WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Kue Nastar Yang Renyah dan Lembut


Menjelang Lebaran tiba, biasanya banyak toko yang menjual berbagai macam kue dan jajanan yang menggugah selera. Bermacam-macam kue kering diantaranya yang pasti selalu ada di saat Hari Raya adalah kue nastar. Kue nastar masih menjadi kue primadona diantara kue-kue yang lain.

Karena banyak yang menjual, sebenarnya kita dengan mudah bisa mendapatkan kue nastar. Tapi, tidak ada salahnya juga kalau seumpama anda yang hobi memasak ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bagi yang ingin mengetahui cara membuat kue nastar yang renyah dan lembut, langsung saja simak langkah demi langkahnya di bawah ini.

Bahan-bahan adonan :
  • 350 gr tepung terigu
  • 150 gr margarin
  • 50 gr gula halus
  • 30 gr keju cheddar
  • 3 butir telur, ambil kuningnya. Yang 1 untuk olesan
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm susu bubuk full cream
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • keju parut, secukupnya
Bahan untuk membuat selai nanas :
  • 1 buah nanas
  • 125 gr gula pasir
  • 1 potong kayu manis, kurang lebih 3 centimeter
  • 5 batang cengkeh
  • garam secukupnya
Cara membuat selai nanas :
  • Kupas nanas lalu parut halus. Masukkan gula pasir, kayu manis, cengkeh dan garam lalu masak hingga kadar air berkurang.
  • Dinginkan kemudian bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, disesuaikan dengan ukuran kue nastar.
Cara Membuat Kue Nastar Yang Renyah dan Lembut

Cara membuat kue nastar :
  • Kocok 2 kuning telur, tambahkan gula halus dan mentega sampai tercampur. (Kalau ada bisa menggunakan mixer).
  • Masukkan kuning telur yang sudah dikocok tadi ke dalam adonan tepung terigu, tepung maizena, vanilli, keju cheddar dan susu bubuk. Aduk kembali hingga benar-benar rata.
  • Pipihkan adonan kemudian taruh selai nanas di atasnya lalu nentuk sesuai selera. Tidak harus bulat.
  • Letakkan seluruh adonan yang telah dibentuk diatas loyang yang sudah dioles margarin.
  • Setelah adonan terbentuk semua, olesi dengan kuning telur dan taburi keju parut di atasnya.
  • Panggang kue di oven dengan suhu 175 derajat selama ± 15 menit.
  • Angkat dan dinginkan, selanjutnya bisa dimasukkan ke dalam wadah seperti stoples.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas diharapkan tercipta kue nastar yang renyah dan lembut untuk sajian pada Hari Raya.



18 komentar

wah... sangat cocok sekali nih buat menyambut hari raya, ijin catat resepnya yia bos...

kebetulan lagi buka puasa boleh nyicipin gan ya? hehe

jadi ingat waktu kecil dulu Kang, makan kue ini sama batag cegkeh-cengkeh nya juga ikut dimakan :D

Waduh ini cocok pisan utk menu lebaran, ijin sedot ilmunya...

Salam dari pulau Dollar

bermanfaat nih buat persiapan lebaran terutama untuk ibu2,kalau saya mah siap ngabisin saja kang.hehehe

sangat bermanfaat bagi yg suka membuat kue ya kang, apalagi bentar lagi mau lebaran hehehee

Kue nastar ini sepertinya dah familiar banget ya kang kalo dah menjelang hari raya, biasanya banyak dijual supermarket, tapi kalo bisa bikin sendiri sih mendingan bikin sendiri aja biar lebih puas :)

selain lebih hemat... juga terjamin dari bahan pendawet ya kang
dibanding kalo kita ngebeli diluaran sana :)

waowww. renyah sekali dari penamapakan diatas,, kayaknya oke ni buat kue lebaran. thx ya resepnya

untuk bekal hari raya ni ya mas, saya save dulu ya biar diikuti istri saya :D

pas banget nih buat lebaran kue nya, makasih resepnya mas..

nastar yg ada cengkehnya gitu aku suka,,harum banget kalo dimakan,,

Huaaaaaaaaa ini memang menjadi salah satu fave Ramadhan eh salah maksudnya Fave di Hari Raya Iedul Fitrie. Bagi keluarga kami merayakan kemeriahan dan kesemarakan Idul Fitrie tidak lengkap kalau tidak ada sajian kue Nastar ini. Rasanya yang kres lembut dimulut dengan konten nanas yang lezat. Waaaa tamu tamu pasti akan senang. Rasanya tidak lengkap merayakan lebaran tanpa ada kue kue Nastar ini

waw kebetulan nih kang, pas dah kue nastar ini buat kue lebaran hehe

Di lapak saya aneka jenis nastar buatan rumahan cukup banyak macemnya Kang, tinggal pilih dan tinggal bayar hhhh

Ayoooo ijin copas, bagi ibu2, mbak2 yang mau buat kue lebaran,..monggo silakan disimak..:)

kue khas lebaran nih mas, tiap rumah pasti ada kue nastar seperti ini...

Komentar Anda :

 
Back To Top