WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Semangat Penipu Yang Tak Kenal Lelah


Hati-hati penipuan atas nama BRI

Penipuan lagi...... penipuan lagi. Sepertinya hal semacam ini masih saja terus dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan lembaga atau perusahaan besar yang ada. Dengan mengiming-imingi sejumlah hadiah, berharap dapat menjerat calon korbannya dengan mudah.

Modus yang dilakukan masih sama. Penipu mengirim sms kepada calon korban (entah mereka dapat dari mana). Isi sms memberitahukan bahwa pemilik nomor mendapatkan sejumlah hadiah disertai dengan nomor PIN. Untuk membuat calon korban tambah yakin, si penipu menyuruh calon korban untuk mengunjungi website yang dilampirkan dalam sms untuk mengecek kebenarannya.

Artikel ini saya publish karena saya merasa terganggu karena ulah para PENIPU yang tiap hari mengirim sms ke nomor hape jadul saya. Bahkan sehari sampai beberapa kali, dari mulai saya bangun tidur sampai mau tidur lagi.
Hati-hati penipuan atas nama BRI


Terakhir sms masuk dari 085759167471 dengan isi sms :
Nasabah BRI Yth: Rekening anda Mendapatkan cek tunai 27jt dari Bank BRI. PIN Anda (ijh76k79). Informasi lebih lanjut klik ; www.hadiah-bri-2014.blogspot.com
Iseng saya balas smsnya tapi tidak terkirim. Lalu saya masuk ke website yang disertakan dalam sms yang ternyata adalah sebuah blog gratisan dengan platform blogspot. Dari situ saya menemukan sebuah nomor hape terpampang (0857-9540-7779) dan langsung sama kirimi pesan. Terjadilah percakapan singkat yang terpotong via sms. Seperti ini pesannya :
Saya : "Apakah benar saya terpilih menjadi pemenang tahapan BRI?"
(mana ada tahapan BRI, yang ada kan tahapan BCA :) 
0857-9540-7779 : "Ats nama siapa buka rekeningkmi cek"
Saya : Saya sebutkan nama saya
0857-9540-7779 : "Iy bnr anda dpt 27jt tlp sy jlasin"
Saya : "Beneran 27 jt Om? Kebetulan sekali saya lagi butuh uang sekarang. Kalau saya ambil langsung ke kantor cabang BRI di desa saya bisa nggak?"
0857-9540-7779 : "Ga bsa ni pust BRI kmi ga krj sma cbng agr pmnn tdk dikenkn pjk 50%"
Saya : "Oh gitu. Sayang juga kalo kena potongan 50%. Berarti nanti saya harus ngurusnya kemana? Maaf, mau nelpongak ada pls."
0857-9540-7779 : Tidak menjawab
Seandainya tadi saya telpon dia, mungkin saya akan mendapatkan informasi lebih banyak lagi. Tapi saya males karena bukan kali ini saja saya mengalami kejadian seperti ini.

Saya tidak tahu sudah berapa banyak korban yang sudah masuk perangkap. Kadang kemajuan teknologi disalahgunakan oleh sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak baik seperti perbuatan penipuan seperti ini.

Sebagai konsumen juga harus pinter dan tidak mudah percaya dengan hal semacam ini.

Punya pengalaman yang sama, share dong di kotak komentar :)


69 komentar

Saya juga sering dilamar menjadi calon Korban... Salut tuh sama penipu, meski modusnya itu-itu ajah, tapi selalu saja ada korbannya he...

hehehe...mo nipu ke blogger sejati...yea liat alamatnya masih blogspot ajah juga sayah mah udah nyengir kuda deh...:p

selamat ya pertamaxnya :D

saya herannya kok mereka masih bebas melakukan tipu-tipu seperti itu. apa nggak takut diciduk polisi gitu :p

coba mereka mau modal dikit ya Kang, bikin website kloning, biar profesional dikit kalau mau jati penipu sejati :D

yang saya heranin di berita tv juga sudah sering ada penipu model sms tertangkap, kok ya ada yang masih percaya ya ckckckc.....

hehehe. masih ada modus yang ke gitu. tadi mestinya waktu smsan langsung sekalian dilacak via aplikasi hp keberadaan lokasinya kang..

yang kasihan itu orang yang masih percaya mas, artinya mereka kurang mendapatkan informasi yang jelas.

