WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Kandang Pemeliharaan Bibit Burung Puyuh (DOQ) Umur 0 - 20 Hari


Burung puyuh yang baru menetas hingga umur 5 hari, membutuhkan kandang yang hangat agar mereka dapat bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Suhu yang dibutuhkan berkisar antara 33 - 35° C. Setelah berumur 5 hari, burung puyuh sudah ditumbuhi bulu hampir di seluruh tubuhnya. Pada kondisi seperti itu suhu dalam kandang bisa dikurangi menjadi 25-27° C.

Bentuk kandang untuk anakan burung puyuh kecil cukup dibuat kotak saja dan diberi lampu untuk penghangat. Jumlah lampu yang diberikan tergantung luas kandang serta keadaan suhu diluar kandang. Contohnya apabila kita tinggal di daerah dengan suhu yang dingin, atau ketika sedang musim penghujan, maka jumlah lampu yang dipakai bisa lebih banyak daripada ketika pada saat cuaca sedang panas. Sekeliling kandang juga sebaiknya ditutup dengan terpal, karung, kertas koran atau kardus, begitu juga dengan alas kandangnya, agar suhu dalam kandang dapat terjaga. Untuk alas kandang bisa ditambahkan sekam padi atau serutan kayu untuk membantu menjaga agar lantai tidak becek. Bahan penutup boleh dilepas apabila burung puyuh sudah berumur 8 hari.

Menempatkan beberapa lampu dalam satu kandang lebih baik jika dibandingkan hanya menggunakan 1 buah lampu, karena letak lampu yang menyebar dapat membuat suhu dalam kandang merata. Apabila hanya menaruh 1 lampu saja di dalam kandang, kemungkinan besar akan menyebabkan kematian pada sebagian bibit puyuh. Karena mereka akan berebut tempat di bawah lampu, pada akhirnya mereka akan saling tumpang tindih, dan pada kondisi seperti itu, dapat dipastikan banyak bibit puyuh yang mati karena terinjak-injak oleh temannya sendiri.

Berikut gambar contoh kandang untuk burung puyuh yang masih kecil beserta ukurannya.

Kandang Pemeliharaan Bibit Burung Puyuh (DOQ) Umur 0 - 10 Hari

Kandang Pemeliharaan Bibit Burung Puyuh (DOQ) Umur 0 - 10 Hari

Kandang Pemeliharaan Bibit Burung Puyuh (DOQ) Umur 0 - 10 Hari

Kandang Pemeliharaan Bibit Burung Puyuh (DOQ) Umur 0 - 10 Hari

Kandang dengan ukuran panjang 100 cm, lebar 50 cm dan tinggi kurang lebih 45 cm seperti yang terlihat pada gambar di atas dapat diisi dengan 150 ekor bibit puyuh. Tapi setelah puyuh berumur 5 hari, jumlahnya harus dikurangi supaya burung puyuh tidak berdesakan di dalam kandang.

Bibit burung puyuh akan tinggal dalam kandang pembesaran hingga berumur 20 hari. Setelah itu burung puyuh bisa ditempatkan pada kandang untuk mereka bertelur nanti.


11 komentar

Selamat siang Kang Ucup. Bagus sekali kandang burung puyuh nya Kang. saya yakin puyuhnya pasti akan lebih betah untuk tinggal di Kandang seperti itu, buat burung puyuh itu bak seperti Rumahnya yang permanen. salam sukses dan semangat terus ya Kang Ucup

Nah pengetahuan tentang kandang puyuh nya dapat pertamaxnya juga. Pas sekali buat kndang puyuh pada lokasi tempat saya yang dingin ya Kang?

Lama gak update, kemana ya ni adminnya :) , apa lagi repot ngurusin kandang puyuh kali ya hehehehehe :D

Master Burung Puyuh.. Artikel yang lengkap nih Kang Ucup. Apa Kabar Kang??

benar mas Saud, di daerah yang tidak dingin pun burung puyuh kecil butuh menghangatkan tubuh mereka :)

bisa iya bisa tidak mas Arie, tapi kadang-kadang nge-cek blog sebentar buat bersih-bersih komentar spam :D

cuma sekilas sekilas saja mas, Alhamdulillah kabar baik mas, cuma belum bisa total nge-blog nih mas, apalagi BW. mohon maaf saja ya buat teman-teman semuanya

Klu bikin 2 tingkat ga papa kang

nggak apa apa mas, kalau jumlah doc nya banyak dan ruangan cukup luas bisa bikin kandang bertingkat

Komentar Anda :

 
Back To Top