WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Kupu-kupu cantik dari sampah daun


Untuk menghasilkan barang kerajinan yang cantik dan menawan tidaklah harus menggunakan bahan baku yang mahal, karena kita bisa menggunakan bahan yang ada di sekitar kita dan bisa kita dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Sebagai contoh adalah barang kerajinan berupa kupu-kupu yang cantik berikut ini. Bahan yang diperlukan hampir semuanya berasal dari sampah dan barang yang sudah tidak terpakai lagi. Sayapnya terbuat dari sampah daun, dan badannya menggunakan alas sendal jepit yang sudah tidak terpakai, dan sungutnya menggunakan senar pancing. Daun yang digunakan adalah daun kupu-kupu atau daun Kalibangbang karena daun ini mempunyai tekstur yang lembut namun kuat dengan pola tulang daun yang artistik. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas, maka terciptalah kupu-kupu aneka warna yang siap menghiasi rumah anda. Meskipun bahan bakunya berasal dari daun, namun kupu-kupu ini bisa bertahan cukup lama, yaitu 7 tahun lebih.

Pemberian warna dan motif dilakukan dengan air brush, lukis dan ada juga yang di batik. Proses membatik pada sayap kupu-kupu sama seperti membatik pada kain, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena itu harga kupu-kupu batik lebih mahal jika dibandingkan dengan kupu-kupu yang dilukis, baik itu pewarnaan dengan teknik air brush ataupun lukis tangan. Karena 100% handmade dan tanpa menggunakan cetakan, maka antara satu kupu-kupu dengan kupu-kupu yang lain tidak ada yang sama persis. Contohnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Bagaimana, tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah ? Langsung saja disimak cara membuat kupu-kupu cantik dari sampah daun berikut ini.

Alat dan bahan :
  • Cutter
  • Gunting
  • Lem bening (lem serba guna)
  • Cat air
  • Kuas
  • Daun kupu-kupu atau daun kalibangbang
  • Alas sendal jepit
  • Senar Pancing
  • Peniti bros

Cara membuat :

Ambil beberapa lembar daun kupu-kupu. Bagi yang belum tahu rupa daun kupu-kupu atau daun kalibangbang, seperti inilah bentuknya.

Kupu-kupu cantik dari sampah daun
Kita bisa menggunakan daun yang sudah kering namun belum terlalu kering, atau bisa juga menggunakan daun yang masih hijau. Rendam daun di dalam wadah selama 1 bulan untuk menghilangkan klorofil.
Setelah satu bulan, angkat daun kemudian keringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari hingga kering.
Supaya permukaan daun menjadi rata maka perlu dilakukan penyetrikaan.
Setelah halus gunting daun menjadi pola sayap kupu-kupu. Besar kecilnya kupu tergantung lebarnya daun. Kalau ingin membuat kupu-kupu dengan ukuran besar maka diperlukan daun yang lebar. Silahkan berkreasi sendiri.
Berikutnya ambil alas sendal jepit, potong dengan ukuran 1x4 cm. Kemudian bentuk menyerupai badan kupu-kupu lengkap dengan kepalanya.
Potong senar pancing dengan panjang 3 cm dua buah. Untuk dijadikan sungut kupu-kupu.

Waktunya merangkai.
Sayat sedikit bagian badan kupu-kupu untuk tempat dua pasang sayapnya. Kemudian masukkan sayap yang sudah anda buat tadi kemudian diberi lem untuk merekatkannya sehingga sayap tidak mudah lepas.
Pada ujung kepala, beri lubang menggunakan jarum atau peniti, kemudian masukkan senar pancing. Panasi ujung senar pancing sehingga senar pancing menjadi melengkung dan menyerupai sungut pada kupu-kupu.

Langkah terakhir adalah memberi motif serta warna. Untuk tahap awal anda bisa menggunakan cat air atau cat untuk mewarnai gabus. 
Beri peniti bros pada bagian bawah kupu-kupu sebagai pengganti kaki sehingga kupu-kupu dapat ditempelkan.

Sekarang, anda perhatikan hasil yang barusan anda buat, apakah sudah mirip dengan bentuk kupu-kupu :)

Saya yakin tidak semua orang mempunyai waktu luang. Karena itu bagi anda yang ingin memliki kerajinan kupu-kupu yang cantik ini di rumah, anda bisa memesannya di sini. Anda bisa pesan hanya kupu-kupu saja, atau bisa juga kupu-kupu dalam bingkai. 

