WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mengatasi Kebiasaan Burung Puyuh Yang Suka Menceker-ceker Makanannya


Burung puyuh mempunyai kebiasaan, yaitu menceker-ceker makanan yang ada dihadapannya, sehingga makanan tersebut akan tercecer kemana-mana. Itu merupakan insting mereka dalam mencari makan apabila berada di alam bebas untuk mencari biji-bijian atau juga serangga. Dan itu sudah dilakukan semenjak burung puyuh baru menetas. Sejak kecil burung puyuh sudah belajar mandiri, mereka harus bisa mencari makan sendiri tanpa harus diloloh oleh induknya. Karena merupakan sifat bawaan, maka mereka juga melakukannya meskipun berada di dalam penangkaran.

Apabila kebiasaan tersebut didiamkan, akibatnya jumlah pemberian pakan pada burung puyuh akan melebihi dari jatah yang seharusnya burung puyuh dapatkan, karena sebagian dari pakan terbuang dengan percuma.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar hal tersebut tidak terjadi? Solusinya sebenarnya sangat mudah sekali. Bagi anda peternak pemula yang kebetulan mengalami masalah seperti ini, tenang ya, karena saya akan berbagi pemecahannya sebentar lagi.

Kita tidak bisa melarang atau mencegah burung puyuh makan dengan cara menceker-ceker makanannya begitu saja. Tapi, kita bisa meminimalisir jumlah pakan yang terbuang dengan sedikit trik. Yaitu dengan menempatkan kawat ram di atas tempat makan burung puyuh. Baik itu tempat makan yang berada di dalam kandang (ketika burung puyuh masih kecil) atau tempat makan yang berada di luar kandang (untuk burung puyuh yang sudah dewasa). Walaupun tempat makannya berada di luar kandang, burung puyuh juga tetap menceker-ceker makanannya menggunakan paruhnya.

Caranya :
Potong kawat ram mengikuti ukuran tempat pakan. Tapi dibuat sedikit lebih kecil supaya bisa masuk ke dalam wadah pakan. Diusahakan tidak seret dan bisa masuk sampai ke dasar wadah dengan mulus. Nah, nanti kawat ini ditaruh di atas wadah pakan yang sudah diisi dengan pakan, kemudian diberi batu kerikil sebagai pemberatnya. Kawat akan ikut masuk menyesuaikan keadaan pakan yang ada di dalam wadah hingga pakan habis. Sebagai ilustrasinya, silahkan perhatikan gambar berikut ini.

Mengatasi Kebiasaan Burung Puyuh Yang Suka Menceker-ceker MakanannyaMengatasi Kebiasaan Burung Puyuh Yang Suka Menceker-ceker Makanannya

Dengan begitu, jumlah pakan yang diberikan tidak akan tercecer kemana-mana yang dapat menjadikan peternak rugi.

Selamat mencoba....


 
Back To Top