wah, iya ya Pak, saya sih nggak kepikiran ke situ :D

saya cuma kirim dia url ke postingan ini untuk sekedar kasih komentar :D

Saya paling sering dapat kayak gini yang mengatasnamakan operator XL. Biasanya nanya: "ATM dekat gak dari tempat, Mas?" Nah pada saat nanya seperti ini, udah ketahuan nih mau tipu-tipu...

saya juga sering dapat sms sejenis itu kang.yang rata2 juga masukin blog gratisannya

wkwkwk alhamdulillah saya punya banyak teman yang sama-sama senasib dan sering kena teror dari penipu sialan wkwkw...gerem.com

Salam dari Pulau DOllar

kejadiannya sama seperti yang saya alami nih mas, kalau orang yang mau nipu ngakunya dari indosat, waktunya pas malam tahun baru 2014.
lama dia menjelaskan dan menyuruh saya pergi ke atm terdekat. eh...akhirnya dia marah-marah sendiri karena telah saya permainkan :D

Pilihan BRI sebagai bank untuk penipuan emang paling fleksible karena nasabah BRI sampai ke pelosok desa yang belum tahu banyak aneka modus penipuan , jadi kemungkinan besar penipuan by phone akan berhasil .

Thanks sharingnya ya kang :)

dari mana ya mereka dapat nomor hape kita,
apa nggak takut smsnya nyasar ke polisi misalnya

memang benar penipu sialan mereka mas :D

sepertinya sih demikian mbak, jadi mereka mengincar orang-orang yang mungkin disebut awam. berarti mereka bukan sekedar penipu, tapi sudah pantas disebut penjahat.

penipu...jangan kau lupa, sekarang internet sudah masuk desa lo.... :D

Saya sih dulu bilang kyak gini: "ATM deket sih, tapi saya males ngeluarin mobil, macet lagi jam segini waktunya orang pulang kerja"....

Siapa juga yang punya mobil...hahaha

ckckckck mantep amat ya dapet 27 juta...

Kalau mau nipu para blogger kayaknya susah,hehehe...

Semangatnya boleh ditiru, tapi tidak dgn prilakunya.

bikin sebel aja klo dapet sms kyk gitu.. anehnya masih banyak juga calon korban yg percaya

semoga saja para penipu mendapatkan ganjarannya, biar nggak nipu lagi

hehe, saya juga sering sekali dapat sms penipuan seperti itu, ada yg mengatasnamakan bank ada juga menggunakan produk, misalnya dri popmie dsb, tp selalu saya abaikan karena websitenya itu loh yg sangat lucu, masa produsen2 besar atau bank menggunakan platform blogspot,hehee..

jadi mereka para penipu itu sebenarnya pinter apa GOBLOX ya ?????????? :D

saya juga sering om dapat sms gituan, bahkan penipuan yang langsung telpon kesaya, dia bilang kalau keluarga saya ada yang kecelakaan, kemudian suruh secepatnya kirim uang untuk biaya, saya pernah panik om, karena ketika sipenipu telp saya coba menghubungi keluarga saya gak bisa itu anehnya, kok bisa secara kebetulan di telpon gak bisa ya. tapi untungnya ada temen yang ngedem ngedem saya. akhirnya gak jadi ketipu.

mungkin si pelaku menggunakan semacam ilmu gendam mas, ngeri juga kalau sampai begitu mas

iya Kang, kalo dari instansi bonafide tapi nomornya operator biasa, pasti deh nipu. kalo saya nerima sms yang modus begitu, biasanya saya ledek-ledekin sampai orangnya senewen, hehe

saya juga mas Zach, pokoknya harus sampai naik darah. biar stoke sekalian :D

Tuh orang biasanya dapetin no kita bisa dari penjual pulsa atau make software kang..katanya sih gitu...
Waspada lah..pesan bang napi :)

Kalo udah ketangkap... kadang suka kacian juga ya...soale sy paling gak tegaan sih :)

benar. yang penting waspada saja. jangan sampai terkena bujuk rayu tukang kibul :)

BRI sudah menyebar ke pelosok, takutnya orang awam yang menjadi korban.

yah begitulah Dewi, nasib orang pelosok dan awam seperti saya ini, tiap hari dikerjain sama orang pinter yang keblinger :)

Kemajuan teknologi kadang memberikan sarana baru bagi para penipu untuk beraksi. Sebagai masyarakat awam, kita memang kadang tak tertipu oleh iming-iming hadiah yang besar, seharusnya bisa lebih waspada lagi terhadap hal seperti ini.

