WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tips sebelum memutuskan untuk kredit rumah


Memiliki sebuah rumah sendiri merupakan suatu hal yang diidam-idamkan semua orang. Apalagi kalau sudah menikah dan punya anak. Kalau masih serumah dengan orang tua pasti ada perasaan kurang nyaman.

Untuk membangun sebuah rumah memang dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, kita masih bisa memiliki rumah dengan cara kredit. Tapi, kita harus jeli sebelum akad kredit terjadi supaya tidak menyesal dikemudian hari.


Di sini saya akan mecoba memberikan Tips sebelum memutuskan untuk kredit rumah.


Tips sebelum memutuskan untuk kredit rumah
Gambar Ilustrasi oleh Kang Ucup

1. Pilih lokasi perumahan yang tidak terlalu jauh dari pusat keramaian, seperti pasar dan pemukiman penduduk dan sekolahan.

2. Jangan pilih perumahan yang sudah jadi. Kenapa? karena kita tidak tahu mutu dan kualitas bahan bangunan yang digunakan. Tidak sedikit pengembang nakal yang menggunakan bahan berkualitas rendah untuk dapat mengeruk keuntungan yang sangat besar dari konsumennya.

3. Jika memungkinkan, datang ke lokasi pembangunan setiap hari sambil membawa semen sebagai tambahan. Karena biasanya pengembang membatasi jumlah semen sehingga berdampak pada kualitas tembok yang tidak akan bertahan lama.

4. Teliti kayu yang digunakan. Jangan bosan-bosan meminta jenis kayu seperti yang tertera pada brosur. Kalau perlu, ajak orang yang mengerti soal kayu.

Itulah sedikit Tips sebelum anda memutuskan untuk kredit rumah.
Semoga bermanfaat :)


39 komentar

mau kredit rumah kalau tdk dipikir masak2 sebelumnya bisa menyesal di belakang hari ya mas jika ternyata tdk sesuai dgn harapan kita :D

mantap nih triknya kangucup.memang perlu pemikiran lebih sebelum memutuskan untuk kredit rumah ya

Wah tipsnya kang Ucup mantep juga nie, terimakasih kang udah berbagi tipsnya sapa tahu ada diantara sobat kita yang mau kredit rumah ya kang :)

Kebetulan saya masih ngontrak Kang, makasih tipsnya :)

betul mas mutu dan kualitas inilah yang haru nya kita jaga :D dan tukang nya juga harus di kontrol takutnya bahan mateial di kurangi .

Aku juga lagi pengen beli perumahan, cari yang dekat-dekat belum ada pengembang yang membangun.

betul sekali kang kalau mau keridit harus dipikirkan sampai matang, jangan sampai dikemudian hari anak cucu kita yang menanggung akibatnya heheheh

nah itu yang penting ...tips di atas memang penting sekali...terutama kalau ndak tahu kualitas bahan bangunan yang digunakan..kalau ndak hati2 akan menyesal dikemudian hari. Terlebih yg tidak tahu tentang perkayuan dan pertukangan..wah, kayu sengon dikira kayu jati nanti :D

salam hangat

Pokoknya kalau mau beli rumah, kudu teliti dengan spesifikasinya, jangan sampai menyesal kemudian, lalu tanyakan lebih lanjut mengenai kredibilitas sang pengembang, jangan sampai pengembang lepas tangan atau ternyata pengembang bermasalah di bank.

Bolehh juga nih kang ucup tipsnya buat nanti kalo saya mau kredit Rumah hehehe izin save yahhh

tips yang sangat cocok untuk yang bersiap menikah, jadi pas resmi, bisa berbulan madu dirumah kreditannya...oh indahnya

Tips yang bagus dan menarik sekali. Sayang sekali kami sekeluarga sudah memutuskan untuk membangun rumah sendiri Alhamdulillah tanag sudah ada Walau tidak luas Kami rencana untuk bangun secara bertahap.

