WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Rincian Anggaran Untuk Membuat Mesin Tetas Sendiri


Rincian anggaran untuk membuat mesin tetas sendiri ini mengacu pada artikel saya sebelumnya tentang Cara membuat mesin tetas sendiri mudah dan murah, dimana di sana telah saya sampaikan bagaimana cara pembuatannya dari awal sampai mesin tetas jadi, namun belum saya lengkapi dengan berapa biaya yang dibutuhkan. Pada kesempatan kali ini akan saya coba berikan rincian biaya yang dikeluarkan sebagai gambaran.

Bahan-bahan yang dibutuhkan beserta daftar harganya.

5 lonjor reng kayu ukuran 3x4 cm panjang 4 meter @ Rp.5.000
2 lembar tripleks ukuran 240x90 cm dengan tebal 2 mm @ Rp.55.000
1 meter kawat ram Rp.18.000
1 lembar kaca ukuran 34x12 cm tebal 2 mm Rp.5.000
8 buah fitting @ Rp.3.500
8 buah bohlam 5 watt @ Rp.3.000
1 buah thermostat kapsul  Rp.35.000
1 buah thermometer Rp.27.000
2 buah engsel kecil @ Rp.1.000
2 meter kable @ Rp.2.500
1 buah steker Rp.2.500
2 buah nampan plastik (tempat air) @ Rp.5.000
Paku 5 cm dan paku tripleks Rp.5.000

Kalau ditotal jumlahnya adalah Rp.282.500. Bandingkan dengan harga mesin tetas dengan kapasitas yang sama. Yaitu 200 butir telur ayam atau 350 - 400 butir telur puyuh dengan harga dipasaran yang masih dalam kisaran 600 ribuan.
Rincian Anggaran Untuk Membuat Mesin Tetas Sendiri

Untuk harga pasti ada perbedaan di masing-masing wilayah. Jadi rincian anggaran di atas mungkin tidak sama apabila diterapkan di tempat tinggal anda.

Tujuan membuat mesin penetas telur sendiri selain memanfaatkan bahan-bahan yang tak terpakai tentu saja juga untuk menghemat pengeluaran. Meskipun terbuat dari bahan bekas, namun fungsinya tidak kalah dengan mesin penetas telur keluaran pabrik. Perbedaannya hanya pada tampilannya saja. Untuk mesin penetas telur pabrikan tentu mempunyai bentuk lebih bagus dan menarik.

Demikian Rincian anggaran untuk membuat mesin tetas sendiri. Apabila ada pertanyaan atau tanggapan, silahkan tinggalkan komentar anda di kotak komentar yang tersedia di bawah ini :)


24 komentar

mesin tetas dengan rincian anggaran yang minimal ini tentu bakalan banyak dicari para peternak, tak simpen ya kang.
biasanya akhir tahun suka ada program untuk kelompok pemuda desa...boleh nih kayanya kita produksi mesin tetasnya.
haturnuhun ah ilmunya
salam sehat dan ceria selalu kang

wah bisa ngirit sampai 50 persen yakang,bener2 wisma kreatif deh

wahhh busettt harganya beda jauhhh yahh ... hmmm ada tutorial membuat nya gak kang ?? :D

Cara membuat mesin tetas dengana nggaran yang sangatmembantu mas, apalagi bagi yang akan memulai usaha.

Salam

wah kalau membuat mesin tetas sendiri bisa ngirit biaya lumayan juga yah kang Ucup, boleh juga nih ide kreatifnya :)

Thanks sharingnya ya kang ...... ini mesin tetas bisa untuk semua jenis unggas ya kang ? atau spesifik cuma buat puyuh aja ?

bisa jadi referensi nih kalo mau merambah bisnis ternak, saya bookmark dulu ya mang kalo udah terkumpul uangnya ane terapin :D

keren nih kang... bookmark dulu ah siapa tahu nanti kepikiran untuk punya usaha peternakan puyuh atau pun ayam

modalnya gk terlalu banyak, ternyata

Kalo biyaya produksi bisa di tekan pasti keuntungan juga akan meningkat. Boleh juga nich tipsnya :)

Mantap tipsnya Pak, bisa irit lebih dari 50%...Selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin :-)

keren nih untuk usaha peternakan ayam :)

Harga didaerah saya beda tapi selisih jumlah membuat dan sudah jadi, lebih irit sob.

Mantap tipsnya...

waw cukup irit ya kang, dulu saya membuat mesin tetas bebek dengan pemanas cempor / lampu minyak dan alhamdulillah sukses, pernah bikin pakai listrik, tegangannya naik turun akhirnya gak berhasil

iya Kang. semoga bisa mendongkrak kreatifitas. kalau hasilnya bagus bisa juga kok untuk di jual.
salam balik Kang Lembu..

iya mas. itu kalau bahan-bahannya beli semua, kalau ada bahan yang bisa didapat secara gratis akan lebih menghemat biaya lagi :)

ada mas Ainnul, itu sudah saya sertakan link-nya di atas :)

betul Pak Indra. ini memang cocok buat yang ingin memulai usaha beternak, semoga bisa sedikit menekan pengeluaran

lebih ekonomis dan pastinya punta sensasi sendiri ya kang :)

wah kang.. kalau saya sebagai pengangguran sukses harganya masih lumayan buat saya kang hehehehe tapi hasil dengan modal seimbang tentunya hehehehe :D

bisa2 buat gambaran yg ingin usaha ntu kang ucup ... :)

banyak juga ya mas modalnya kalau mau bikin mesin tetas... jadi keder nih hehehe :D makasih sharingnya siapa tahu ntar pingin usaha ginian selain jadi blogger :)

ternyata kita bisa membuat mesin penetas telur sendiri dgn bahan bekas ya kang, harganya juga lebih irit ... aku copy dulu ya kang, lumayan nanti mau nyoba buat netasin telur ayam di rumah hehehe....

wah banyak sekali perbandiangannya ya mas antar buat sendiri dengan beli langsung jadi. makasih infonya..

Komentar Anda :

 
Back To Top