WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Minyak Kemiri Dengan Cara Sederhana


Cara membuat minyak kemiri dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Tidak memerlukan banyak peralatan. Cukup menggunakan penggorengan atau wajan, alat untuk menumbuk, kain bersih sebagai penyaring, dan botol sebagai tempat menampung minyak kemiri yang sudah jadi.

Cara membuat minyak kemiri dengan cara yang sederhana adalah sebagai berikut :
  • Siapkan kemiri yang akan diambil minyaknya. Sebaiknya pilih kemiri dengan ukuran yang agak besar karena memiliki kandungan minyak yang lebh banyak.
  • Persiapkan wajan kemudian sangrai kemiri hingga kemiri terlihat sedikit gosong dan berbau harum. Tapi jangan terlalu gosong karena kandungan minyaknya akan habis.
  • Setelah itu tumbuk kemiri yang sudah disangrai sampai halus. Kemiri yang ditumbuk sampai halus akan berubah menjadi lembat. Itu karena minyak yang terkandung di dalam kemiri keluar.
  • Siapkan kain bersih. Taruh kemiri yang sudah dihaluskan tadi lalu bungkus dan peras sampai minyak keluar.
  • Tampung minyak kemiri ke dalam botol, tutup rapat lalu simpan.
Sekarang minyak kemiri siap untuk digunakan. Beberapa fungsi atau kegunaan minyak kemiri adalah sebagai bahan penghitam rambut, membantu melebatkan rambut, mencegah terjadinya rontok pada rambut dan dapat juga digunakan sebagai alternatif penumbuh kumis ataupun jenggot. Dalam dunia industri, minyak kemiri dijadikan bahan campuran dalam pembuatan cat, bahan pembuat sabun, bahan pengawet kayu, dan lain-lain.

Demikian Cara Membuat Minyak Kemiri Dengan Cara Sederhana yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan minyak kemiri. Caranya hampir sama dengan cara membuat minyak kelapa. Tapi menurut hemat saya, lebih baik memakai cara di atas karena tidak melalui proses perebusan.


16 komentar

Ternyata gampang juga ya kang cara membuat minyak kemiri ini, dulu waktu masih muda saya sering mengguakan minyak kemiri untuk penghitam rambut, tapi yang bikin minyaknya emak saya.

mudah banget ya ternyata,,,hihihi,,berarti bisa merontokkan bulu ya,,,eh,,,

buat saya mah ilmu banget nih cara bikin minyak kemiri teh.
kayanya mah gampang...tau deh prakteknya...kudu privat dulu deh nih.

ternyata gampang juga ya membuatnya

wah tradisional dan irit tentunya ya kang hehehe tapi saya jarang pake minyak mas.. makanya rambut saya rada bau hehehehe :D

Caranya cukup mudah ya kang, tinggal mempraktekan aja nie...
Dulu iseng-iseng pernah pake minyak kemiri, kata temen bisa menumbuhkan kumis katanya :D

sayangnya didaerahku sekarang cukup sulit mencari bahan kemiri nih kang

enak dong Mang tinggal pake saja :)

wah sangat cocok nih buat mereka yang mengalami masalah dengan rambutnya yah kang, boleh dicoba nih :)

ini dia resep alami yang harus kita tiru :D

Sebetulnya manfaatnya buat apa aja sih pak?

Mohon penjelasannya, makasih.

di atas sudah saya sertakan beberapa manfaat dari minyak kemiri mas :)

boleh pesen sama saya mas, nanti saya kirim :)

banyak pohon kemiri di desa saya kang namun buah nya tak di gunakan hal ini karena mungkin malas memecah cangkangkemirinya ,namun dengan tips membuat minyak kemiri di atas jadi pingin coba

Pas di tumbuk halus ,minyaknya kan otomatis keluar, jadi habis duluan dong minyaknya sebelum diperas, kasih tau dong ditumbuk nya diwajan atau dimana?

ditumbuk menggunakan lesung atau semacamnya pak, agar kemiri tidak betebaran kemana-mana

Komentar Anda :

 
Back To Top