WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Makanan alternatif untuk kelinci dari ampas tahu


Ampas tahu sejatinya merupakan limbah sisa dari industri pembuatan tahu. Namun ampas tahu masih dapat digunakan menjadi bahan makanan lain seperti tempe bongkrek atau tempe gembus. Bagi peternak kelinci, ampas tahu juga dapat dijadikan sebagai makan alternatif pengganti pelet. Meskipun ampas, tapi kandungan gizi yang terdapat didalamnya cukup tinggi. 

Kandungan Gizi yang terdapat pada ampas tahu tiap 100 gr
Energi = 414 kkal
Protein = 26,6 gr
Lemak = 18,3 gr
Karbohidrat = 41,3 gr
Kalsium = 19 mg
Fosfor = 29 mg
Zat Besi = 4 mg
Vitamin A = 0 IU
Vitamin B1 = 0,2 mg
Vitamin C = 0 mg
Harga ampas tahu sendiri tergolong murah, untuk satu ember (15 kg) hanya Rp. 5000,- Bila diberikan pada satu ekor kelinci cukup untuk satu minggu dengan jumlah pemberian pakan 3 kali dalam sehari.
Ampas tahu hanya bertahan selama 3 hari, dan setelah itu akan menjadi basi. Untuk mengatasinya, kukus ampas tahu selama kurang lebih 15 menit kemudian jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

Ampas tahu dapat diberikan begitu saja atau bisa juga dengan cara dicampur dengan dedak halus. Sebelum diberikan pada kelinci, terlebih dahulu ampas tahu diperas untuk mengurangi kadar airnya. Hal ini sekaligus mencegah supaya kelinci tidak menjadi diare dan kembung.

Dengan pemberian ampas tahu secara teratur maka pertumbuhan kelinci akan menjadi bagus, gemuk dan sehat.


29 komentar

punya kelinci cuman ada 3 pasang, masihdikasih makan sembarangan belum masukkategori budidaya, kayanya kudu banyak belajar kesini nih

HMM SAYANGNYA NDAK ADA PENGUSAHA TAHU KANG DI DESAKU ,ALTERNATIF LAINYA APA YA

Saya gak punya kelinci, nyimak saja... Salam dari Pulau Dollar

wah... kalo ampas tahu juga bisa buat makan kelinci, jadi pengin pelihara kelinci nih,

iya bener mas, selain untuk kelinci juga amaps tahu bagus juga untuk sapi

emang mau mas, kelinci di kasih ampas tahu ?

emang mau mas, kelinci di kasih ampas tahu ?

ampas tahu ternyata banyak kegunaannya yakang.kalau didaerahku sih buat makanan sapi

tahu banyak juga ya gizinya kalo dimakan manusia..

Ampas tahu juga dapat sebagai alternatif makanan untuk kelinci yang dapat membantu kelinci dapat hidup sehat ya Kang ?

Salam

walah saya juga doyan loh kang ampas tahu.. yang suka di bikin tempe gembus itukan kang..? wah sayang donk kalau di kasihkan kelinci hehehe :D

Jelas kelinci senag ampas tahu. banyak vitaminnya ternyata:)

Emang bisa ya mas pakek ampas tahu..
Ooohh., makasih tips nya mas :-d

ingin sekali memelihara kelinci tapi sayang mbok wedok ndak suka sama kelinci...geli :D

selamat berjumpa kembali kang, apa kabar nih? setelah beberapa waktu aktivitas bloging saya tertunda kaget rasanya melihat blog kang Ucup dengan tampilannya yang makin waw.. hehe. ampas tahu memang sangat bermanfaat ya, kalau di tempat saya biasany dicampurkan dalam minuman sapi..

Emang cara merawat kelinci mudah ya mas, sebab makanannya tidak terlalu mahal, terima kasih atas artikelnya ya mas

Baru tau kalau ampas tahu bisa dijadikan pakan kelinci. Tapi asal kalau lagi kelaparan jangan dimakan ampasnya mas :D

lumayan juga nih kang sebagai selingan buat makanan si kelinci yang imut.. :)

harganya gak ngeberatin kantong ya kang
di tambah kelininya pada cocok dan suka lagi..hehehe

baru tahu saya gan kalo ternyata kelinci juga seneng ama ampas tahu hehe makasii nihhh atas infonya :)

kalau yang ini baru tahu saya kang :)

keren nih kang, bisa menghemat sampai seminggu nih buat ngasih makan kelinci

murah juga cuman 5rb dapat banyak, inimah buat mangan sendiri aja wkwkwk

kalau dikasih nasi, apalagi nasi padang...buat kita manaa dong yah?...:p

Itu kelincih ... itu imut banget. Hoho. Tapi saya punya sepasang dulu, kejang-kejang semua matinya... biasaya kenapa ya kang, kok bisa kayakgitu?

jadi lebih hemat ya kalau kelinci mau makan ampas tahu, jadi bisa cepat gemuk kelincinya ;)

ternyata kelinci juga suka ampas tahu ya :D

Komentar Anda :

 
Back To Top