WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Waktu yang tidak tepat untuk minum kopi


Selain dapat mengurangi rasa kantuk, minum kopi juga dapat meningkatkan stamina dan membuat perasaan jadi lebih bersemangat. Itu karena pengaruh dari kafein yang terkandung di dalam biji kopi. Bagi wanita, dengan mengonsumsi paling tidak dua cangkir kopi setiap hari, dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Pada pria juga ada manfaat yang tidak kalah penting, karena dengan minum kopi dipercaya dapat meningkatkan kesuburan dan membuat sperma berenang lebih cepat. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat diambil dari minum kopi, silahkan browsing sendiri :)

Tapi ingat, selain beberapa manfaat yang bisa didapat, minum kopi juga ada efek buruknya. Kafein pada kopi katanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu, waktu minum kopi juga harus diperhatikan untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan. Kali ini saya akan bagikan kepada anda semua waktu yang tidak tepat untuk minum kopi.

Waktu yang tidak tepat untuk minum kopi

1. Saat bangun tidur

Minum kopi sesaat setelah bangun tidur dapat menimbulkan dampak buruk berupa kecanduan kafein. Terutama waktu bangun tidur pada pagi hari. Jadi, minum kopi sebaiknya dilakukan paling tidak satu jam setelah bangun tidur.

2. Ketika perut masih dalam keadaan kosong

Selain berisiko kecanduan kafein, minum kopi langsung setelah bangun tidur juga tidak disarankan karena perut masih dalam keadaan kosong. Kopi merangsang produksi asam lambung sehingga dapat melukai lapisan usus.

3. Sehabis berolahraga

Secangkir kopi dapat mempercepat pembakaran lemak, meningkatkan performa dan konsentrasi, dan dapat mengurangi nyeri pada otot. Namun, apabila minum kopi dilakukan sehabis berolahraga, kafein pada kopi akan menghambat pembentukan otot. Sehingga yang didapat dari berolahraga hanya rasa lelah saja.

4. Satu jam setelah makan siang

Minum secangkir kopi setelah makan siang konon dapat menekan produksi sel-sel lemak baru, membantu pencernaan, bahkan dapat mencegah diabetes.
Tapi ternyata, meminum kopi satu jam setelah makan siang justru dapat mengurangi penyerapan zat besi yang dilakukan oleh tubuh.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai waktu yang tidak tepat untuk minum kopi. Artikel ini bukan berdasarkan pengalaman pribadi atau hasil riset karena saya bukan dokter atau ahli dibidang kopi. Artikel ini hanya sekedar hasil dari baca-bacadi internet. Jadi anda boleh percaya dan boleh tidak :)


 
Back To Top