WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat Yang Terkandung di dalam Kacang Arab


Kacang arab (Cicer arietinum) adalah tumbuhan yang termasuk kedalam suku Fabaceae yang menghasilkan polong berukuran kecil berwarna kekuningan. Selain berwarna krem seperti yang biasanya kita lihat, kacang arab juga ada yang berwarna hitam, cokelat, dan merah.

Kacang arab biasanya dibawa mereka yang baru saja melaksanakan ibadah haji sebagai oleh-oleh. Walaupun sebenarnya di Indonesia juga sudah banyak yang menjualnya :)

Bukan hanya rasanya saja yang unik, kacang arab juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa Manfaat Yang Terkandung di dalam Kacang Arab.

Manfaat Yang Terkandung di dalam Kacang Arab
Sumber gambar : merdeka.com

1. Kaya serat
Kacang arab mengandung serat larut yang bermanfaat untuk membantu mengontrol kesehatan empedu dan serat tidak larut yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan pencernaan.

2. Sumber protein
Kacang arab adalah sumber protein yang baik dan tidak menambah kalori serta lemak tak jenuh di dalam tubuh.

3. Mengandung banyak mangan
Mangan adalah jenis mineral yang membantu produksi energi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

4. Kaya akan zat besi
Kandungan zat besi pada kacang arab mampu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh agar selalu sehat.

5. Dapat menstabilkan gula darah
Serat larut di dalam kacang arab mampu membantu menjaga gula darah agar selalu stabil. Kacang ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Baik untuk kesehatan jantung
Mengonsumsi kacang arab secara teratur dapat menyehatkan jantung. Sebab kacang arab bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol ini mampu menyebabkan serangan jantung dan stroke.

7. Mengandung fitokimia
Kandungan fitokimia di dalam kacang arab mampu bertindak sebagai zat antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker payudara, melindungi dari risiko osteoporosis, serta mencegah menopause dini.

Demikianlah beberapa Manfaat Yang Terkandung di dalam Kacang Arab.



 
Back To Top