor Pak

saya butuh kandang, tapi untuk daerah tasik bisa gak ya?

saya butuh kandang puyuh dan juga berminat untuk ternak puyuh, barang kali ada mas mas yang udah berhasil alias berpengalaman siap menjadi konsultan saya!?

bisa pak, lebih jelasnya hubungi nomor hape saya 085747907080

kang ucup,rangka kandang puyuh d atas bisa di buat bertingkat gak?

bisa pak. tinggal ganti kakinya dengan kayu yang panjang saja

Assalamualaikum,,
selamat siang kang ucup domisilinya dmn ???
kebetulan saya lagi cari referensi ternak burung puyuh

Wa'alaikumsalam Pak, saya tinggal di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Ada nomor yang bisa dihubungi kok :)

MAS UCUP, boleh save file .skp ny gk? saya ada versi 2014,kalau tidak ada 2008 pn boleh,
via email aja ya mas, asladoor@yahoo.com

thanks INFO nya, sangat membantu, Semoga bermanfaat bagi pembaca
Amiin,,,

ya mas, nanti coba saya cari filenya. soalnya ada di hardisk yang lain dari pc yg saya pake sekarang

kang ucup mau nanya untuk kandang indukan dan kandang petelur apakah sama modelnya ya kang??
mohon pencerahannya kang..matursuwun

iya mas, kami buat model kandangnya sama. karena nanti mudah saat mengambil telurnya

untuk air nya di simpan dimana mas?

kalau untuk model begini tempat air (minum) nya ada di depan pak. di samping kanan kiri pintu

Kang aku mau nanya,,???
Kalo tempat kotorannya di mana ya kang soalnya aku liat nggak Ada tu t4 penampungan kotorannya

di bawah kandang dikasih karung pak, setiap hari karung yang berisi kotoran diambil untuk dicuci dan diganti dengan yang baru

Baca blognya bang ucup, rasanya pingin maen ke sana, skalian blajar sm masternya...!
Tapi gk tau alamtnya bang...
Bisa gak bang?

bisa Pak, silahkan kontak saya terlebih dahulu :)

Komentar Anda :

 
Back To Top