Harga satuan untuk kupu-kupu dengan teknik air brush ukuran kecil mulai Rp.10.000 dan Rp.35.000 untuk kupu-kupu ukuran besar.
Kupu-kupu dengan motif batik untuk ukuran kecil mulai dari Rp.25.000 dan Rp. 100.000 untuk kupu-kupu batik dengan ukuran besar.
*Harga belum termasuk bingkai.

Siap kirim kemana saja :)


34 komentar

mantep mas, bisa dicoba kalau ada waktu senggang..

keren nih untuk hiasan
makasih yaa mau idi coba lah

Bener-bener kreative nich Kang Ucup, sampah daun saja bisa disulap jadi kerajinan yang indah :)

silahkan mas, boleh dicoba membuat kupu-kupu ini di rumah :)

silahkan silahkan mas, lumayan untuk hiasan di rumah dan bisa ditaruh dimana saja

saya cuma ikut-ikutan saja mas, sebenarnya kerajinan ini sudah ada sejak tahun 2008 yang lalu kok :)

Waa mangtapssssssss Kang Ucup memang jempolan kreatifnya

salam pagi cantik sangat kupu2 yg terhasil ya..kalau di frem lbh menyerlah indahnya n kekal lama tahannya..

kang ucup,,keren banget kupu2 dari daunnya,,,

kreatifitas menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat ya kang. dan dapat menjadi ladang usaha yang menjanjikan..

HArus dicoba ini ..... tapi kayaknya nyari jenis daun yang lain deh ... thanks infonya ya mas :)

wahhh kupu kupunya kereenn kayak nyata manteppp gan bisa nih kapan kapan saya coba :)

wahh. kreatif sekali ya mas,,
sama kayak nama blog nya, wismakreatif :)
sampah daun aja bisa dijadiin kupu-kupu

Dari sampah daun saja bisa membuat hiasan yang bisa jadi
Nilai jual tinggi nih kang Ucup.. cantik dan menawan kreasi angan ini
ckckck sungguh kreatif Kang Ucup ini. salam sukses Kang Ucup :-bd

Kalau bahan membuat kupu kupu ini saya minta
Dari Kang Ucup boleh gak Kang? hhh =D

boleh mas Saud, tinggalkan saja alamat mas Saud, nanti Insya Allah saya kirim :)

bagus banget hiasan kupu-kupunya mas :)
mau di coba ah hehehe

cantik banget, bahannya ada disekitar kita

selalu kreatif dan punya nilai jual

ya ampun kreatifnya dan plus cantikkk sekali ya mas, :D

Bikin motifnya itu loh, kyaknya susah. Musti sang ahli...

Apik, Mas. Warnanya cantik menyala. . .

wah keren mas, selain cantik bahannya pun murah :D

kalau ngeliat hasilnya koq bagus banget yakang?

wah ketinggalan artikel nih saya kang
jadi gagal pertamax deh

Namanya juga sudah kreatif, idenya itu ada saja ya. Nemu di mana ini idenya ya?

selamat malam Cik Paridah, iya betul, kalau pakai bingkai lebih tahan lama dan terlindung dari debu juga :)

keren ini kang, saya juga pernah lihat lukisan tapi setelah saya telusuri ternyata medianya menggunakan potongan2 daun

salute kang....memang kreatif dan jarang sekali terpikir kalau daun ternyata bisa dibuat karya yang indah. padahal sering kali kawan-kawan bikin dengan bentuk lain. kalau menggunakan media lain, seperti sampah plastik iotu sudah umum, tapi kalau bikin dari sampah daun ini yang unik dan baru. oh ya kang....kalau alat sendal jepit itu dibentuk badannya kan ya? makasih atas pencerhannya.

kupu-kupunya cantik nian. Benar-benar dibutuhkan ketelatenan dalam membuatnya..

dari sampah jadi kerajinan yg cantik,bener2 kreatif nih idenya mas :)

Keren banget kang....subhanallah...
Pengen nyoba ih. Tp daunnya susah didapat disini. Kalo bahanya dr akang trus dikirim kesini bs ngga ya..

bisa mbak, nanti hubungi saja ke nomor saya

Komentar Anda :

 
Back To Top