WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Memanfaatkan Limbah Rumah Tangga Sebagai Pupuk Tanaman


Memiliki tanaman di pekarangan rumah, khususnya tanaman yang berada di dalam pot tentu membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya. Kalau diibaratkan, tanaman yang ditanam dengan media pot sama halnya seperti memelihara hewan di dalam sangkar atau kandang, dimana untuk mencukupi kebutuhan makan dan minumnya harus selalu kita sediakan. Begitu juga dengan tanaman, mereka juga membutuhkan nutrisi berupa pupuk dan air untuk bisa hidup dan tumbuh dengan sehat. Tanpa pupuk dan air yang cukup, lama-kelamaan mereka akan layu dan akhirnya mati. 

Untuk mendapatkan pupuk agar tanaman bisa tumbuh subur, tak selamanya kita harus membelinya. Karena, di sekitar kita sebenarnya terdapat banyak sekali bahan yang bisa dijadikan sebagai pupuk. Bahkan dari tempat yang tidak kita sangka-sangka yaitu dapur. Dari dapur inilah pupuk bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan limbahnya. Limbah apa sajakah itu, mari sama-sama kita lanjutkan membaca.

Memanfaatkan Limbah Rumah Tangga Sebagai Pupuk Tanaman

Contoh limbah rumah tangga dari dapur yang bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman diantaranya adalah :


Air bekas mencuci ikan.
Pada saat mencuci ikan ikan atau daging, sebaiknya air cuciannya ditampung dalam sebuah wadah. Kemudian air tersebut bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Namun hindari penyiraman pada daun, cukup disiramkan pada media tanahnya saja.

Air bekas mencuci beras.
Sama seperti air bekas mencuci ikan atau daging, air bekas mencuci beras juga kaya akan nutrisi sehingga baik digunakan sebagai pupuk alternatif untuk tanaman dan bisa digunakan langsung untuk menyiram tanaman.

Ampas kelapa.
Ampas kelapa didapat setelah proses pembuatan santan. Ampas ini selain bisa untuk dikasihkan pada hewan peliharaan seperti ayam dan bebek, juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk. Hanya saja pemanfaatanya tidak bisa diberikan secara langsung. Butuh waktu beberapa mingggu agar ampas kelapa berubah menjadi kompos.

Ampas teh
Ampas teh juga baik untuk tanaman, karena itu jangan sia-siakan ampasnya. Setelah diambil sarinya, taburkan ampasnya pada pot dan lihat hasilnya.

Sisa potongan sayur.
Sisa-sisa sayuran yang tidak terpakai atau sayuran yang busuk juga dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Caranya, kubur sisa sayuran tersebut kedalam sebuah lubang lalu timbun dengan tanah. Setelah 2-4 minggu maka sayuran akan hancur dan siap untuk dijadikan pupuk untuk tanaman.

Nah, itulah beberapa contoh limbah rumah tangga yang bisa dijadikan pupuk untuk tanaman. Masih banyak lagi contoh lainnya dan silahkan anda temukan sendiri di rumah.

Lingkungan yang hijau penuh dengan tanaman membuat udara menjadi segar, bersih dan menyehatkan karena tumbuhan dapat menyerap polusi. Dengan melakukan penghijauan meskipun hanya berskala rumah tangga, setidaknya dapat menciptakan suasana yang asri dan nyaman :)


41 komentar

semua ada kaitannya dgn penghijauan ya kang..!, baru tau jg ini Kang..makasi atas infonya..

wow ,.... boleh juga tuh tips nya kang ucup ...
oy ,,, tu air bekas cucian beras kya akan nutrisi yah kang ucup ? nutrisinya hanya bagus untuk tanaman atau bisa juga untk manusia ?

ibu saya kalau habis mencuci ikan airna di buang ke tempa air yang menuj penampungan air kotor beraarti sekarang mending ke tanaman karena bisa di gunakan sebgai pupuk jadikan tanaman bisa lebih subur dan juga lebih hijau

Bener, aku juga prnah pakai air bekas cucian ikan. Utk ngindari hama ulat

iya,,,aku kadang buat pupuk tanamanku pake ampas kelapa dan ampas teh,,,

ternyata banyak sekali ya kang yang dapat kita manfaatkan untuk pupuk tanaman. selama ini saya hanya tahu Air bekas mencuci beras yang bisa di gunakan untuk pupuk

