WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Kutu Rambut dan Cara Mengatasinya


Rambut panjang kurang perawatan dan lingkungan yang kurang bersih dapat menyebabkan kepala dihinggapi kutu rambut. Rambut kepala merupakan hunian yang nyaman bagi mereka. Mereka dapat hidup dan berkembang biak dengan baik di dalam rimbunnya rambut kepala yang kotor. Kutu rambut ini akan menghisap darah di kepala sampai benar-benar merasa kenyang. Kegiatan seperti ini yang membuat kulit kepala menjadi gatal-gatal bahkan lebih parah lagi kulit kepala bisa terinfeksi bakteri. Nggak enak banget kalau pas berada di lingkungan umum harus garuk-garuk kepala terus.

Kutu rambut dapat menular melalui sisir, handuk, bantal, bersentuhan langsung dengan rambut orang yang dihuni kutu. Kutu rambut juga dapat berpindah dari satu kepala ke kepala yang lain dengan cara melompat. Seperti sepidermen ya :D

Mengusir kutu rambut dari kepala bukanlah pekara mudah. Meski sudah menggunakan sisir khusus untuk kutu namun kutu rambut masih tetap ada. Itu karena telur atau anak-anak kutu yang kecil masih tertinggal di kepala. Bahkan setelah diberi obat kimia kutu rambut tetap saja ada. Kalau sudah begini jalan satu-satunya adalah dengan menggunduli rambut.

Jika kepala sudah terlanjur didiami kutu rambut tapi mau beli obat di apotek merasa malu, lebih baik gunakan obat pembasmi kutu rambut dari bahan alami berikut ini. Cara membuatnya mudah, selain itu anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Bahan apakah itu ?

Kutu Rambut dan Cara Mengatasinya

Daun sirsak. Daun sirsak ternyata dapat membunuh parasit dan bakteri termasuk kutu rambut. Cara menggunakannya cukup dengan melumat beberapa lembar daun sirsak (bisa menggunakan blender) kemudian diusapkan-usapkan pada kulit kepala hingga merata. Diamkan beberapa saat kemudian bilas. Hal ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari sampai kutu rambut tidak ada lagi. Nah...mudah sekali bukan ?

Setelah kulit kepala terbebas dari kutu rambut yang menjengkelkan, sebaiknya lakukan pencegahan supaya kutu rambut tidak kembali lagi. Mencuci rambut dengan sampo minimal 3 kali dalam seminggu adalah tindakan yang harus selau dilakukan.

Demikian sekilas mengenai kutu rambut dan cara mengatasinya. Ingat selalu bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Salam :)


 
Back To Top