WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D


Takjub adalah kesan pertama ketika saya melihat sebuah gambar yang dibuat dengan pensil. Bagaimana tidak, meskipun digambar menggunakan pensil, namun gambar terlihat seakan hidup karena objek dalam gambar seakan menyembul keluar dari media gambar itu sendiri, atau lebih dikenal dengan sebutan gambar 3D (tiga dimensi).

Penasaran juga bagaimana sih cara membuat gambar yang sebenarnya adalah gambar dua dimensi namun terlihat seperti gambar tiga dimensi.                          

Sebagai contoh coba perhatikan gambar berikut ini.

Cara Membuat gambar 3D
Gb.1 - Seekor ular naga keluar dari dalam kertas
Setelah browsing kesana-kemari, akhirnya ketemu juga cara membuat gambar 3D dan teryata cukup mudah untuk diikuti.
Berikut langkah-langkah membuat gambar 3D

1. Buat sebuah sketsa sesuai selera. Di sini saya ambilkan contoh gambar seekor ular naga.

Gb.2
2. Perjelas gambar sketsa 

Gb.3
3. Tambahkan sisik agar gambar terlihat lebih hidup

Gb.4
4.  Beri efek bayangan.

Gb.5
5. Kemudian potong sebagian background gambar menggunakan cutter hingga yang tinggal hanya gambar ular naganya saja.

Gb.6
6. Seperti ini hasil akhirnya. Gambar ular naga tampak atas.

Gb.7
Selanjutnya adalah tugas lensa kamera untuk menjadikan gambar menjadi terlihat seperti gambar 3D. Hasilnya bisa dilihat pada Gb.1. 

Demikan Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D dari awal sampai selesai.

Selamat mencoba dengan kreasi anda sendiri :)

Sumber : Youtube


22 komentar

keren gan jadi kayak nimbul gitu ya .. sip dehh :-d

hehe mantep kang, ohiya minal 'aidin Walfaidzin ya kang mohon maaf lahir dan batin :D

wuidih..kreatif banget deh c akang mah.
liat coretan dan tarikan garis pada gambar sketsanya udah keren banget...hasilakhirnya juga mantap lah.
luaah...kalo kaya sayah ini...mana bisa bikin sketsa gambar begitu, kecuali ng'jiplak :D

Mohon Maaf Lahir Batin ya kang

Selembut Apapun Hembusan Angin
Pastilah Pernah Terbangkan Debu.
Sebaik Apapun Prilaku Manusia Tentulah Pernah Berbuat Salah.
Tak Ada Putih yang Tak Ternoda.
Tak Ada Manusia yang Tak Ber Dosa.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah.
Dan Sudilah kiranya Membukakan Pintu Ma'af bagi diri yang Berdosa ini
Minalaidin Wal Faizin Mohon Ma'af Lahir & Batin.

Arie & Kluarga

Keren gambarnya masbro... Tutorialnya juga lengkap.. :). .Sayangnya saya tidak bgtu pandai menggambar.. :(. .but nice post masbro... :D

Mumpung masih nuansa lebaran, selamat hari raya idul fitri 1435H. Mohon maaf lahir batin ya.. :)

wah keren ya kang hasilnya seperti nyata.. kalau saya bisa nggak ya.. soale saya pasti nggak bisa gambar naganya hehehehe :D

hehe benar2 keren kang ucup :-bd

gambarnya bagus mas,kelihatan spt sungguhan ya.. jdi pengen nyoba buat :)

wah... langkah-langkah membuat gambar 3d ternyata nggak terlalu sulit yia bos, tapi kayaknya prakteknya susah deh, hahaha....


oya, mohon maaf lahir batin yia bos....

bukannya mudah tuch Kang, tapi sulit, karena harus mengetahui tentang arsiran lembut dan keras pada setiap goresan pensil,, kalau langsung buat tanpa ada pengetahuan,, jangan-janagn yang tergambar bukan naga tapi belut xixixii :)

Keren banget, Langsung dipraktekin,,,

Wow keren benar-benar terlihat seperti nyata :)

wah bagus banget kang gambar ular naga 3D nya, pengen nih belajar menggambar 3D seperti gambar di atas :)

nampaknya mudah kang, tapi setelah di coba susah juga ya hehe :D

wah kalau saya gak bisa menggambarnya nih mas. hehee

wahhhhhhh ternyata gampang ya,,,,hahahahahaa

Klo ane sih menggambar 2D aja susah.gambar2 dikepala ane sih banyak,tapi nggak tahu cara mewujudkannya di atas kertas

biasa nya yang susah tuh permainan warna nya bang, waduhduhduh, kasih tips nya juga lah, sama pensil+colour (brand) apa yang dipake biar keren ?

Komentar Anda :

 
Back To Top