Dulu sudah nyaris ambil kredit rumah sampai 2 kali. Sudah book kapling maah Namun ntah kenapa selalu batal

Makasih tips2nya,,, penting ini.. soalnya bakal jadi istana kita, kalau pakai bahan2 yg asal jadi kan sayang, beli mahal2..

jadi kepengen punya rumah nih,,,, rumah sendiri,, nggak ikut mamah papah,,, pasti ruwet wkwkwkwkwwkk

Kalau rumah yang di jual sekarang standarnya hanya cukup bisa berdiri saja kang, buktinya banyak rumah di perumahan yang sudah di beli terus direnovas, jadi hitung-hitung hanya beli tanah atau kavling tanah saja. he,, he,, he,,,,

Makanya harus di kontrol ya Kang, minimal tambah semen yag kualitasnya baik lah, jangan asal jadi tembok apali catnya. he,, he,, he,,

Salam

tipnya bermanfaat mas, moga bisa diterapkan buat nantinya beli rumah :D

iya gan, sekrang bnyak yg jual rumah baru dengan kualitas yg kurang nih...
-_-

iya mbak, kalau punya banyak uang sih nggak masalah :)

kalau lagi bulan madu takutnya nggak ingat angsuran bulanannya Kang :D

iya Pak, namanya Rumah Susah Selonjor, yang sebenarnya dikhusukan buat masyarakat menengah ke bawah. tapi pada kenyataannya malah yang beli orang-orang berkantong tebal. dan mereka tidak terima membeli satu unit saja :)

jangan nunggu pengembang mas, dahului saja :)

kredit belum kelar, rumah sudah rusak ya Mang

kalau bisa bangun rumah sendiri malah bagus Pak,

wah...itu penting sekali ya Bu. kalau pengembangnya bermasalah dengan bank, bisa-bisa kita yang rugi

kebetulan nih sob, ane lg berencana kredit rmh nih

dari tips-tips yang di bagikan diatas saya lebih setuju pada poin 2 kang, dengan begitu kita bisa lebih memahami dan meneliti dari bahan-bahan yang digunakan untuk membangun rumah tersebut

tips yang bermanfaat kang, saya juga saat ini belum kepikiran kredit rumah...

sepakat dengan ibu indri, tapi kalau terlalu banyak pertimbangan, dus uang mukanya ng'pas...malah ngga jadi jadi karena terlalu banyak keinginan dan milih, akhirnya uang mukanya kepake modal deh...ngga punya rumah kreditandong?

Yups bener banget nih tipps harus mempertimbangkan beberapa hal yang disebutkan

Kayak nya belum saat nya deh beli rumah hihihihih :D

sebelum kredit rumah, sebaiknya kita punya penghasilan tetap ya kang setiap bulan nya, jadi bisa bayar cicilan dengan mudah, kalau nggak punya penghasilan tetap, repot juga ;)

sangat cocok nih tipsnya buat yang cari kredit rumah...

saya juga sepakat dengan komentar Juragan dan kang Lembu yang sedang sedang saja pertimbangan dan keriditnya ya, biar pas dikantong dan pas dihati.. adem ayem nggelenggem, gemah ripah repeh rapih loh jinawi ... torok tok ... tok ... tok

untuk pengantin baru yang belum punya penghasilan tetap,mending tinggal dirumah mertua dulu kang hehehe soalnya biar nggak punya beban tanggunngan berat nyicil kredit rumah :D

benar, segala sesuatu memang harus direncanakan secara matang dulu sebelum mengambil keputusan. termasuk keinginan untuk kredit sebuah rumah :)

Tambahan Bang, bisa pilih juga perumahan yang ada subsidi pemerintahnya ^^

Kalau saya yang jadi pertimbangan lagi adalah tersedianya tempat ibadah kang misalnya masjid. Kalau tidak ada mending cari yang lain :)

masih pikir-pikir dulu kang soalnya kredit rumah lumayan lama, bisa puluhan tahun lama nya, kalau kredit motor sih paling 1-3 tahun sudah selesai :D

Komentar Anda :

 
Back To Top