WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Membuat Sendiri Jarum Jahit Sepatu


Pernah tidak melihat tukang sol sepatu yang sedang memperbaiki sepatu atau sendal pelanggannya. Kalau diperhatikan sepertinya mudah sekali melakukannya. Tapi pada kenyataannya cukup sulit juga kalau dilakukan oleh pemula. Tusuk sana tusuk sini lalu tarik, begitu dilakukan secara berulang-ulang menggunakan alat tradisional yang masih sangat sederhana dan seutas benang nilon yang kuat. Ketelatenan dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam mengerjakannya untuk mendapatkan hasil yang bagus dan rapi.

Tukang sol sepatu sampai saat ini masih dibutuhkan oleh sebagian masyarakat, terutama masyarakat kalangan menengah kebawah. Karena ongkos untuk membetulkan sepatu atau sendal tergolong murah jika dibandingkan harus beli lagi yang baru. Lumayanlah, sepatu atau sendal yang 'mangap' bisa dipakai lagi. Dengan begitu, dapat sedikit menghemat pengeluaran :)

Membuat Sendiri Jarum Jahit Sepatu

Kalau mau lebih hemat lagi, menjahit solnya dilakukan sendiri. Benang nilonnya minta sama tetangga, dan alatnya yang berupa jarum jahit bikin sendiri. Jadi, tidak keluar modal kan :)

Di sini saya akan membocorkan sebuah rahasia bagaiman cara membuat sendiri jarum jahit sepatu kepada anda. Caranya sangat mudah sekali, dan bahan untuk membuatnya juga dapat dengan mudah kita dapatkan.

Bahan-bahannya adalah :
Kayu berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 12 cm dengan ketebalan 2 cm. Atau bisa anda tentukan sendiri karena ukuran tersebuat bukan ukuran baku. Kayu ini gunanya untuk pegangan dan juga untuk memudahkan saat menusukkan jarum menembus sol sepatu atau sendal.
Berikutnya adalah jeruji sepeda dengan panjang 15 cm. Panjang jeruji ini juga bisa disesuaikan dengan yang anda inginkan. Yang penting tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Jeruji sepeda nanti yang akan dikadikan jarumnya.

Cara membuat :
Setelah dua bahan didapatkan, selanjutnya yang harus dilakukan adalah menanamkan jeruji sepeda sehingga menancap dengan kuat pada kayu (pegangan). Kemudian, dengan menggunakan alat kikir, buat ujung jeruji menjadi runcing dan dibuat agak pipih. Lalu beri semacam rongga dan bentuk menyerupai ujung tombak . Bentuk seperti ini fungsinya untuk menarik benang nilon sehingga terbentuk simpul yang kuat.

Membuat Sendiri Jarum Jahit Sepatu


Terima kasih sudah menyimak tutorial singkat tentang cara membuat sendiri jarum jahit sepatu yang telah saya sampaikan pada kesempatan ini.

Selamat berakhir pekan :)


22 komentar

Jadi gak usah susah-susah pergi ke tukang sol sepatu ya Kang kalau dah punya jarum jahit sepatu sendiri.

Boleh dicoba nih mas,, keren kreatiff..
ditnggu kunbalnya

Salam pagi Kan Ucup .. saking Kreatif nya Kang Ucup,
Sampai membuat jarum sepatu sendiri kreatif aja ya Mas..?

Sekalian terima sol sepatu gak Kang Ucup..?

hehehehe,,,, mudah yah ... tapi kadang gak kepikir ja ksu, soalnya sy jarang sol sepatu atu sandal kang ucup ..hehe

Benar Itu Kang. Kalau Kita Cuma Melihat Memang Kelihatan Mudah, Tapi Sekali Di Praktekin Susah. Saya Punya Tetangga Tukang Jahit Sepatu dan Sandal Kang, Ketawa Saja Beliau Liat Saja Mencoba Belajar Jahit Sandal. Haduuhhh... Capek Dehhh :D

ini kata-kata yang ane suka gan

Kalau mau lebih hemat lagi, menjahit solnya dilakukan sendiri. Benang nilonnya minta sama tetangga, dan alatnya yang berupa jarum jahit bikin sendiri. Jadi, tidak keluar modal kan :)

kreatif kayaknya, tapi kebablasan heheee :D

Terima sol sepatu tapi gratis iya hahaha

jadi lebih hemat dan kreatif hehehe ::)

wahh ternyata buat sendiri juga bisa yah :) keren nih dikira buatnya susah ternyata ehh ternyata tidak terlalu sulit asalkan ada kemauan pasti bisa :D

eh nggak kepikiran nih kang
ternyata cara ngebuatnya cukup mudah ya

pastinya hemat ya mas...
dan yang lebih penting lagi pastinya kita bisa lebih tepo seliro pada tukang sol sepatu ya hhe

Wuiidih mantap mas, ngomong-ngomong tau dari mana yaa kok cara jelasinnya lengkap banget, jangan-jangaaaaan hehehe

pernah bikin juga,,,mudah kok,,,tapi sekarang udah jarang dipake,,,langsung ke tukang jahit sepatu langsung aja,,,,

hehehe... ingat waktu jaman SD kang, dulu mah saya juga pernah bikin dan waktu itu dah bisa juga ngesol sepatu sendiri, tapi kalo sekarang kayaknya dah gak bisa lagi kali :D

butuh latihan dulu mas klo ngesol sepatu biar hasilnya rapi :)

belajar dari saya koq
kerjaan saya kan ngesol sepatu

baru tau yamas kalau kang ucup kreatif?

lagi lagi kang ucup membagikan postingan kreatif dan menarik lainya, terima kasih mas. Jadi tinggal belajar sol sepatu sendiri aja nih hehe :D

mungkin artikel diatas emang seharusnya ada, soalnya jaman sekrang uda jarang banget sol sepatu.. mantap deh...

Komentar Anda :

 
Back To Top