Wah bole bole nih. Kebetuln di rumah kontrakan saya ada beberapa tanaman yang bisa diberi pupuk biar pada suburrr

bisa dipakai untuk memupuk blog juga ya mas. heheee

Padahal limbah itu masih bisa dimanfaatkan. Jika mengetahuinya,
Pentingnya pengetahuan seperti ini

Wah gampang di poin air bekas mencuci ikan, akan saya ikutin cara diatas...

tinggal bagaimana kitanya saja yia bos, mau memanfaatkannya atau tidak, hehehe........

wah limbah rumah tangga aja ternyata masih bisa kita manfaatkan lagi ya, tinggal dipraktekan aja nie :)

iya mas, karena lagi musim kemarau sepertinya tumbuhan sangat diperlukan untuk menciptakan suasana yang sejuk di rumah :)

untuk tanaman saja mas Fiu, kalau air bekas cucian beras yang pertama masih banyak mengandung kotoran...

limbah rumah tangga yang sehat, bisa dimanfaatkan ternyata :)

iya mas, lebih baik air bekas itu dimanfaatkan lagi untuk menyiram tanaman. itung-itung hemat dalam menggunakan air, kan harga air sekarang mahal mas :)

wah, selain menyuburkan air bekas mencuci ikan bisa juga untuk membasmi ulat. saya malah tidak menyadarinya mas :-bd

saya juga mbak. seringnya pake ampas teh karena tiap hari pasti ada :)

limbah rumah tangga yg bermnfaat skali....izin follow y d kunjungan perdana :)

wah saya baru tau nih kang, ternyata limbah yang dibuang cuma cuma ada manfaatnya :D

apabila kreatif kayak wismakreatif,semuanya masih bisa dipakai yakang

Cilembu sudah menjadikan limbah basah rumah tangga ini menjadi pupuk cair atas bantuan program PHBS, sayangnya belum maksimal pemanfaatan pupuk cairnya mang....belum terbiasa sih pak tani nya

saya pesen kopi susu ah..jangan teh, bolehkan kang? ;)

boleh kang, tapi nunggu dulu ya, airnya belum matang :)

benar-benar bermanfaat, tidak ada yg mubazir dan jadi limbah tidak berguna
kreatif

langkah sederhana dan cerdas mas untuk memanfaatkan limbah rumah tangga yang organisk tentunya yang bisa dijadikan pupuk untuk tanaman ya ? He,, he,, he,,

Salam

waahh ternyata banyak sekali yah limbah rumah tangga yang bisa digunakan untuk pupuk komposs hmmm .. jujur gan saya hanya tau limbah sayuran aja kalo ampas kelapa, Air Bekas Cuci Ikan dan yang lainnya saya baru tau hihihi makasii yaaa :)

KAlau kita kreatif bahkan limbah pun masih bisa diambil manfaatnya ya :)

Thanks sharingnya :)

yang ampas kelapa itu butuh proses apa tidak kang maksudnya butuh teknik tertentu ndak biar jadi pupuk

Memang terbukti ya mas
Air bekas endapan ikan subur bingit buat nyiram tanaman. Soalnya sy pernah nyoba :)

kreatif nih,bisa memanfaatkan limbah jadi lebih bermanfaat

ini yang perlu dikembangbiakkan ya mas, sebab jika demikian bisa diterapkan, tentu sampah akan berkuarnag plus bermanfaat

waahh cara seperti ini rame juga nih, keren lagi.. ikut nyimak ya..

Mantab nih kang ucup... infonya bagus2 berguna banget... saya coba terapin dirumah.

Untuk air bekas Ikan atau daging Ibu saya sering kang ditampung buat menyiram pepohonan di kebun, ternyata itu untuk pupuk ya kang, baru tau saya hehehe... saya kira cuma sekedar menyiram saja... makasih kang :)

wah ide bagus ini kang, jadi bisa hemat biaya ya kalau mau memupuk tanaman kita ;)

yuk ikutan lomba yuk di blog dicuekin.com ;)

Solusi yang kreatif nih Kang Ucup.
Limbah jadinya bisa bermanfaat ya Kang..? :-bd

Kunjungan malam Kang Ucup, Jalan keluar dan solusi yang patut kita
Contoh yang Kang Ucup, dengan metode mendaur ulang limbah rumah tangga
Agar bisa bermnfaat dan berguna untuk Tanaman, makasih trik kreatif nya Kang :)

klo masih bisa di manfaatkan,lebih bagus di buat spt pupuk ini ya mas.. ide kreatif nih

banyak sekali ampas yang bisa dijadikan untuk pupuk ya

Komentar Anda :

 
Back To Top