WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan


Bagi sebagian orang, makan permen karet ditakutkan dapat merusak gigi dan apabila sampai tertelan, maka permen karet akan menempel di usus sehingga akan menimbulkan masalah. Ternyata semua itu hanyalah mitos belaka. Permen karet yang tertelan akan tetap dapat dicerna dan dapat keluar ikut bersama feses. Jadi, tidak perlu kuatir lagi kalau mau makan permen karet :)

Sebagian orang lagi mengatakan kalau kebiasaan mengunyah permen karet merupakan kebiasaan yang tidak baik. Ada yang bilang mengunyaj permen karet dapat menekan nafsu makan, ada juga yang bilang mengunyah permen karet justru membuat perut jadi suka lapar.

Terlepas dari itu semua, ternyata permen karet tidak selamanya berdampak buruk. Penelitian membuktikan bahwa ada beberapa manfaat yang didapatkan saat mengunyah permen karet. Apa saja itu, berikut beberapa manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan.

Manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan

Meningkatkan konsentrasi
Setelah dilakukan penelitian, ternyata mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi terutama ketika bekerja menggunakan memori otak.
Permen karet dapat meningkatkan kinerja dan aktivitas otak seseorang. Ketika mengunyah permen karet, bagian hippocampus pada otak, yang berperan utama dalam menyimpan memori terstimulus. Selain itu, aliran darah di otak serta denyut jantung meningkat serta meningkatkan pemompaan oksigen. Sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar.

Membantu memperbaiki pencernaan
Mengunyah permen karet dalam kondisi setelah makan. Air liur yang diproduksi saat mengunyah permen karet mampu menjaga tingkat keasaman lambung sehingga baik untuk pencernaan. Permen karet juga dapat melindungi gigi dari pembusukan, dan juga membuat rahang di mulut kuat.

Meredakan stres
Permen karet dipercaya bisa mengurangi stress dan rasa cemas. Selain itu mengunyah permen karet dapat meningkatkan kinerja dan kepercayaan diri menjadi lebih baik. Mengunyah permen karet mampu membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Menjaga keseimbangan pendengaran
Pada telinga tengah terdapat saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut yang disebut saluran Estachius. Fungsi saluran ini adalah untuk menyeimbangkan tekanan udara di luar dan di dalam telinga sehingga gendang telinga tidak rusak. Telinga bagian tengah berfungsi untuk meneruskan getaran bunyi dari telinga luar ke telinga dalam. Pada saat melakukan perjalan jauh, biasanya saluran Estachius akan tersumbat oleh udara. Dengan mengunyah permen karet sepanjang perjalanan, Estachius tidak akan tersumbat.

Mengencangkang kulit wajah
Cukup dengan mengunyah permen karet wajah akan terlihat segar secara alami. Sebuah penelitian menyatakan, mengunyah permen karet selama 15 menit setiap hari bermanfaat bagi otot wajah. Karena saat mengunyah dapat memperlancar aliran darah di bagian wajah.

Namun dalam memilih permen karet harus jeli. Untuk mendapatkan manfaat yang baik terutama bagi kesehatan, lebih baik memilih permen karet yang rendah gula atau yang tanpa gula sama sekali. Pilih juga permen karet dengan warna alami. Permen karet dengan warna ngejreng bisa jadi menggunakan bahan pewarna yang berdampak buruk bagi tubuh.

Mungkin itu saja beberapa manfaat mengunyah permen karet yang dapat saya sampaikan saat ini. Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian, saya mohon koreksinya.


 
Back To Top