Kan lucu misalnya dapat hadiah dari BRI tapi nyatanya tidak punya rekening atau rekeningnya malah dari bank lain :D

Salam kenal kang Ucup

Penipu ya gan, banyak gan

salam blogwalking

iya mas, banyak penipu di mana-mana

hahaha klo saya sih kang kebanyakan sms togel :D

kalau itu sih sms berdasarkan minat mas :D pisss....

Biasanya si penipu sengaja agar si korban menghubunginya, nah momen telponan itu lah yang biasanya di manfaatkan si penipu kang, biasanya pola kayak gini si penipu suka menggunakan triknya pada saat berbicara di telpon, gak tau kenapa ada juga yang ketipu kang, jadi pas lagi telponan itu si korban suka gak engeh dan terpengaruh kayak kena hipnotis gitu kang :)

ulah para manusia tidak bermoral tu Kang, dilihat dari segi bodoh nya aja sudah kelihatan,
Mana ada coba, sebuah Bank hanya mengandalkan website gratisan :D.
Beli Domain aja gak mampu kok mau ngasih hadiah 27jt hahahahaha

iya ma, mungkin mereka cuma menebak-nebak saja. mereka berharab yang menerima sms adalah nasabah BRI yang bisa dibodohi :)

itu yang di takutkan mas, orang yang mempelajari ilmu seperti hipnotis untuk kejahatan semakin banyak. bisa bangkrut deh kita :)

hahaha...orang bloon mas, saya tunggu komennya kok nggak muncul-muncul ya, padahal sudah saya kirimi link postingan ini :D

mungkin saja mas, pake ilmu gendam, berdasarkan pengalaman saya buat teman teman jika ada kejadian seperti itu jangan panik duluan......

Kalau SMS itu dikirim ke Orangtua, kebanyakan dari mereka percaya lho, Kang.
Kayak Ibuku beberapa bulan yang lalu, heboh karena dapat sms yang berisi hadiah dari Bank gitu.

Saya juga sering mendapati SMS hadiah seperti ini. Seperti biasa si penelepon penipu ini kita kerjain rame rame. Sampai dia bosan sendiri, lalu marah marah dan akhirnya telepon pun ditutup Hiehiheiheiheiee

itulah yang kadang membuat saya bingung.tp biasanya nomer tersebut bisa disms tp nggak bisa ditelpon deh.kayaknya untk berjaga2 juga

gimana kalau kita tanya sama2 kang??

iya bener. mereka suka langsung percaya saja kalau urusan hadiah :D

memang seharusnya mereka diperlakukan begitu ya Pak, kita pura-pura saja masuk perangkap mereka. lalu kemudian buat mereka mati berdiri :D

wkwkwkwk abaikan sajalah kang yang kyk gitu mh..

hehehehe kena macet Kang koment nya :D

hiyah...sama...saya juga ngga kepikiran tuh ;)

wah iya nih kang, penipuan berkedok hadiah sangat sering saya dapatkan juga, namun ya kita harus pinter pinter memahaminya, mana penipuan dan mana yang beneran, tentu ada bukti bukti yang jelas.. hehehehe

saya juga pernah mengalami kejadian serupa, tapi sih kayaknya modus kayak gini udah gak ampuh lagi apalagi buat kita2 yang sering surfing didunia maya, masa sih bank bri pakai plafom blogcepot ?? dari sana aja nih udah ketauan itu pasti modus penipuan ...

betul mas ahmad, saya setuju, jadi bagi temen temen yang udah pernah di telponin kayak gitu silahkan berbagi dengan teman, saudara dan semuanya biar penipunya mati gaya.....haha...

memang menjengkelkan namun saat di laporkan ke polres jawabanya la asal di abaikan kan ndak masalah

mesti waspada nih, apalagi kalo kita gak merasa ikutan undian, lebih baik diabaikan :)

banyak banget modus jaman sekarang, jadi harus lebih hati - hati akan penipuan

Wah saya gak dapet pertamax nih hhh
Bensin di saya malah gaka ada Kang Ucup hh :D

Dulu saya pernah juga kena tipu Kang Ucup
Tapi sekarang sudah paham deh apalagi setelah baca artikel Akang ini

wahwah penipu kelas teri ini mas, mana ada situs bank pakai blogsopot hahaha :D

jaman sekarang makin canggih aja ya kang kalau mau menipu, mungkin saja dia ingin cepat kaya hehehe :D

yang penting belakangnya .(dot)com hahaha

Komentar Anda :

 
Back To Top