WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon


Bercocok tanam dengan sistem vertikultur atau teknik budidaya tanaman secara vertikal merupakan solusi yang tepat bagi mereka yang mempunyai lahan sempit, karena tanaman akan disusun ke atas secara bertingkat. Biasanya tanaman yang dibudidayakan berupa sayur mayur dan buah-buahan yang tumbuh dengan cara merambat seperti semangka dan melon. Karena harus ditumpuk ke atas, maka diperlukan media tanam berupa pot dari paralon atau polybag. Namun, sebenarnya media tanam sistem vertikultur tidak terbatas pada paralon dan polybag saja. Masih banyak benda-benda yang ada di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan. Dan berikut ini adalah contoh media tanam sistem vertikultur selain paralon yang dapat anda coba.
1. Talang air

Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon

2. Bambu

Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon

3. Botol Bekas Air Mineral

Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon

Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon

4. Pohon Pisang

Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon

5. MMT Bekas

Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon

6. Celana Bekas

Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon

7. Plastik Kresek

Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon

Memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitar kita sebagai media tanaman, selain dapat menghemat pengeluaran, secara tidak langsung juga ikut menanggulangi sampah.

Lingkungan yang hijau juga dapat membuat suasana menjadi sejuk dan udara jadi bersih. Setidaknya dengan berkebun dipekarangan rumah, kebutuhan akan sayur dan buah-buahan keluarga dapat terpenuhi.

Demikian beberapa contoh media tanam sistem vertikultur selain paralon yang dapat saya sampaikan. Untuk bahan alternatif lain silahkan anda tentukan sendiri sesuai yang ada di lingkungan anda.


36 komentar

Beneran kreatif deh kang ucup mah,
memanfaatkan media nganggur dan bahan bekas jd sesuatu yg bermanfaat .juara pokoknya :)

yg celana bekas ntu sy paling suka liatnya kang ucup ,,,, :)

duuhh pakai celena bekas pun ternyata bisa juga ya kang.. sungguh sangat kreatif ne kang...

wah,pakai benda2 disekitar juga bisa ya mas.. kreatif juga ni idenya :)

Sungguh sangat kreaif dan bisa di tiru untuk kita praktekan pada lingkungan
Rumah kita biar sesuatu yg tak berguna jadi bisa bermanfaat ya Kang Ucup

Baru tau ya mbak susi kalau Kang Ucup itu orang super Kreatif deh

yg celana bekas unik juga,, :)

makasih bang,,patut di coba ini, soalnya gak terlalu memakan tempat :)

media tanam yang bisa dijumpai dengan harga relatif murah..bisa menjadi sumber inspirasi untuk para penghobi tanaman hias...terima kasih informasinya...

whehehe itu yang pakai celana bekas saya baru lihat kang, benar2 kreatif :D
itu yang pakai phon pisang apa ndak akan busuk kang phon pisangnya ??

kalau busuk sekalian buat pupuk mas Jery, biasanya hanya sekali pakai kalau pakai pohon pisang mas

kreatif itu bisa datang karena keterpaksaan :D

mulai sekarang kalau celana mas Fiu pad bolong-bolong jangan dibuang mas, dijadikan pot saja :D

keren kang,saya yang lulusan sekolah pertanian malah setelah lulus belum berurusan dengan tanam menanam.hihii

Blognya wismakreatif.com emang bener-bener kreatif. Minta follback dong kang...

Kunjungan rutin Kang Ucup. simak dan baca lagi post
Contoh Media Tanam Sistem Vertikultur Selain Paralon ini ya Kang?

Tapi saya nilai kekreatif' an nya Kang Ucup bukan unsur keterpaksaan deh Kang mungkin ada bakat dan ketekunan :-bd

Owwwh, seperti ini ya mas, Tanaman menggunakan vertikultul? Terimaksih mas dah berbagi, bisa saya praktekan..:)

Salam Pencina Klik Receh...:)

ribet sih mbak, tapi menyenangkan kalau lihat tanaman tumbuh subur :)

hehe..itu saya lihat pas ada pameran mas. unik ya :D

Subhanallah bener bener kretif nih si akang saya jadi terinspirasi untuk segera membuat media tanam sistem vartikultur nya mas :)

Wow, celana bekas juga bisa toh? ^_^)b mantap

Kang Ucup, kalau bisa dijelaskan satu-satu dong cara membuatnya, pasti semua yang membaca artikel ini ingin mengetahui cara pembuatanya.. termasuk saya, di rumah banyak bekas botol aqua dan saya sering menjualnya secara kiloan.. heheee

Begitu rapi nan indah ya mas bisa kreatif gitu

wah kalo yang dari pohon pisang saya baru tahu nie kang, kayaknya unik juga ya :)

tadinya sih mau dijelasin mbak, tapi menurut saya hanya dengan melihat saja saya rasa sudah dapat membayangkan cara membuatnya :)

super kreatif mas selain dapat menghemat pengeluaran, secara tidak langsung juga ikut menanggulangi sampah.

tiada lahan akal pun jadi.

saya suka yang pakai bambu dan gedebog pisang tuh kang...kapan kapan bikin ah buat tanam cabai, kadang cabai harganya gila..

mantab kang, waduh saya anak kostan jadi ga bsa buat kayak bgni :3

Yang Talang Air dan Bambu sangat bagus sekali untuk hiasan halaman rumah kang.. Pasti lebih sejuk halaman depan rumah

saya pernah nyoba dengan sistem ini, tapi dibikin bertingkat dalam satu paralon. masih belum sempurna kang. saya pelajari dulu ya....kayaknya menarik. oh ya bisa juga buat nanam cabe gak ya kang? ditunggupencerahannya. terima kasih.

Manfaatkan barang bekas yg ada, daripada beli. Lebih hemat..

Wah bener bener inovatif ni mas... jadi ingin buat nieh :D

Wah bener bener inovatif ni mas... jadi ingin buat nieh :D

paduan media tanamnya apa aja kang?

Komentar Anda :

 
Back To Top