WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Styrofoam bukanlah Gabus


Styrofoam atau Polistirena foam adalah bahan plastik dengan sifat khusus yang mempunyai struktur dari susunan butiran-butiran dengan kerapatan rendah, mempunyai berat cukup ringan, dan terdapat ruang antar butiran yang berisi udara dan tidak dapat menghantar panas sehingga hal ini membuatnya menjadi insulator panas yang sangat baik.

Styrofoam sering dipakai sebagai penahan goncangan yang dapat kita temui dalam kemasan barang-barang elektronik. Penggunaan styrofoam yang lain adalah sebagai tempat makanan. Meskipun sebenarnya berbahaya, karena styrofoam dikategorikan sebagai bahan karsinogen, yaitu bahan yang dapat menyebabkan Kanker, namun penggunaannya oleh masyarakat masih cukup tinggi hingga saat ini.

Gabus mempunyai sifat yang hampir sama dengan styrofoam, yaitu ringan dan mempunyai rongga-rongga udara. Yang membedakan adalah bahan dasar pembuatannya karena gabus berasal dari sejenis kulit pohon. Kegunaan gabus diantaranya sering digunakan sebagai penutup botol minuman berakohol, dan juga sebagai bahan penahan dingin untuk peti berisi es batu.
Karena terbuat dari bahan organik, gabus menjadi bahan yang ramah lingkungan, mudah terurai, dan juga tidak meracuni lingkungan.


6 komentar

ohhhh.. jadi itu bukann gabuss yaa kang ^_^

tak kirain styrofoam dan sama gabus itu sama ternyata berbeda ya kang :)

Yg saya tau Gabus itu ikan kang hehehe :D

kalau yang biasanya buat 'ganjal' pada tv baru didalam kardusnya itu namanya gabus apa styrofoam kang?

oh...itu snake head mas, gurih ya dagingnya :D

kalau itu styrofoam mas :)

Komentar Anda :

 
Back To Top