WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mencegah Tumbuhnya Uban di Usia Muda


Dulu, uban hanya tumbuh pada orang yang sudah berusia lanjut saja. Tapi sekarang, di era modern dengan bertaburan jenis obat-obatan, vitamin dan segala perawatan yang digunakan untuk membuat tampilan rambut menjadi bagus, justru membuat uban tumbuh subur sebelum waktunya. Padahal usia mereka masih tergolong muda. Sebenarnya tidak masalah, karena rambut bisa diwarnai dan uban tidak akan lagi kelihatan. Cuma, cara mewarnai hanya menyembunyikan saja. Padahal rambut yang memutih sebelum waktunya menandakan rambut yang tidak sehat, jadi seharusnya uban tidak hanya disembunyikan, tapi harus disembuhkan.

Bagi yang mempunyai masalah seperti yang saya sebutkan di atas, wajib ya untuk melanjutkan membaca, karena saya akan membagikan sebuah tips keren untuk mencegah tumbuhnya uban di usia muda dengan bahan alami. Bahan-bahan yang banyak terdapat disekitar kita, namun sering terabaikan. Selain dari bahan alami, pola hidup yang sehat juga dapat menekan pertumbuhan uban, paling tidak hingga memang sudah waktunya.

Berikut  cara mencegah tumbuhnya uban di usia muda.

Mencegah Tumbuhnya Uban di Usia Muda
Gambar by : Google
Banyak mengkonsumsi air putih.
Tubuh membutuhkan sedikitnya 8-10 gelas air putih setiap hari atau setara dengan 1,5 liter. Untuk yang berbadan subur tentu akan berbeda, karena porsinya harus lebih banyak lagi. Selain dapat melarutkan berbagai racun di dalam tubuh, air putih juga dapat membantu pertumbuhan hormon folikel rambut sehingga pembentukan warna rambut dapat berlangsung dengan baik.

Memanfaatkan biji pepaya
Suka dengan buah pepaya? Jangan dibuang bijinya. Karena biji pepaya mempunyai khasiat untuk mencegah tumbuhnya uban. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
Sebelum dapat digunakan, pertama biji pepaya disangrai terlebih dahulu, kemudian ditumbuk hingga halus. Campurkan biji pepaya yang sudah halus dengan sedikit minyak kelapa. Aplikasikan campuran biji pepaya dengan minyak kelapa dengan cara dioleskan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama kurang lebih satu jam, kemudian bilas hingga bersih.
Minyak kelapa murni bisa didapatkan di apotek, atau jika ingin membuat sendiri silahkan baca artikel terdahulu saya : Cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah.

Makan makanan yang banyak mengandung protein, mineral dan zat besi.
Protein dapat membuat rambut menjadi kuat dan terlihat indah, sedangkan mineral dan zat besi membuat rambut lebih sehat sehingga dapat menunda munculnya uban. Mineral dan zat besi banyak terdapat pada sayur dan buah-buahan, sedangkan protein bisa diperoleh dari daging, ikan, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan telur puyuh

Hindari gonta-ganti shampo.
Sering gonta-ganti shampo dapat merangsang tumbuhnya uban dan menjadikan rambut rusak serta membuat rambut menjadi merah. Karena itu, lebih baik setia dengan satu produk shampo saja ya :)

Istirahat yang cukup.
Tidur minimal 7 jam perhari dapat membantu proses perbaikan sel yang bisa membantu memperlambat munculnya uban. Karena pada saat tidur, tubuh melakukan proses memperbaiki sel, termasuk juga memperbaiki sel-sel kulit, termasuk juga kulit kepala.

Sumber : http://melindahospital.com/artikel/3183/Cara-Mencegah-Rambut-Beruban-Di-Usia-Muda-Dengan-Biji-Pepaya.html


 
Back To Top