WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat Cokelat Hitam (Dark Chocolate) Bagi Lansia.


Pada umumnya cokelat sangat disukai anak-anak hingga para remaja karena rasanya yang manis. Mengonsumsi cokelat juga dapat membuat bahagia. Itu karena zat phenethylamine yang terkandung di dalam cokelat, yang mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin adalah hormon yang dapat membuat seseorang merasa seperti sedang jatuh cinta.

Lemak pada cokelat justru baik untuk kesehatan, karena lemak cokelat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Cokelat juga mengandung antioksidan yang berfungsi mereduksi radikal bebas di dalam tubuh dan dapat mencegah timbulnya aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah pada tubuh. Tapi, tetap saja tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi cokelat, karena kandungan gula dan lemak yang tinggi pada cokelat juga bisa meningkatkan berat badan.

Bagi para lansia, dianjurkan untuk memilih cokelat hitam saja. Karena gula yang terkandung dalam cokelat hitam hanya 20-30% saja. Karena itu, rasa cokelat hitam sedikit pahit.

Manfaat Cokelat Hitam (Dark Chocolate) Bagi Lansia

Manfaat Cokelat Hitam (Dark Chocolate) Bagi Lansia.

Penyakit Arteri Perifer atau Peripheral Artery Disease (PAD) adalah penyakit kardiovaskuler yang paling sering mempengaruhi arteri pada kaki. Gejala ini sering menjangkiti seseoarang dengan usia di atas 70 tahun. Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan nyeri, kram atau kelelahan di kaki atau pinggul pada saat berjalan.

Dalam studi percontohan pasien pengidap PAD, 14 laki-laki dan enam perempuan berusia 60-78 meningkatkan kemampuan mereka untuk berjalan tanpa bantuan setelah makan cokelat hitam.

Setelah mengonsumsi cokelat hitam mereka berjalan rata-rata 39 meter lebih jauh dan 17 detik lebih lama dari pada hari sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan di kakao, yaitu Polifenol dapat meningkatkan aliran darah.


 
Back To Top